Baru Lahiran 8 Bulan yang Lalu, Istri Ricky Harun Hamil Lagi Anak Ke-4

Lalu, bagaimana sebaiknya menjaga kehamilan yang jaraknya dekat dengan kelahiran sebelumnya?

16 Agustus 2019

Baru Lahiran 8 Bulan Lalu, Istri Ricky Harun Hamil Lagi Anak Ke-4
Instagram.com/rickyharun,YouTube.com/Ricky Harun

Perasaan bahagia kingi tengah menyelimuti Ricky Harun dan Herfiza. Baru-baru ini, Ricky Harun baru saja mengumumkan bahwa istrinya tercinta tengah berbadan dua.

Pasangan muda yang satu ini mengumumkan kehamilan anak keempatnya setelah delapan bulan kelahiran anak ketiganya. Kabar bahagia itu sendiri pertama kali diumumkan melalui vlog keluarga Ricky Harun. 

Mengetahui kabar bahagia tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum 3 informasi pentingnya.

1. Mengumumkan kehamilan istrinya melalui YouTube

1. Mengumumkan kehamilan istri melalui YouTube
Instagram.com/rickyharun

Melalui kanal YouTube-nya, laki-laki yang akrab disapa Kirun ini sedang menemani sang Istri, Herfiza memeriksa kandungannya di Rumah Sakit Ibu dan Anak ASIH, Jakarta Selatan.

Tak hanya berdua, mereka juga ditemani oleh sang Mama, Donna Harun. Dalam video tersebut, kandungan Herfiza kini telah memasuki usia 7 minggu 2 hari. Dokter juga mengungkapkan bahwa saat ini detak jantung janin sudah ada.

"Waktu sebulan abis ngelahirin, udah dibilangin pasang spiral. Kan boleh untuk menjaga jarak anak satu ke anak lain. Cuma malas-malasan ke dokter, jadinya tembus lagi," tutur Ricky dalam akun YouTube-nya, Rabu (14/8). 

Sementara itu, perkiraan kelahiran anak keempat pasangan yang menikah pada tahun 2013 ini sekitar bulan Maret 2020 mendatang. Dokter memperkirakan Hari Perkiraan Lahir (HPL) jatuh pada 3 Maret sampai 24 Maret 2020.

"Kita akan punya baby baru lagi. Doain semoga Fiza diberikan kesehatan, kandungannya juga. Dan bisa sehat sampai lahirin," tambahnya.

Seperti diketahui, pada bulan Desember 2018 lalu, Herfiza baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin laki-laki. Bayi menggemaskan tersebut diberi nama Dhia Malik Akyza Pratama.

2. Sempat beri isyarat bahwa sang Mama, Donna Harun lah yang sedang mengandung

2. Sempat beri isyarat bahwa sang Mama, Donna Harun lah sedang mengandung
Instagram.com/rickyharun

Belum lama menikah, Donna Harun santer dikabarkan hamil lagi. Kabar tersebut muncul saat putra sulung Donna, Ricky Harun, mengunggah foto sang Mama dengan tulisan "IBU HAMIL?!!" di Instagram dan YouTube-nya.

Seperti diketahui, Donna menikahi pengusaha tambang Ad Hanafiah pada 26 Juli lalu. Tentunya kabar kehamilan artis berusia 51 tahun tersebut membuat publik terkejut sekaligus penasaran.

Kali ini, Ricky akhirnya menjawab rasa penasaran publik melalui vlog yang diunggah di Youtube pada Rabu (14/8/2019).

Dalam vlog tersebut Ricky tampak ditemani oleh sang Istri, Herfiza Novianti, untuk menuju sebuah rumah sakit. Saat tiba di klinik kandungan, Ricky dan Herfiza bertemu dengan Donna yang duduk seorang diri di ruang tunggu.

Akan tetapi, dokter kandungan justru memanggil nama Herfiza untuk diperiksa kandungannya.

Editors' Picks

3. Ricky Harun sedang berjuang mencari rumah baru yang lebih luas

3. Ricky Harun sedang berjuang mencari rumah baru lebih luas
Instagram.com/rickyharun

Ricky Harun kini sedang berjuang mencari hunian yang cocok untuk istri dan anak-anaknya. Telah menjual rumah lama, Ricky Harun saat ini berharap agar bisa segera dapat rumah idaman. 

Paling pindah rumah saja InsyaAllah doain September ini sudah harus pindah karena rumahnya sudah terjual. Belum dapat rumah baru. Doain bisa dapat rumah cepat terus doain rumah yang terbaik,” ujar Ricky Harun saat ditemui awak media di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (4/8).

Ricky Harun mengaku bahwa masih mencari-cari kediaman baru di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Benarkah karena anak makin banyak maka Ricky Harun ingin rumah yang lebih luas?

“Anak-anak saya sudah banyak, jadi butuh rumah yang besar juga. Karena kan kita semua nggak mungkin tidur bareng-bareng. Rumahnya masih di kawasan Bintaro juga kok,” tutup Ricky Harun. 

    Tips Menjaga Kehamilan Dalam Waktu yang Berdekatan

    Tips Menjaga Kehamilan Dalam Waktu Berdekatan
    Instagram.com/rickyharun

    Mengutip dari laman Mayo Clinic, setidaknya dibutuhkan minimal 18-24 bulan jika Mama ingin hamil kembali setelah melahirkan anak sebelumnya. Pernyataan tersebut tentu beralasan.

    Pasalnya, ada berbagai risiko yang mengintai jika jarak kehamilan saat ini terlalu dekat dengan kehamilan sebelumnya.

    Namun jangan khawatir, dengan perawatan yang tepat diharapkan Mama dan bayi di dalam kandungan senantiasa sehat sampai proses melahirkan selanjutnya tiba.

    Nah, berikut serangkaian tips menjaga kehamilan ketika jaraknya sangat dekat:

    • Pastikan waktu istirahat cukup

    Di saat baru beberapa waktu menimang hadirnya anak, Mama mungkin sedang berusaha beradaptasi dengan situasi.

    Tak jarang, jam tidur ikut bergeser karena harus mengurus segala kebutuhan si Kecil, seperti minum ASI dan mengganti popok.

    Terlebih ketika ini merupakan kali pertama bagi Mama menjadi orangtua, Mama mungkin merasa sedikit kewalahan.

    Terlepas dari berapa usia anak pertama yang baru lahir, pastikan Mama tetap menyempatkan untuk beristirahat lebih banyak ketika dinyatakan hamil anak kedua.

    Mama dapat menyiasatinya dengan selalu ikut tidur saat anak tidur. Walaupun cuma sebentar, istirahat tersebut tetap bermanfaat bagi Mama.

    Sebab di saat yang bersamaan, bukan hanya diri Mama saja yang harus dijaga kesehatannya. Melainkan juga bayi pertama dan calon bayi di dalam kandungan dengan jarak kehamilan terlalu dekat.

    • Luangkan waktu untuk berolahraga ringan

    Selain dinyatakan aman untuk dilakukan oleh ibu hamil, olahraga ringan ternyata juga memiliki sejumlah manfaat untuk ibu hamil.

    Misalnya untuk melancarkan peredaran darah, menguatkan otot, meredakan nyeri punggung, memperbaiki kualitas tidur, hingga mengurangi stres.

    Khususnya bagi Mama yang baru mendapatkan kehamilan dengan jarak yang terlalu dekat. Olahraga bisa membantu menyediakan energi lebih bagi Mama untuk mengurus si Kecil sekaligus calon bayi di dalam kandungan.

    Namun yang perlu diperhatikan, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter terkait jenis olahraga apa yang cocok dilakukan sesuai kondisi Mama.

    Beberapa jenis latihan olahraga biasanya berguna untuk menguatkan otot-otot vagina, sekaligus memperbaiki pernapasan guna mempersiapkan kelahiran selanjutnya.

    • Makan makanan bergizi

    Makanan merupakan salah satu faktor pendukung kesehatan bagi ibu hamil, apalagi karena jarak kehamilan Mama sekarang terlalu dekat dengan sebelumnya.

    Ditambah jika Mama masih harus rutin menyusui anak pertama, otomatis kebutuhan gizi harian akan jauh lebih banyak.

    Menurut Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI, ibu hamil membutuhkan beragam zat gizi makro dan mikro guna menjaga perkembangan janin serta sebagai cadangan di masa menyusui.

    Misalnya karbohidrat, lemak, protein, zat besi, asam folat, kalsium, yodium, serta seng.

    Jika kehamilan Mama juga dibarengi dengan menyusui anak pertama, kebutuhan zat gizi mikro dan makro pun turut bertambah.

    Meliputi protein, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, yodium, seng, dan selenium.

    Demi memenuhi kebutuhan harian tersebut, Mama bisa memperbanyak makan makanan seperti susu dan produk olahannya, ikan, daging, kacang-kacangan, tahu, tempe, buah-buahan, serta sayuran khususnya yang berwarna hijau.

    • Rutin periksa ke dokter kandungan

    Memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan seolah sudah menjadi agenda wajib yang tidak boleh terlewatkan setiap bulannya. Apalagi karena jarak kehamilan kali ini terlalu dekat dengan sebelumnya.

    Secara otomatis, perhatian Mama kini akan terbagi dua antara mengurus si Kecil yang masih dalam masa pertumbuhan, dengan calon bayi di dalam perut.

    Dengan menepati jadwal pemeriksaan kehamilan secara teratur, dokter tidak hanya dapat memberikan saran terbaik untuk mendukung proses kehamilan Mama.

    Jika muncul risiko yang membahayakan kehamilan kedua ini, dokter bisa segera melakukan pertolongan sedini mungkin guna mencegah kondisi semakin memburuk.

    Nah, itulah beberapa informasi menarik terkait kehamilan anak ke-4 Ricky Harun dan Herfiza. Sekali lagi selamat dan semoga lancar sampai hari kelahiran tiba!

    Baca juga:

    Berlangganan Newsletter?

    Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
    Daftar sekarang!

    ;