TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tes Kehamilan Menggunakan Sabun, Apakah Akurat?

Apakah tes kehamilan dengan sabun akurat?

5 Maret 2022

Tes Kehamilan Menggunakan Sabun, Apakah Akurat
Unsplash/AuréliaDubois

Apakah Mama sebelumnya pernah mendengar tentang tes kehamilan menggunakan sabun? Terdengar agak aneh, tapi ternyata tes kehamilan dengan sabun lazim dilakukan lho, Ma. Bahan yang diperlukan untuk tes ini pun cukup mudah didapat, karena hanya memerlukan sabun.

Meski begitu, apakah tes kehamilan ini akurat?

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini Popmama.com merangkum soal tes kehamilan menggunakan sabun, apakah akurat?

Disimak sampai tuntas ya Ma supaya bisa memahaminya dengan baik.

Cara Tes Kehamilan dengan Sabun

Cara Tes Kehamilan Sabun
Unsplash/MatthewTkocz

Tes kehamilan menggunakan sabun terbilang cukup mudah dan murah. Sabun yang dipakai untuk tes ini dapat berupa sabun batang atau sabun cair. Namun, yang paling sering digunakan adalah sabun cair.

Sabun dipercaya dapat bereaksi dengan hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan yang terdapat pada urine ibu hamil.

Beberapa orang yang telah mencoba tes ini mengatakan bahwa sabun yang bercampur dengan urine akan menghasilkan banyak buih dan mengalami perubahan warna jika di dalam urine tersebut mengandung banyak hormon hCG.

Berikut ini beberapa tahapan yang Mama dapat lakukan bila ingin mencoba tes kehamilan menggunakan sabun.

1. Pertama, Mama bisa siapkan wadah untuk menampung urine. Pada saat buang air kecil pertama kali di pagi hari, masukkan urine ke dalam wadah tersebut. Urine di pagi hari dianggap memiliki konsentrasi hormon hCG paling banyak.
2. Siapkan wadah lain yang transparan. Wadah ini nantinya adalah tempat untuk sabun. Tempatkan sabun ke dalam wadah tersebut. Biasanya orang-orang lebih suka memakai sabun cair, karena penggunaan sabun cair dinilai lebih praktis.
 3. Masukkan urine yang telah Mama tampung ke dalam wadah yang berisi sabun tersebut. Diamkan selama beberapa menit dan lihat reaksi apa yang terjadi.

Editors' Picks

Cara Membaca Hasil Tes Kehamilan Menggunakan Sabun

Cara Membaca Hasil Tes Kehamilan Menggunakan Sabun
Pexels/OlyaKobruseva

Cairan sabun dan urine yang telah tercampur akan menimbulkan reaksi kimia bila di dalam urine tersebut mengandung hormon hCG.

Setelah mendiamkannya beberapa menit, Mama bisa membaca hasil positif atau negatif tergantung dari reaksi yang ditimbulkan. 

Hasil tes berindikasi positif bila air sabun berubah warna menjadi hijau atau kebiruan. Selain perubahan warna, indikasi lainnya adalah timbulnya banyak busa di cairan sabun tersebut. Hal ini dipercaya sebagai tanda bahwa Mama positif mengandung.

Sementara jika hasil tes mengatakan sebaliknya, tidak terjadi perubahan warna pada cairan sabun dan tidak ada buih di dalamnya. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa hasil tes negatif. 

Seberapa Akurat Tes Kehamilan Menggunakan Sabun?

Seberapa Akurat Tes Kehamilan Menggunakan Sabun
Pixabay/Tumisu

Tes kehamilan menggunakan sabun tidak dapat dikatakan akurat 100 persen. Hal ini karena belum ada penelitian yang menunjangnya. Meskipun bahan dan cara tes ini terbilang mudah. Tapi tes ini tidak bisa dijadikan satu-satunya tolok ukur untuk mengonfirmasi kehamilan mama.

Selain itu, terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan dalam tes ini, seperti tidak menyebutkan secara spesifik merek sabun apa yang bisa dipakai untuk tes kehamilan. Apakah sabun mandi atau sabun cuci piring atau sabun lainnya.

Kapan Harus Konsultasi ke Dokter?

Kapan Harus Konsultasi ke Dokter
Freepik/benzoix

Mama bisa saja mencoba tes kehamilan menggunakan sabun, karena tidak sedikit yang sudah mencoba tes ini. Akan tetapi untuk mengonfirmasi hasilnya, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Terutama jika jadwal haid mama sudah lewat dari tanggal seharusnya.

Kadang, ada kehamilan yang tidak terdeteksi gejala awalnya. Beberapa ibu hamil ada yang tidak menyadari kehamilannya setelah beberapa bulan lamanya bahkan ada yang tidak menyadarinya hingga melahirkan. Oleh sebab itu, konsultasi ke dokter dapat menjadi solusi terbaik untuk mendeteksi kehamilan sedini mungkin. 

Itulah tadi soal tes kehamilan menggunakan sabun, apakah akurat? Tes kehamilan menggunakan sabun mungkin terkesan murah dan mudah untuk dilakukan, tapi tes ini belum cukup akurat karena belum terbukti secara ilmiah. Untuk itu, Mama perlu berkonsultasi ke dokter untuk mengonfirmasi kehamilan mama.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk