Waspada! Ini 5 Tanda Laki-Laki Mengalami Varikokel

Varises pada kemaluan laki-laki, ini tanda-tanda yang harus diwaspadai!

26 Juli 2022

Waspada Ini 5 Tanda Laki-Laki Mengalami Varikokel
Freepik/jcomp

Salah satu penyebab infertilitas atau menurunnya kesuburan pada laki-laki adalah varikokel. Varikokel merupakan suatu kondisi di mana pembuluh vena yang tidak normal membesar di sepanjang korda spermatika di dalam testis atau buah zakar laki-laki.

Varikokel serupa dengan varises di kaki ketika pembuluh darah membengkak karena penumpukan darah. Perbedaannya adalah varikokel terjadi di testis laki-laki.

Dilansir dari Urology Care Foundation, sekitar 15 dari 100 laki-laki menderita varikokel. Pada umumnya, varikokel terbentuk selama masa pubertas dan dapat tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu. 

Varikokel juga lebih sering terjadi di sisi kiri skrotum. Sebab, anatomi laki-laki tidak sama di kedua sisi. Meskipun begitu, varikokel bisa muncul di kedua sisi pada saat yang bersamaan, walaupun kasus ini cukup jarang terjadi. 

Lantas, apa saja gejala laki-laki mengalami varikokel? Varikokel biasanya tidak menimbulkan gejala yang menyebabkan penderita varikokel kadang tidak menyadari bahwa ia mengalami kondisi ini. Namun, pada beberapa penderita, varikokel dapat menimbulkan beberapa keluhan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum mengenai tanda laki-laki mengalami varikokel. Apa saja?

1. Rasa nyeri di skrotum

1. Rasa nyeri skrotum
Pixabay/Darko Djurin

Salah satu tanda laki-laki mengalami varikokel adalah timbulnya rasa nyeri pada skrotum, testis, atau selangkangan. Rasa sakit ini bisa bervariasi, dari nyeri yang sifatnya terasa tajam hingga tumpul.

Rasa sakit ini juga bisa terjadi secara berulang dan bertahap, sehingga lama-kelamaan terasa semakin memburuk. Rasa sakit bisa terjadi sepanjang hari atau saat sedang melakukan aktivitas fisik. Biasanya, rasa sakitnya cenderung berkurang saat penderita dalam posisi berbaring.

Editors' Picks

2. Nyeri bertambah parah saat cuaca panas

2. Nyeri bertambah parah saat cuaca panas
Freepik/photohobo

Laki-laki yang mengalami varikokel mungkin juga merasakan nyeri yang semakin parah saat cuaca sedang panas. Pasalnya, cuaca panas dapat menyebabkan pembuluh darah melebar atau menjadi lebih besar.

Saat pembuluh darah melebar, maka lebih sulit bagi pembuluh darah yang terkena varikokel untuk memompa darah kembali ke jantung. Ini yang menjadi alasan mengapa penderita varikokel merasa kurang nyaman saat cuaca sedang panas.

3. Ukuran testis berbeda

3. Ukuran testis berbeda
Pexels/Deon Black

Tanda lain laki-laki yang mengalami varikokel adalah ukuran testis kanan dan kiri yang berbeda. Salah satu testis mungkin tampak lebih kecil dari testis lainnya.

Biasanya, testis yang mengalami varikokel berada di sisi yang ukurannya menyusut atau lebih kecil. Dilansir dari Azura Vascular Care, sekitar 85% varikokel berkembang di sisi kiri skrotum karena di situlah posisi vena berada.

4. Vena membesar di skrotum

4. Vena membesar skrotum
urologyhealth.org

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, varikokel adalah sekelompok pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah ini sering terlihat atau terasa seperti kantong cacing.

Jika varikokel cukup besar, pembuluh darah seperti kantong cacing akan tampak terlihat dengan mata. Jika varikokel terlalu kecil untuk dilihat, biasanya ini bisa dirasakan dengan sentuhan.

5. Penurunan fungsi testis yang mengakibatkan infertilitas

5. Penurunan fungsi testis mengakibatkan infertilitas
Freepik/freepik

Menurut penelitian oleh WHO, varikokel dikaitkan dengan penurunan fungsi testis yang mengakibatkan infertilitas.

Sebanyak 9.034 laki-laki dari 24 negara berpartisipasi dalam penelitian. Hasilnya, varikokel ditemukan pada 25,4 persen dari laki-laki yang mengalami air mani abnormal, sementara varikokel ditemukan pada 11,7 persen dengan air mani normal.

Studi ini juga menemukan bahwa sebagai akibat dari varikokel, 35 persen laki-laki tidak dapat memiliki anak pertama mereka, sementara 69 persen laki-laki berjuang dengan infertilitas sekunder.

Selain itu, dilansir dari Medicine Net, laki-laki yang mengalami varikokel biasanya memiliki produksi testosteron yang lebih rendah atau terganggu. Hal ini menyebabkan laki-laki yang memiliki varikokel mengalami disfungsi ereksi dan penurunan kesuburan.

Itu dia tanda laki-laki mengalami varikokel. Jika kamu mengalami beberapa tanda-tanda di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk