Jauhi Stres saat Hamil dengan Warna-Warna Ini

Jauh dari moody, ini dia warna yang bisa bikin Mama tambah happy

18 November 2021

Jauhi Stres saat Hamil Warna-Warna Ini
Freepik/wayhomestudio
Ilustrasi Mama happy

Masa kehamilan mungkin menjadi masa yang sudah lama Mama nantikan. Namun, masa-masa indah ini juga datang bersamaan dengan perubahan hormon yang dapat membuat mama kelelahan secara fisik dan juga mental.

Perubahan hormon dalam tubuh Mama nyatanya membuat Mama pun harus siap menghadapi perubahan emosi yang datang dan pergi.

Bisa saja saat ini Mama merasa sangat bahagia tetapi di lain waktu Mama justru merasa cemas, stres, bahkan depresi. 

Tapi, tenang dulu ya Ma. Semua ini bisa diminimalisir, kok! Salah satunya dengan cara menghadirkan warna-warna yang dapat memberikan energi positif pada Mama.

Dikutip dari Parentfresh.com, terapi warna atau Chromotherapy merupakan salah satu disiplin penyembuhan yang sudah dikenal sejak zaman kuno di Mesir dan Yunani. 

Mereka telah mempelajari sifat warna yang dapat beraksi terhadap pikiran dan diperlukan untuk memerangi perasaan yang tidak nyaman. Berikut ini warna-warna yang telah Popmama.com rangkumkan untuk Mama.

1. Rose atau merah muda yang redakan stres dan kecemasan

1. Rose atau merah muda redakan stres kecemasan
Pexels/Valeria Boltneva

Warna lembut seperti rose atau warna senada seperti merah muda dan turunannya dapat menjadi andalan Mama dalam meredakan stres dan rasa cemas.

Warna ini dipercaya menawarkan sifat santai yang khas dan mendorong Mama untuk memiliki sikap yang lembut, tenang, dan penuh kasih sayang.

Mama bisa mengaplikasikannya melalui pakaian sehari-hari, aksesoris, cat kuku, atau pun aksen-aksen dekorasi di ruang tamu atau kamar pribadi.

Selain itu, Mama juga bisa mengaplikasikannya melalui peralatan mandi seperti bath bomb atau body gel, lho

Perpaduan warna dan juga aroma bunganya sudah pasti dapat membuat Mama lebih relaks, deh!

Editors' Picks

2. Hijau untuk redakan sakit kepala

2. Hijau redakan sakit kepala
Instagram.com/green.house199

Warna yang satu ini rasanya sudah sering dikaitkan kalau kita bicara tentang relaksasi dan ketenangan. Warna hijau identik dengan suasana alam dan secara tidak langsung membuat setiap orang yang melihatnya merasa berada dekat dengan alam.

Warna hijau bahkan dianggap sebagai warna yang dapat menciptakan harmoni dan harapan serta mampu menyeimbangkan kembali tubuh dan pikiran Mama. 

Selain itu, warna hijau juga bisa menjadi obat mujarab untuk melawan demam dan sakit kepala, Ma.

Salah satu cara yang dapat mama lakukan adalah dengan memelihara tanaman atau meminta bantuan Papa untuk menciptakan lingkungan hijau sederhana di dalam atau sekitar rumah.

3. Biru yang mendamaikan suasana hati

3. Biru mendamaikan suasana hati
Pixabay/egor105

Langit, pantai, lautan, semua yang menenangkan didominasi oleh warna yang satu ini. Warna biru memiliki sifat yang menenangkan, menyegarkan, membuat rileks, serta dianggap mampu meningkatkan refleksivitas dan kedamaian.

Jadi jika Mama ingin mendapatkan kedamaian, warna biru adalah pilihan yang sangat tepat. Saat Mama menggunakan warna ini, secara tidak langsung Mama akan melepaskan ketegangan dari tubuh Mama.

Warna biru juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, denyut jantung, dan membantu pernapasan. 

4. Kuning bisa membuat Mama lebih ceria

4. Kuning bisa membuat Mama lebih ceria
Freepik/kjpargeter

Selain warna yang lembut, Mama juga bisa mengatasi mood swing dengan warna-warna yang cerah seperti warna kuning. Warna ini dipercaya dapat menghidupkan suasana, Ma.

Jadi, jika Mama ingin merasakan kesan yang hangat dan lebih gembira pilih saja warna kuning.

Chromotherapy mengidentifikasi warna ini menjadi salah satu warna yang paling cocok untuk mendukung kebahagiaan dan juga menciptakan suasana yang dinamis. 

Selain itu, warna ini juga dipercaya dapat meningkatkan selera makan, lho Ma.

Warna ini sangat tepat jika diaplikasikan di ruang makan atau ruang keluarga Mama.

5. Oranye yang bikin Mama lebih nyaman

5. Oranye bikin Mama lebih nyaman
Freepik/freepic.diller

Kombinasi warna merah dan kuning ini faktanya dapat membuat suasana hati Mama jauh membaik. Serupa dengan warna kuning, warna oranye dipercaya dapat memberikan kenyamanan serta meningkatkan selera makan Mama.

Tak hanya itu, warna oranye pun memiliki efek yang baik pada jantung, limpa dan paru-paru. Beberapa makanan dengan kandungan warna oranye pun dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menyehatkan mata, lho.

Nah, itulah 5 pilihan warna yang dapat membuat Mama lebih bahagia dan juga nyaman selama menjalani masa kehamilan. Semoga dengan terapi warna yang Mama aplikasikan, fase ini bisa Mama lalui dengan baik ya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.