5 Mitos Makanan agar Cepat Hamil Beserta Faktanya

Salah satunya tauge, Ma

30 April 2021

5 Mitos Makanan agar Cepat Hamil Beserta Faktanya
Pexels/Pixabay

Begitu banyak mitos yang beredar tentang apa saja, termasuk tentang kehamilan. Bahkan, ada beberapa makanan yang dianggap bisa membuat kamu lebih subur dan cepat hamil. 

Keinginan untuk memiliki buah hati membentuk mitos yang dipercaya turun-temurun. Sebagian benar adanya, namun sebagian bisa sama sekali salah. 

Untuk makanan yang dipercaya bisa menambah kesuburan, Popmama.com telah mengumpulkan mitosnya. Tak lupa, fakta yang sebenarnya. 

Penasaran apa saja? Mari cek bersama!

1. Tauge untuk kesuburan

1. Tauge kesuburan
Freepik

Sudah bukan rahasia bahwa tauge dipercaya bisa meningkatkan kesuburan dan membuat perempuan cepat hamil. Bahkan, banyak yang menyarankan pada pengantin baru untuk banyak-banyak makan tauge agar cepat dikaruniai anak. 

Sebenarnya, ini tidak sepenuhnya salah. Karena penelitian yang sudah dilakukan menghasilkan bahwa tauge berguna meningkatkan kesuburan untuk pria. 

Namun, belum ada penelitian klinis mengenai khasiat tauge dengan perempuan. 

Namun, banyak yang menghubungkan antara tauge dan kacang hijau sebagai biji sebelum menjadi tauge. Di mana, kacang hijau mengandung folat yang tinggi dan menjadi sumber penting untuk kesiapan kehamilan. 

Editors' Picks

2. Kurma muda untuk kesehatan rahim

2. Kurma muda kesehatan rahim
Freepik

Saat seseorang ke Tanah Suci, biasanya ada saja yang menitip kurma muda sebagai usahanya agar cepat hamil. 

Sebenarnya, baik kurma muda ataupun matang mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh seperti zat besi, vitamin, kalium, antioksidan, asam amino, dan seng. Kesemua kandungan ini diklaim bisa memperbaiki kesuburan perempuan dan pria. 

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa kurma muda memiliki khasiat yang lebih baik untuk kesuburan kandungan. 

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of Obstetrics Gynaecology, disimpulkan bahwa tidak ada potensi yang dimiliki kurma muda untuk menyuburkan kandungan. 

Namun jika mengonsumsinya secara rutin dan dibarengi gaya hidup sehat, bukan tidak mungkin kesehatan rahim kamu bisa lebih terjaga. Karena kandungannya yang banyak nutrisi baik untuk tubuh, namun bukan hanya untuk kesuburan saja. 

3. Daun singkong bisa bikin cepat hamil

3. Daun singkong bisa bikin cepat hamil
Pixabay/mayapujiati

Satu lagi yang tak kalah banyak disarankan adalah mengonsumsi daun singkong agar cepat hamil. Daun singkong sendiri memiliki kandungan anti peradangan dan bisa digunakan sebagai obat untuk demam, diare, atau arthritis. 

Sejauh ini , belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa daun singkong bisa menambah kesuburan, apalagi bisa membuat cepat hamil. 

Satu lagi, mengolah daun singkong tidak bisa sembarangan. Karena jika tidak, bisa membuat keracunan sianida seperti sakit kepala, gelisah, dan kejang. 

4. Alpukat untuk menambah asam folat

4. Alpukat menambah asam folat
pexels/ready-made

Selanjutnya adalah buah-buahan yang sering dianggap bisa menambah kesuburan reproduksi. Yang pertama adalah alpukat. 

Dibanding buah yang lain, alpukat memang mengandung asam folat yang tinggi. Dalam 1 buah alpukat, terkandung 22% kandungan kebutuhan asam folat harian untuk orang dewasa. 

Kamu perlu asam folat untuk menyiapkan kehamilan. Sehingga banyak pakar gizi yang menyarankan untuk makan alpukat ketika sedang program hamil. 

Jadi, yang satu ini tak hanya sekadar mitos. Melainkan benar ada faktanya. Namun tetap hindari mengonsumsi secara berlebihan, ya.

5. Pisang juga sering dianjurkan

5. Pisang juga sering dianjurkan
Freepik

Satu lagi buah yang sering dianjurkan agar cepat hamil adalah pisang. Buah ini memang mengandung asam folat dan vitamin B6 yang tinggi. Di mana, kedua zat ini membantu melancarkan siklus menstruasi. 

Dengan begitu, perempuan yang mengonsumsi pisang bisa terhindar dari risiko infertilitas. Namun belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa pisang bisa membantu perempuan cepat hamil. 

Meski begitu, tetap banyak pasangan yang rutin mengonsumsi pisang selama program hamil. Sedangkan jenis pisang yang paling banyak dipilih adalah pisang Ambon. 

Daripada mengonsumsi makanan yang belum tentu ada kebenaran klinisnya, lebih baik seimbangkan makanan sehari-hari agar tubuh lebih sehat. Jadi, keberhasilan proses pembuahan bisa lebih besar dan maksimal. 

Itu dia beberapa mitos mengenai makanan yang bisa membuat cepat hamil dan faktanya. Jangan termakan mitos lagi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.