Maca Root untuk Tingkatkan Kesuburan Papa, Mitos atau Fakta?

Maca root memang jarang terdengar, tapi khasiatnya jangan diragukan untuk tingkatkan kesuburan

27 Januari 2022

Maca Root Tingkatkan Kesuburan Papa, Mitos atau Fakta
Freepik

Ada banyak tanaman yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan Papa, salah satunya adalah maca root. Pernahkah Papa mendengar soal tanaman ini?

Maca root adalah sejenis tanaman herbal berbentuk seperti ginseng yang biasanya tumbuh di sekitar pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Walaupun jarang terdengar di Indonesia, akar dari maca disinyalir bermanfaat untuk menambah stamina dan gairah seksual Papa. Tapi, apakah benar?

Sebelum mencobanya, simak dulu informasi dari Popmama.com soal apakah maca root benar berfungsi untuk kesuburan papa.

Benarkah Maca Root Bisa Tingkatkan Kesuburan?

Benarkah Maca Root Bisa Tingkatkan Kesuburan
Pexels/Tima Miroshnichenko
Ilustrasi penyakit penyebab mama sulit hamil dan papa kurang subur.

Jawaban singkatnya benar, Ma. Maca root dianggap sebagai adaptogen, yakni zat alami yang dapat membantu tubuh beradaptasi dalam melawan stres dan penyakit tertentu lantaran mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan.

Terlebih, maca root juga mengandung glucosinolates yang dipercaya sebagai senyawa untuk mempengaruhi kesuburan papa.

Jika demikian, maka apa saja manfaat maca root untuk Papa?

Editors' Picks

1. Menambah stamina dan gairah seksual

1. Menambah stamina gairah seksual
Pixabay/Norexy_art

Beberapa penelitian membuktikan bahwa akar maca root bisa menambah stamina dan gairah seksual papa. Tanaman herbal ini juga terbukti dapat membuat papa lebih tahan lama di ranjang.

Meski manfaatnya menggiurkan, sayangnya manfaat ini tidak bisa papa rasakan secara instan.

Sebuah penelitian di tahun 2010, menyebutkan kalau Papa setidaknya harus mengonsumsi tanaman herbal ini sekitar 6 minggu supaya stamina dan gairah seksualnya meningkat.

2. Menambah kesuburan

2. Menambah kesuburan

Selain menambah stamina dan gairah seksual, manfaat yang kedua adalah menambah kesuburan papa. Cara kerjanya, yakni dengan meningkatkan volume dan kualitas sperma yang kurang sehat.

Seperti yang kita ketahui, kualitas sperma yang baik berpengaruh pada keberhasilan program hamil yang Mama dan Papa sedang laksanakan.

Untuk mendapatkan khasiat ini, konsumsi maca root setidaknya selama 4 bulan. Setelah dikonsumsi rutin selama 4 bulan, nantinya volume, jumlah dan kualitas sperma papa akan bertambah baik.

3. Baik untuk kesehatan

3. Baik kesehatan
Pexels/Amina Filkins

Tak hanya bagus untuk kesuburan, akar maca root juga bagus untuk kesehatan, Ma. Manfaatnya di antara lain, menurunkan tekanan darah, memperkuat fungsi otak, memperbaiki mood, dan melindungi kulit dari sinar UV.

Selain bagus untuk kesuburan dan menambah ketahanan Papa di ranjang, manfaat lain dari tanaman herbal ini cukup menggoda untuk dicoba bukan, Ma?

Cara Penggunaan Maca Root

Cara Penggunaan Maca Root
Pexels/Eva Elijas
Ilustrasi macaroot

Untuk bisa mendapatkan khasiat dari tanaman ini, maca root dapat dikonsumsi dalam bentuk serbuk, kapsul, maupun dicampur dalam minuman. Saat ini juga sudah banyak suplemen mengandung maca root yang dijual di pasaran.

Meski berkhasiat, penggunaan maca tidak boleh sembarangan. Dikutip dari laman Parenting Firstcry, dosis penggunaannya adalah 1,5 sampai 5 gram per hari dan sebaiknya dikonsumsi sebelum jam 3 sore. Itu untuk mencegah Papa sulit tidur akibat efek dari maca root.

Tidak hanya itu, pastikan juga papa memilih suplemen maca root yang sudah mengantongi izin edar dari BPOM. Itu untuk memastikan suplemen herbal yang Papa konsumsi sudah aman untuk dikonsumsi dan terjamin keasliannya.

Kesimpulannya, maca root benar dapat meningkatkan kesuburan, menambah stamina di ranjang, dan menambah kesehatan pada Papa.

Tapi, penggunaannya tetap harus diperhatikan dengan seksama agar tidak terlalu berlebihan dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk