Cara Menjaga Kesehatan Ovarium, Begini Ciri-Ciri Ovarium yang Subur

Belum kunjung hamil, ketahui kesehatan ovarium kamu terlebih dulu

14 September 2019

Cara Menjaga Kesehatan Ovarium, Begini Ciri-Ciri Ovarium Subur
Unsplash/Clem Onojeghuo

Sebagai perempuan kamu tentu mengetahui di dalam tubuh kita ini ada organ yang dinamakan ovarium. Organ ini memiliki peran yang sangat penting jika dikaitkan dengan kemampuan untuk bereproduksi.

Ovarium atau indung telur terbagi dua bagian dalam di kiri dan kanan pinggul. Manusia memiliki dua ovarium yang berfungsi memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon esterogen dan progesteron, menurut keterangan Mary Jane Minkin, MD, profesor obstetri klinis, ginekologi, dan reproduksi di Yale School of Medicine. 

Kedua hormon tersebut merupakan hormon yang berperan penting atas perkembangan tubuh seorang perempuan ketika masa pubertas seperti memengaruhi pertumbuhan payudara, menstruasi, dan pinggul yang membesar. 

Estrogen dan progesteron juga menyiapkan rahim untuk pembuahan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penjelasan tentang ovarium yang sehat dan subur berdasarkan penjelasan beberapa sumber pakar.

1. Apakah kamu memiliki ovarium sehat?

1. Apakah kamu memiliki ovarium sehat
Freepik/nensuria
Ilustrasi

Memiliki ovarium atau indung telur yang sehat adalah kunci dari kesuburan. Kunci untuk meningkatkan kesehatan telur tidak lain adalah mempertahankan diet seimbang dan olahraga rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut Dr Fong Yang dari Spesialis Fertilitas di Virtus Fertility Center Singapore.

Dr Fong menjelaskan, "Kesuburan dan kesehatan reproduksi perempuan sangat bergantung pada keadaan ovariumnya. Perempuan yang berjuang untuk hamil kemungkinan memiliki kondisi telur yang buruk, dan perlu memerhatikan lebih dekat berbagai faktor yang dapat meningkatkan kesehatan telur untuk kehamilan yang layak."

Dr Fong menjawab pertanyaan umum dan berbagi tips tentang kesehatan ovarium.

2. Apa itu ovarium?

2. Apa itu ovarium
theanandic.com

Gagal untuk hamil bisa menjadi pengalaman frustasi bagi pasangan setelah menikah. Penting untuk mengevaluasi kebiasaan gaya hidup seseorang dan menggabungkan rezim yang seimbang untuk memperbaiki sistem reproduksi.

Ada banyak cara untuk merangsang kesehatan ovarium dan memperbaiki kualitas telur untuk mengoptimalkan kesuburan. 

Seiring berkembangnya telur dan jatuh tempo setiap bulan, menjaga keadaan tubuh dan pikiran yang sehat setiap saat penting, terutama selama bulan-bulan ketika kamu secara aktif mencoba jalani program kehamilan.

Perhatian terhadap rutinitas sehat selama ini bisa berdampak positif terhadap kualitas telur.

3. Cara menjaga kesehatan ovarium

3. Cara menjaga kesehatan ovarium
Freepik/freepic.diller

Cara menjaga kesehatan ovarium dengan diet kaya nutrisi, delapan gelas air murni dan melakukan olahraga secara rutin.

Vitamin A adalah vitamin penting yang membantu menendang memulai proses pembelahan sel dalam produksi telur. Makanan yang mengandung vitamin A meliputi telur, susu, bayam, labu dan wortel.

Sebuah kata peringatan: Vitamin A bisa menjadi racun dalam dosis tinggi, seseorang tidak boleh melebihi tunjangan harian yang dianjurkan terutama saat meminumnya dalam bentuk suplemen atau pil.

Sementara vitamin D telah disebut-sebut untuk manfaatnya bagi kesehatan tulang, fakta yang kurang diketahui adalah bahwa vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan ovarium dengan mengatur kadar hormon anti-Mullerian (AMH), sebuah hormon yang dapat menilai cadangan ovarium perempuan.

Makanan yang mengandung vitamin D termasuk salmon, jamur dan telur.

Sumber omega-3 meliputi salmon, mackerel, walnuts and soybeans. Selain menjadi makanan yang lezat, asam lemak omega-3 berperan penting dalam fluiditas membran dan kesehatan sel untuk melindungi dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesehatan ovarium.

Sementara itu, perempuan yang ovariumnya sehat memiliki ciri sebagai berikut:

  • Siklus haid lancar
  • Tidak seberapa sakit saat haid datang
  • Pola hidup sehat
  • Bisa mengelola stres dengan baik
  • Berat tubuh ideal, tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Editors' Picks

4. Kebiasaan yang mengganggu kesehatan ovarium

4. Kebiasaan mengganggu kesehatan ovarium
carfromjapan.com

Merokok menurunkan aliran darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk ovarium yang dapat menyebabkan peningkatan tingkat kerusakan genetik pada telur dan meningkatkan risiko keguguran.

Perempuan yang berencana hamil disarankan untuk mengekang kafein apapun tidak lebih dari dua cangkir kopi atau lima cangkir teh setiap hari.

Kurang dari konsumsi alkohol sangat dianjurkan.

Baca juga: 

5. Perhatikan siklus haid

5. Perhatikan siklus haid
Freepik/makyzz

Jika kamu mengalami ciri-ciri berikut ini:

  • siklus haid yang tidak teratur,
  • peningkatan pertumbuhan rambut wajah dan tubuh,
  • kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan,
  • bahkan kesulitan untuk hamil dalam waktu lama,

maka sudah saatnya sekarang saatnya untuk melakukan tindakan seperti mencari bantuan profesional untuk menjaga agar tubuh kamu tetap teratur.

Salah satu gangguan ovarium paling umum yang mempengaruhi sekitar 5-15% perempuan tahap reproduksi 5 di Singapura adalah Sindroma Ovarium Polikistik (PCOS). Ini memengaruhi kesuburan seorang perempuan karena indung telurnya mengandung kista atau folikel kecil yang tidak mampu memproduksi telur dan kesulitan untuk dibuahi.

6. Apakah bisa tetap hamil jika didiagnosis menderita PCOS?

6. Apakah bisa tetap hamil jika didiagnosis menderita PCOS
Freepik/yanalya

Meskipun tidak ada obat untuk PCOS, perawatan yang paling umum adalah proses Induksi Ovulasi di mana perempuan akan diberi resep obat oral atau serangkaian suntikan FSH (Follicle Stimulating Hormone).

Tindakan medis ini bertujuan memacu pertumbuhan dan perkembangan telur untuk meningkatkan. Kemungkinannya untuk konsepsi secara alami atau melalui inseminasi buatan.

Setelah pemberian obat diberikan, perempuan tersebut diminta untuk melakukan pemindaian ultrasound antara tanggal 11 sampai 14 untuk memeriksa apakah dia akan berovulasi dan mendapat saran mengenai hari-hari yang tepat untuk melakukan hubungan seksual atau inseminasi buatan untuk memaksimalkan kemungkinan kehamilan.

Ketahui kapan waktunya menggunakan Kalkutaror Ovulasi di Popmama.com agar kamu mengetahui hitungannya dengan tepat.

Baca juga:

7. Apakah waktu di sisi saya?

7. Apakah waktu sisi saya
Freepik

Cara untuk mengetahui waktu masa subur yang yang masih bisa terjadi pada seorang perempuan adalah dengan mengikuti Tes Cadangan Ovarium, atau uji hormon Anti-Mulleri (AMH).

AMH adalah hormon yang disekresikan oleh sel dalam mengembangkan folikel. Hormon ini dapat dideteksi dalam darah perempuan setiap saat sepanjang siklus haidnya. Tingkat AMH berfungsi sebagai indikator yang baik untuk jumlah telur perempuan yang tersisa.

Itulah penjelasan apa itu ovarium, bagaimana cara menjaga kesehatan ovarium dan kegiatan apa saja yang dapat mengganggu kesehatan ketika kamu sedang melakukan program hamil.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!