10 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Periode Menstruasi dan Kesuburan

Mengingatkan kapan waktu peluang pembuahan yang tepat

5 Februari 2020

10 Aplikasi Terbaik Melacak Periode Menstruasi Kesuburan
Freepik/Jcomp

Beberapa pasangan yang baru saja menikah, pasti ingin segera memiliki buah hati. Namun beberapa kendala biologi seperti waktu dan tingkat kesuburan pasti dapat membingungkan beberapa orang.

Memahami biologi sendiri bisa sangat membantu untuk mencoba agar dapat bisa hamil secepat mungkin. Dan kali ini, dengan bantuan teknologi dapat melacak siklus dan hari kesuburan agar lebih mudah.

Kali ini Popmama.com merekomendasikan aplikasi yang melacak kesuburan yang paling banyak digunakan berdasarkan konten yang bermanfaat, ulasan pengguna, dan konsisten.

1. Clue Period Tracker, Ovulation

1. Clue Period Tracker, Ovulation
Businessofapps.com

Aplikasi ini memiliki penilaian sebesar 4,8 bintang di iOS dan Android, yang bisa didapatkan secara gratis dengan pembelian dalam aplikasi.

Aplikasi Clue Period Tracker, Ovulation ini merupakan aplikasi pelacak menstruasi dan kesuburan yang menggunakan sains dan penelitian berdasarkan biologi pribadi kamu.

Jika kamu sedang mencoba untuk hamil, aplikasi ini dapat membantumu untuk merencanakan kehmailan dengan kalkulator ovulasi dan prediksi kesuburan.

Kamu juga dapat mencatat suhu tubuh untuk informasi yang lebih akurat.

2. Dot Fertility Tracker

2. Dot Fertility Tracker
Dottheapp.com

Selanjutnya ada Dot Fertility Tracker, yaitu aplikasi pelacakan kesuburan, yang memiliki penilaian sebesar 4,8 di iOS dan 4,4 di Android. Aplikasi ini gratis dengan pembelian di dalam aplikasi.

Dot menggunakan algoritma canggih untuk mengidentifikasi peluang kehamilan pada setiap hari siklus kamu.  Hanya menggunakan tanggal mulai periode untuk menghasilkan informasi yang akurat dan dipersonalisasi.

Plus, aplikasi menjadi lebih pintar dan berguna jika semakin banyak kamu menggunakannya, berkat analisis statistik yang sedang berlangsung yang menjadi lebih akurat dari waktu ke waktu.

3. Fertility Friend FF App

3. Fertility Friend FF App
Famisafe.wondershare.com

Aplikasi ini memiliki penilaian sebesar 4,8 bintang pada iOS dan 4,5 bintang di Android yang bisa didapatkan secara gratis dengan pembelian di dalam aplikasi.

Dengan kalender ovulasi canggih dan pelacak periode, aplikasi Fertility Friend FF App ini menawarkan wawasan yang berguna tentang kesuburanmu.

Aplikasi ini menggunakan data untuk membuat bagan kesuburan yang dipersonalisasi dengan tips serta analisis untuk kamu yang sedang mencoba untuk hamil. Aplikasi ini juga akan mengingatkan hari-hari dengan peluang ovulasi tertinggi.

4. Flo Period & Ovulation Tracker

4. Flo Period & Ovulation Tracker
Flo.Health

Selanjutnya ada Flo Period & Ovulation Tracker yang memiliki penilaian 4,9 bintang di iOS dan Android. Bisa didapatkan dengan gratis dengan pembelian di dalam aplikasi.

Aplikasi Flo ini secara sederhana dapat melacak menstruasi, ovulasi, dan kesuburanmu. Dengan menampilkan kalender kesuburan dan ovulasi.

Flo menggunakan penelitian dan pengukurnaa yang meningkatkan akurasi sehingga menampilkan kalender yang konsisten. Flo juga memberikan informasi tentang hari-hari dengan peluang untuk pembuahan, melacak gejala siklus, menstruasi, dan PMS.

Semua data ini disajikan dalam bentuk bagan agar mempermudah penggunanya.

Editors' Picks

5. Glow Cycle & Fertility Tracker

5. Glow Cycle & Fertility Tracker
Play.google.com

Glow Cycle & Fertility Tracker ini menjadi salah satu pilihan banyak perempuan dengan mendapatkan penilaian sebesar 4,7 di iOS dan 4,6 di android yang didapatkan gratis dengan pembelian di aplikasi.

Kendalikan kesehatan reproduksi dengan informasi yang berkualitas tinggi untuk membantu kamu dalam program hamil. Aplikais Glow dapat melacak siklus dengan kalkulator ovulasi serta gejala-gejala kehamilan.

Dibantu dengan pemantauan aktivitas seksual dan jurnal tentang suasana hati sehari-hari sehingga dapat mengoptimalkan peluang kamu untuk lebih cepat hamil.

6. Kindara: Fertility Tracker

6. Kindara Fertility Tracker
Prnewswire.com

Kindara juga menjadi salah satu pilihan aplikasi yang dapat mendeteksi kesuburan perempuan. Dengan memiliki nilai sebesar 4,6 di iOS dan 3,9 di Android, aplikasi ini bisa didapatkan gratis dengan pembelian dalam aplikasi.

Kindara memiliki sistem pemetaan kesuburan digital pertama, aplikasi ini menyediakan alat yang dapat membantu kamu dapat hamil lebih cepat. Aplikasi Kindara menjadi populer karena akurasi dan ovulasi yang terbukti.

Satu-satunya aplikasi dengan Wink, termometer suhu tubuh basal nirkabel untuk membuat pembuatan grafik mudah dan tanpa repot.

7. Natural Cycles – Birth Control

7. Natural Cycles – Birth Control
Investiere.ch

Aplikasi selanjutnya adalah Natural Cycles - Birth Control yang memiliki peringkat di iOS sebesar 4,8 bintang dan peringkat di Android sebesar 4,6 bintang. Bisa kamu dapatkan gratis dengan pembelian di dalam apikasi.

Aplikasi kontrol kehamilan ini dapat mengidentifikasi ovulasi dengan menganalisis suhu tubuh basal kamu. Pelajari siklus secara pribadi dengan pembaruan harian yang dapat menginformasikan siklus kamu saat ini.

Saat kamu memasuki fase subur, waktu peluang ovulasi akan terdeteksi dan diprediksi. Aplikasi ini juga mendeteksi kapan kamu memasuki periode menstruasi.

8. Ovia Fertility & Cycle Tracker

8. Ovia Fertility & Cycle Tracker
Ovuline.com

Ovia Fertility & Cycle Tracker memiliki peringkat 4,8 bintang di iOS dan Android. Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

Aplikasi Ovia menggunakan algoritma unik untuk periode yang akurat serta prediksi tingkat kesuburan. Namun sayangnya aplikasi ini mengikuti siklus yang teratur setiap bulannya.

Ringkasan dan statistik kesehatan di Ovia ini menawarkan detail yang bermanfaat, seperti panjang siklus rata-rata, lama periode, gejala puncak, hari hubungan seksual, dan banyak lagi.

Kamu juga dapat memeriksa tren dan wawasan pada grafik kesuburan yang dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh kamu.

9. Period Tracker by GP Apps

9. Period Tracker by GP Apps
Play.google.com

Aplikasi Period Tracker ini hanya dapat digunakan oleh pengguna iOS dengan memiliki bintang 4,8, aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan pembelian dalam aplikasi.

Aplikasi Periode Tracker melacak prediksi masa ovulasi,  yang disebut dengan jendela subur selama delapan hari, menampilkan hari siklus kamu tepat di layar beranda

Kamu juga dapat melacak gejala menstruasi, berat badan, suhu, dan suasana hati, dan mencari pola di grafik aplikasi yang indah dan komprehensif.

10. Period Tracker Health Calendar

10. Period Tracker Health Calendar
Iphone.apkpure.com

Sama seperti aplikasi Period Tracker by GP Apps, aplikasi Period Tracker Health Calendar ini hanya dapat digunakan oleh pengguna iOS. Memiliki 4,5 bintang, aplikasi ini dapat diinstall secara gratis dengan pembelian dalam aplikasi.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, aplikasi ini membuat mudah untuk melacak siklus kamu dan mendapatkan umpan balik tentang periode selanjutnya yang diperkirakan dan hari kesuburan. 

Menampilkan grafik untuk kesuburan, suhu, berat, suasana hati, gejala, durasi periode, dan panjang siklus, dan personalisasikan pengalaman dengan serangkaian tema dan font tulisan

Walaupun periode menstruasi dan kesuburan ditentukan oleh tubuh, namun tidak ada salahnya dibantu oleh aplikasi untuk mempekirakan dan membantu program kehamilanmu, bukan?

Baca juga:

Popmama Tools - Ovulation Calculator

Popmama Tools - Ovulation Calculator
Freepik/4045

Popmama.com juga memiliki beberapa tools, salah satunya adalah Ovulation Calculator yang dapat mengetahui masa subur seorang perempuan. Tanpa mendownload di ponsel kamu, cukup kunjungi laman pertama di Popmama.com maka kamu sudah bisa mengetahui masa ovulasi dengan cepat.

Melalui tools yang satu ini, kamu bisa mencari tahu kapan waktu yang paling pas untuk berhubungan intim dengan suami agar bisa cepat punya anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.