Kehamilan Minggu Pertama

Apa yang terjadi pada kehamilan minggu pertama?

5 Desember 2017

Kehamilan Minggu Pertama
cyber-breeze.com
happy couples

Bagaimana Perkembangan Janin Kehamilan Minggu Pertama

Minggu pertama merupakan periode menstruasi kamu. Hari pertama mesntruasi akan dijadikan tanggal pertama kehamilan dan selanjutnya menjadi pegangan sebagai cara menghitung prediksi tanggal persalinan.

Hari prediksi persalinan terhitung 40 minggu sejak kehamilan di hari pertama, meski demikian ada juga perempuan yang mengalami masa kehamilan sampai dengan 42 minggu. Waktu kelahiran yang aman adalah sekitar 38 – 40 minggu. Pada minggu ini kamu tentu belum menyadari kalau kamu adalah seorang calon mama, yang kamu tahu hanyalah kamu seorang perempuan dewasa yang sudah siap menjadi mama.

Bagaimana Kehamilan Minggu Pertama Mengubah Kehidupan Mama

Pada minggu pertama, sebenarnya belum terjadi perubahan. Jika terjadi perubahan hormonal, itu semata-mata karena kamu sedang mengalami menstruasi. Tidak terlihat peerubahan bentuk tubuh. Tapi bagi sebagian orang, mereka mengalami peningkatan nafsu makan sehingga memungkinkan perutnya sedikit membuncit. Bukan karena berat badan yang naik secara drastis, ini hanya karena kamu makan sampai kekenyangan.

Apa yang Dirasakan Saat Kehamilan Minggu Pertama

Banyak hal yang akan dirasa, perkembangan janin kehamilan minggu pertama sebenarnya sudah dimulai. Mengenai apa yang dirasa, tentunya persis seperti kamu sedang datang bulan pada umumnya.

1. Umumnya saat menstruasi payudara terasa seperti tegang atau kesemutan. Bagi sebagian perempuan, aerola juga menjadi semakin gelap. Ini dikarenakan terjadi pergeseran jumlah hormon dalam tubuh kamu.

2. Tubuh merasa cepat lelah saat beraktivitas. Tubuh merasa butuh suplemen sebagai penambah energi agar tidak lemas sepanjang hari.

3. Mual. Biasanya tidak masalah jika naik kendaraan berlama-lama, tapi saat kehamilan minggu pertama bisa saja merasa mual saat berkendaraan dan terjebak macet di jalan.

4. Lebih sering buang air kecil.

5. Nafsu makan yang bertambah. Sudah makan siang, sejam kemudian ingin makan yang manis-manis. Sore hari ingin tea time, tapi juga mau makan cemilan yang manis. Ini bisa terus-menerus terjadi selama periode menstruasi.

6. Sembelit atau susah buang air besar. Bersamaan dengan waktu menstruasi kadang perut terasa sakit dan keram. Tekanan pada rahim juga bisa menyebabkan nyeri. Ditambah lagi buang air besar yang terhambat, bisa membuat keluhan kamu semakin menumpuk.

Editors' Picks

7. Mudah marah, mudah sedih. Saat awal kehamilan emosi kamu menjadi tidak stabil dan membuat kamu jadi emosional. Perubahan hormonal juga membuat perasaan kamu lebih peka, efek lain bisa membuat kamu menjadi mudah berprasangka terhadap suatu kejadian.

Apa yang Perlu Dibicarakan Kepada Pasangan?

Beritahukan pasangan kamu mengenai kebiasaan yang kamu lakukan saat periode menstruasi. Pasangan kamu juga perlu mengetahui jika ada beberapa perubahan yang mungkin terjadi dalam sikap kamu, seperti keinginan makan yang bertambah sering atau tubuh yang cepat lelah. Sebagian dari keluhan di atas merupakan tanda-tanda kehamilan minggu pertama.

Tips Menjaga Kehamilan Minggu Pertama

Temui dokter kandungan atau bidan dan konsultasikan beberapa hal mendasar yang penting untuk kehamilan kamu. Beberapa pertanyaan berikut ini bisa jadi panduan untuk kamu:

Apakah kamu bisa meneruskan diet jika sedang melakukan program diet?

Apakah ada vaksinasi yang perlu dilakukan?

Apakah kamu bisa terus meminum obat pribadi jika sedang meminum resep atau non-resep untuk pengobatan penyakit yang sedang kamu alami?

Apa obat yang aman untuk dikonsumsi jika kamu terkena demam?

Apa nutrisi yang harus kamu lengkapi selama proses persiapan kehamilan?

Bagaimana jika sebelumnya kamu sedang menjalani program KB?

Hasil percakapan konsultasi ini bisa menjadi bagian dari persiapan mendasar untuk memasukin kehamilan awal. Semakin baik persiapannya, maka kamu semakin siap memasuki fase kehamilan.