Saran dari Obgyn, Ini 6 Posisi Seks yang Lebih Berpeluang Cepat Hamil

Posisi berhubungan ternyata juga memiliki peran penting, Ma, Pa

24 Mei 2021

Saran dari Obgyn, Ini 6 Posisi Seks Lebih Berpeluang Cepat Hamil
Pexels/William Fortunato

Setelah menikah, hal selanjutnya yang dinantikan oleh kebanyakan pasangan adalah memiliki keturunan. Jika Mama tengah merencanakan program kehamilan, Mama harus memerhatikan apa saja yang perlu disiapkan sebelumnya.

Ada banyak cara yang bisa dijadikan penentu Mama dan Papa dalam mendapatkan buah hati, mulai dari usia dan kondisi kesehatan kedua belah pihak, serta mengatur posisi seks semaksimal mungkin.

Dilansir dari IFVMD, beberapa dokter obgyn menyebutkan bahwa posisi tertentu saat berhubungan intim dapat membuat sperma lebih memungkinkan untuk mencapai sel telur dan konsepsi dimulai.

Untuk menambah peluang Mama agar lebih cepat hamil, berikut Popmama.com telah merangkum 6 posisi seks yang disarankan dokter obgyn dalam meningkatkan peluang program kehamilan.

1. Posisi kaki di atas bahu buat spema menjadi lebih mudah melewati serviks

1. Posisi kaki atas bahu buat spema menjadi lebih mudah melewati serviks
Freepik/lookstudio

Jennifer Landa, MD, dokter obgyn untuk BodyLogicMD di Orlando menyebutkan bahwa posisi berikut menjadi posisi sederhana tetapi dapat membantu percepat kehamilan.

Landa menyarankan untuk Mama berbaring dan meletakan kaki di atas bahu Papa. Dengan begitu, penis Papa akan tertarik ke vagina Mama karena adanya gravitasi, setelah ejakulasi akan membuat spema menjadi lebih mudah melewati serviks.

2. Gaya misionaris, klasik namun selalu jadi andalan

2. Gaya misionaris, klasik namun selalu jadi andalan
freepik.com/yanalya

Mirip dengan posisi sebelumnya, gaya misionaris juga terbukti keberhasilannya dalam mempercepat kehamilan. Penelitian mengungkapkan, posisi misionaris dapat membuahi sel telur secara langsung dan lebih cepat.

Scott Roseff, MD, ahli endokrinologi reproduksi IVFMD di Boca Raton menyebutkan bahwa dari semua posisi seks, gaya misionaris menjadi peluang suksesnya kehamilan.

Dr. Roseff mengatakan, posisi ini memiliki kemungkinan terbesar untuk menyelaraskan serviks dengan ujung atas vaginanya ke tempat air mani berkumpul setelah ejakulasi. Memiliki bukaan serviks yang begitu dekat dengan sperma  akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan lebih banyak sperma ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Ketika Papa berada di atas Mama saat berhubungan seks, sperma akan dengan mudah masuk ke dalam serviks lalu diperlancar oleh cairan pelindung vagina.

Posisi seks ini juga menjadi posisi favorit kebanyakan perempuan lantaran tidak terlalu mengeluarkan energi ketika melakukan gaya misionaris

Editors' Picks

3. Woman on top terbalik untuk kontrol kedalaman penis

3. Woman on top terbalik kontrol kedalaman penis
Freepik/bearfotos

Bosan dengan posisi yang itu-itu aja?

Mama bisa bergantian dengan Papa yakni memposisikan diri pada bagian atas Papa atau woman on top. Namun yang berbeda adalah posisikan diri Mama membelakangi wajah Papa.

Posisi ini dianggap dapat mengontrol kedalaman penis, sehingga para perempuan dapat mengatur penetrasi lebih dalam, serta bermanfaat bagi perempuan yang memiliki rahim terbalik.

Dr. Landa kembali menjelaskan, posisi ini dapat membuat Mama mengontrol kedalaman penetrasi untuk memastikan serviks berada tepat di atas penis saat ejakulasi. Sehingga posisi ini menjadi saran terbaik untuk meningkatkan peluang kehamilan.

4. Posisi gunting saling berhadapan memudahkan sperma menuju pembuahan

4. Posisi gunting saling berhadapan memudahkan sperma menuju pembuahan
Freepik/Racool_studio

Saat melakukan posisi ini, miringkan posisi badan Mama dan Papa agar saling berhadapan.

Sementara itu, saat penetrasi posisikan kaki saling menyilang dan mengapit layaknya gunting. Pasangan dalam posisi miring dan saling berhadapan. 

Posisi ini dipercaya menjadi posisi yang akan menambah suasana romantis dan intens antara Mama dan Papa. Selain itu, posisi gunting berhadapan juga dipercaya lebih meningkatkan kehamilan karena kemudahan sperma menuju pembuahan.

5. Wheelbarrow untuk capai penetrasi yang sangat baik

5. Wheelbarrow capai penetrasi sangat baik
Freepik/cookie_studio

Posisi wheelbarrow terlihat mirip dengan posisi doggy juga bisa Mama dan Papa coba untuk mempercepat peluang kehamilan.

Posisi yang melibatkan merangkak ketika Papa mengangkat kaki dan memasuki Mama dari belakang ini memang membutuhkan energi yang cukup, Ma, Pa.

Itulah mengapa posisi tersebut disebut posisi yang tidak mudah, tetapi memiliki peluang yang besar karena akan memberikan Mama kedalaman penetrasi yang sangat baik dan akses langsung air mani lebih dekat ke dalam serviks.

6. Doggy style selalu jadi kunci dapatkan peluang hamil

6. Doggy style selalu jadi kunci dapatkan peluang hamil
Freepik/cookie_studio

Seperti posisi seks sebelumnya, posisi satu ini memang masih menjadi posisi yang disukai pasangan suami istri.

Doggy style sendiri juga menjadi salah satu posisi yang bisa mempercepat kehamilan, hal ini karena posisi Papa akan memungkinkan untuk memperdalam saat penetrasi.

Menurut Dr. Landa, Doggie style menjadi posisi yang baik untuk mencoba hamil karena memiliki kedalaman penetrasi yang sangat baik, yakni dengan meletakkan kepala penis tepat di bukaan serviks atau sperma yang akan dilepaskan dalam posisi lebih optimal melalui serviks.

Beberapa mengasumsikan, jika semakin dekat ejakulasi dengan bukaan serviks, maka akan semakin lebih baik dalam meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan seorang perempuan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Mama dan Papa yang tengah menantikan kehadiaran buah hati ya.

Selamat bersenang-senang dan mencobanya, Ma, Pa. Semoga dapat meningkat peluang kehamilan untuk Mama dan Papa yang tengah menantikan si Kecil ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.