5 Cara Melawan Efek Samping Covid-19 pada Kesehatan Sperma

Menurut penelitian, virus corona bisa berpengaruh pada kesehatan sperma

10 Juli 2021

5 Cara Melawan Efek Samping Covid-19 Kesehatan Sperma
Pixabay/Geralt

Bukan rahasia lagi bahwa Covid-19 bisa berpengaruh pada banyak hal, termasuk sperma. Untuk melawannya, bisa lakukan beberapa cara ini. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Reproduction, efek virus corona pada penderita yang terinfeksi adalah kematian pada sel sperma, inflamasi, dan stres oksidatif yang bisa merusak DNA dan protein di tubuh. 

Dari data yang didapat dari 84 pria dengan Covid-19 di interval waktu 10-60 hari dan dibandingkan dengan 105 pria sehat, terbukti adanya perbedaan kesehatan sperma. Pada pria dengan Covid-19, terdapat angka inflamasi dan stres oksidatif yang lebih tinggi dari pria yang sehat. 

Untuk mengatasi masalah ini, Popmama.com melansir dari Times of India mengenai cara untuk melawan efek samping Covid-19 dan mengembalikan kesehatan organ reproduksi pria. 

1. Perbanyak olahraga 

1. Perbanyak olahraga 
Freepik/Master1305
Dok. Jovee

Menurut penelitian, pria yang berolahraga secara aktif memiliki kualitas sperma yang lebih baik dan hormon yang lebih seimbang.

Pria yang tidak berolahraga punya efek buruk yang langsung ke kesehatan organ reproduksinya. 

Tak perlu olahraga berlebihan, yang penting rutin dan sewajarnya saja.

Latihan fisik secara rutin bisa juga meningkatkan hormon testosteron pada pria yang penting untuk kesehatan sperma. 

Editors' Picks

2. Hindari stres

2. Hindari stres
Freepik/wavebreakmedia_micr

Yang satu ini mungkin tak semudah yang dikatakan. Namun penting sekali menjaga level stres karena berhubungan langsung dengan kualitas sperma dan kesehatan organ reproduksi pria. 

Terlalu stres bisa merusak hormon testosteron dan jika berlangsung dalam waktu yang lama, bisa mengganggu kesuburan pria. 

Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia, tenang, dan rileks. Hindari menonton dan membaca berita yang malah membuat makin stres. 

3. Makan menu yang seimbang

3. Makan menu seimbang
Freepik/Master1305

Segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik, termasuk asupan makanan. Terlalu menghindari daging atau malah kebalikannya, tak suka makanan sehat, atau malah kebalikannya, semua tidak baik. 

Pastikan untuk mengonsumsi makanan secara seimbang. Perbanyak menu yang kaya akan vitamin C, D, dan zinc untuk meningkatkan jumlah sperma yang sehat. 

4. Mengonsumsi gingseng

4. Mengonsumsi gingseng
Freepik

Gingseng dikenal sebagai salah satu obat herbal untuk vitalitas pria. Salah satu gingseng yang terkenal adalah ashwagandha atau gingseng India. 

Mengutip dari penelitian tahun 2013 yang diunggah di Hindawi, pria yang mengonsumsi 675 mg ashwagandha setiap hari selama 90 hari mengalami peningkatan jumlah sperma sebanyak 167%. 

5. Hindari gaya hidup yang tidak sehat

5. Hindari gaya hidup tidak sehat
Freepik

Hal terakhir yang tak kalah sulit dilakukan adalah melakukan gaya hidup yang sehat. Tidak sekadar makan, namun hentikan merokok, minum alkohol, dan begadang. 

Semua kebiasan buruk itu bisa memperburuk tingkat testosteron di dalam tubuh.

Jika ingin memperbaiki kualitas sperma setelah sakit Covid-19, sebaiknya merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan seimbang, ya. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kualitas dan jumlah sperma pada pria yang terinfeksi virus corona. Intinya harus fokus dan tidak mudah tergoda. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.