TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sedang Musim, Ini Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil

Di antaranya dapat meningkatkan energi hingga mencegah infeksi salurah kemih

9 Februari 2022

Sedang Musim, Ini Manfaat Buah Duku Ibu Hamil
Wikipedia/Mike Gonzalez

Di awal tahun, Mama bisa menemukan banyak pedagang atau toko buah yang menjajakan duku. Buah yang berbentuk bulat dan berkulit tebal ini disukai banyak orang karena rasanya yang manis.

Bukan cuma manis dan enak, duku juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kandungan serat yang dapat mencegah sembelit serta vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Ibu hamil diwajibkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi. Nutrisi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh serta mendukung pertumbuhan janin. Tetapi tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko bagi kehamilan.

Bagaimana dengan duku, apakah ibu hamil boleh mengonsumsinya? Rangkuman informasi tentang buah duku, kandungan gizi, manfaat, dan risikonya dapat Mama simak pada ulasan Popmama.com berikut ya.

Kandungan Gizi Buah Duku

Kandungan Gizi Buah Duku
Wikimedia/Calliopejen

100 gram buah duku mengandung:

  • Air: 8,0 gr
  • Energi: 63 Kal
  • Protein: 1,0 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 16,1 g
  • Serat: 4,3 gr
  • Kalsium: 18 mg
  • Fosfor: 9 mg
  • Besi: 0,9 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Kalium: 149,0 mg
  • Tembaga: 0,09 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Thiamin: 0,05 mg
  • Riboflavin: 0,15 mg
  • Niacin: 1,5 mg
  • Vitamin C: 9 mg

Editors' Picks

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Duku?

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Duku
Pexels/Monika Balciuniene

Tidak ada larangan konsumsi duku bagi ibu hamil. Namun untuk menghindari risikonya, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi duku dalam jumlah berlebihan. Risiko yang mungkin dialami antara lain diabetes gestasional, mag, kenaikan berat badan secara berlebih, dan kenaikan trigliserida.

Jadi, apa saja manfaat buah duku bagi ibu hamil?

Manfaat Konsumsi Duku Saat Hamil

Manfaat Konsumsi Duku Saat Hamil
Wikipedia/Sakurai Midori

Semua kandungan vitamin dan mineral tersebut akan memberikan manfaat bagi ibu hamil, yaitu:

1. Sumber antioksidan

Dari hasil penelitian mengenai buah-buahan tropis oleh Monash University, duku merupakan salah satu sumber antioksidan. Ini dapat membantu tubuh untuk menangkal zat-zat berbahaya.

2. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya adalah posisi rahim yang berada tepat di atas saluran kemih. Saat kehamilan semakin membesar, berat ada janin akan menekan kandung kemih, sehingga bakteri terjebak dan berkembangbiak di dalamnya.

Kandungan asam lansionat pada duku dapat membantu mencegah infeksi jamur, salah satunya Candida albican penyebab infeksi saluran kemih.

3. Mencegah sembelit

Ibu hamil juga sering mengalami sembelit. Adanya perubahan pada fisiologis dan anatomis saluran pencernaan bisa menjadi alasan utama timbulnya sembelit pada ibu hamil. Mulai dari perubahan kadar hormon, rahim yang semakin membesar, serta peningkatan penyerapan air di dalam usus.

Nah, asupan serat yang cukup sangat penting untuk mengatasi dan mencegah sembelit, Ma. Dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan ibu hamil.

4. Meningkatkan energi

Mudah lelah adalah hal yang normal saat hamil. Tubuh Mama sedang merawat janin dan mempersiapkan kelahirannya. Vitamin B yang ada pada duku dapat membantu mengatasinya.

Konsumsi duku membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi juga menjaga fungsi saraf.

5. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit

Saat hamil, tubuh bekerja sangat keras sehingga daya tahannya menurun. Mama dapat mengatasinya dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C.

Buah duku juga mengandung vitamin C yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Risiko jika Konsumsi Buah Duku secara Berlebihan

Risiko jika Konsumsi Buah Duku secara Berlebihan
Pexels/SHVETS production

Meski memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil, konsumsi buah duku secara berlebihan dapat meningkatkan risiko, Ma. Berikut beberapa risiko yang perlu diperhatikan:

1. Kenaikan berat badan secara berlebihan

Buah duku mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Sebanyak 100 gram buah duku mengandung 9,5 gram karbohidrat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Pemicu mag

Buah duku mengandung gas dan sulit dicerna lambung. Nah, bila dikonsumsi berlebihan, maka lambung akan bekerja lebih keras. Semua ini dapat menyebabkan mag.

3. Diabetes gestasional

Buah duku memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Fruktosa adalah jenis gula paling sederhana yang biasanya ditemukan di dalam buah-buahan. 

Selain dapat meningkatkan berat badan, konsumsi berlebihan saat hamil dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional, Ma.

4. Menaikkan jumlah trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu lemak utama yang dibawa di aliran darah. Trigliserida diperoleh dari makanan dan minuman. Gunanya adalah sebagai simpanan kalori serta menyediakan energi.

Konsumsi buah duku secara berlebihan dapat menaikkan kadar trigliserida di dalam tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi bisa menyebabkan serangan jantung, Ma.

Buah duku merupakan salah satu jenis buah musiman yang mudah diperoleh di Indonesia. Meski rasanya manis dan enak, perhatikan jumlah yang dikonsumsi ya, Ma.

Buah ini boleh dikonsumsi oleh ibu hamil tetapi untuk menekan risikonya, hindari konsumsi secara berlebihan.

Apakah Mama juga suka makan buah duku?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk