Siti Badriah Jalani Program Hamil dengan Kurma dan Buah Zuriat

Selama #DiRumahAja, Siti Badriah tetap menjalani program hamil

18 Mei 2020

Siti Badriah Jalani Program Hamil Kurma Buah Zuriat
Instagram.com/sitibadriahh

Siti Badriah dan Krisjiana Baharudin yang sudah resmi menikah pada tanggal 25 Juli 2019 ini sedang menanti kehadiran seorang anak di keluarga kecil mereka. 

Selama berada #DiRumahAja sesuai anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ada beragam aktivitas seru yang dilakukan oleh Sibad dan Kris termasuk menjalani promil alias program hamil. Keduanya sama-sama sedang berusaha agar si Kecil bisa segera hadir di tengah keluarga mereka. 

"Doain ya biar kita cepat dapat momongan Ramadan ini, aku manfaatkan buat promil dengan kurma dan zuriat," tulis Sibad dalam unggahannya di Instagram. 

Berhubung sekarang sedang banyak menjalani aktivitas di rumah, Sibad dan Kris memanfaatkan momen tersebut untuk rajin mengonsumsi kurma dan buah zuriat. 

Terkait usaha dari Sibad dan sang Suami untuk segera memiliki anak dengan mengonsumsi buah kurma dan zuriat, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaatnya. 

Bisa jadi inspirasi ketika promil nih!

Editors' Picks

1. Apa kurma membantu ketika sedang menjalani promil?

1. Apa kurma membantu ketika sedang menjalani promil
Freepik/whatwolf

Buah kurma tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan serta menjaga vitalitas laki-laki saja, namun perempuan juga perlu mengonsumsinya. 

Dilansir dari The Peninsula Qatar, buah kurma dapat menjadi opsi terbaik untuk pasangan yang sedang menjalani promil. 

Buah kurma mengandung hormon botosi di dalamnya, sehingga mampu meningkatkan reaksi peristaltik dalam pembuluh darah serta uterus atau rahim.

Selain itu, kandungan lainnya pada buah kurma turut memberi manfaat pada produksi hormon oksitosin. Nantinya hormon tersebut mampu bekerja sesuai perannya untuk membantu proses reproduksi ketika berhubungan intim bersama pasangan. 

Buah kurma memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi mulai dari zat besi, tembaga, kalium, magnesium, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin K, karoten, hingga serat. Kandungan inilah yang bila dikonsumsi secara rutin, mampu meningkatkan kesuburan. 

2. Bagaimana cara mengonsumsi buah zuriat ketika sedang menjalani promil?

2. Bagaimana cara mengonsumsi buah zuriat ketika sedang menjalani promil
Flickr.com/rachid h

Buah zuriat mungkin sudah tidak lagi asing untuk pasangan yang sedang menjalani promil dan sedang menanti anak pertama. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kesuburan. 

Di dalam buah zuriat terdapat banyak nutrisi, mulai dari karbohidrat dan serat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kandungan zat antioksidan juga cukup kaya dalam buah zuriat. 

Tak hanya itu, ada juga kandungan makronutrisi, seperti vitamin (vitamin B) dan mineral (kalium, natrium, kalsium, magnesium dan fosfor). Jika dikonsumsi secara rutin, maka dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur perempuan serta memperbaiki siklus menstruasi menjadi lebih teratur.

Ketika sedang menjalani promil, maka buah zuriat perlu dicuci dengan bersih. Kemudian potonglah ke dalam beberapa bagian, lalu direbus bersamaan dengan kulitnya kurang lebih selama 15 menit. 

Minumlah air rebusan dari buah zuriat secara teratur selama program agar khasiatnya bisa lebih terasa. 

Perlu diketahui juga kalau ada yang menjual buah zuriat berbentuk serbuk. Olahan buah zuriat dalam bentuk serbuk cukup diseduh saja dengan air hangat, kemudian diminum. 

Hanya saja ketika tertarik membeli buah zuriat berbentuk serbuk, Mama perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Pastikan kalau serbuk zuriat tersebut aman dan dikonsumsi sesuai dosisnya.

3. Program hamil dengan mengonsumsi jus buah bisa dijadikan alternatif

3. Program hamil mengonsumsi jus buah bisa dijadikan alternatif
Freepik/pressfoto

Tak hanya kurma dan buah zuriat saja yang bisa meningkatkan peluang keberhasilan ketika sedang menjalani promil. 

Perlu diketahui bahwa ada berbagai jus buah yang bisa dijadikan alternatif saat menjalani program memiliki anak. Pilihan buah pun tidak bisa sembarangan demi memberikan nutrisi ke dalam tubuh. 

Berikut beberapa jus buah yang bisa meningkatkan peluang keberhasilan saat promil, antara lain: 

  • Jus jambu mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Tak hanya memberikan peluang kesuburan saja, namun nutrisi dalam buah jambu juga dapat menurunkan stres sehingga lebih fokus saat promil.
  • Jus alpukat mengandung asam folat tinggi, vitamin E, dan kalium. Alpukat perlu dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan kesuburan. 
  • Jus mangga mengandung karotenoid dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi. 
  • Jus pepaya mengandung vitamin E, karoten, pottasium, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga DNA sel telur.

Pilihan jus buah ini dapat menjadi rekomendasi tersendiri ketika sedang menjalani promil. Apalagi buah-buahan sangat baik ketika dikonsumsi secara rutin. 

Itulah beberapa cerita promil yang sedang dijalani oleh Siti Badriah dan Krisjiana Baharudin dengan mengonsumsi kurma dan buah zuriat. Semoga usaha mereka di tahun ini untuk mendapatkan seorang anak bisa segera terwujud. 

Penjelasan di atas semoga bisa membantu Kamu yang sedang menjalani promil juga, ya. 

Tetap semangat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.