Ini Ma, 6 Tanda Tidak Subur pada Perempuan!

Kenali apa saja tanda tidak subur pada perempuan yuk Ma agar Mama tahu apa yang harus diambil!

24 Januari 2019

Ini Ma, 6 Tanda Tidak Subur Perempuan
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Salah satu satu tanda pasangan tidak subur adalah tidak bisa hamil meski telah melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi selama 6-12 bulan Ma.

Meski ini tidak menjadi satu-satunya acuan, Mama disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui tingkat kesuburan Mama dan juga pasangan.

Sebab diperkirakan 1 dari 8 pasangan harus menghadapi ketidaksuburan atau infertilisasi. Meski tanda tidak subur pada perempuan berikut ini tidak bisa dijadikan satu-satunya pedoman, ada baiknya Mama mengenali apa saja tandanya.

Dilansir dari She Knows, berikut beberapa tanda ketidaksuburan perempuan yang bisa dikenali:

1. Menstruasi terasa begitu menyakitkan

1. Menstruasi terasa begitu menyakitkan
Freepik/Rawpixel.com

Jika Mama merasakan nyeri yang luar biasa saat menstruasi dan benar-benar harus beristirahat atau tidak bisa menjalani aktivitas seperti biasa karena kesakitan, bisa jadi Mama kurang atau tidak subur.

Dr Meike Uhler, MD, spesialis kesuburan di Fertility Center of Illinois mengatakan apa yang dialami Mama tersebut bisa juga menjadi pertanda dari endometriosis.

Mama ingin tahu apa itu endometriosis? Endometriosis merupakan  kondisi dimana dinding rahim tumbuh di luar dan memengaruhi setengah dari wanita yang tidak subur atau mandul

2. Menstruasi yang tidak teratur

2. Menstruasi tidak teratur
Freepik

Menstruasi yang tidak teratur atau bahkan tidak menstruasi sama sekali bisa menjadi pertanda ketidaksuburan Ma.

Jika Mama memiliki siklus yang lebih lama dari 35 hari ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Atau jika Mama mengalami menstruasi yang sering ataupun kurang karena ini bisa juga menjadi pertanda permasalah ovulasi lain.

3. Tangan dan kaki selalu dingin

3. Tangan kaki selalu dingin
Freepik

Jika tangan dan kaki Mama selalu dingin, disarankan untuk periksa kadar hormon tiroid sesegera mungkin. Karena menurut Dr. Meike Uhler, tangan dan kaki yang dingin bisa menjadi salah satu pertanda dari hypothyroidism atau kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Nah,  hal ini bisa memengaruhi ovulasi Mama menjadi tidak teratur dan memengaruhi siklus menstruasi.

Jadi segera periksa ke dokter ya Ma terlebih jika gejala lain seperti konstipasi, kulit kering dan lelah secara terus menerus juga Mama rasakan.

Editors' Picks

4. Keluar cairan dari puting

4. Keluar cairan dari puting
Freepik

Keluarnya cairan dari puting payudara saat tidak sedang menyusi juga bisa menjadi pertanda Ma. Sebab keluarnya cairan dari puting bisa menjadi pertanda dari hyperprolactinemia, yaitu kondisi dimana tubuh memproduksi terlalu banyak hormon prolaktin, atau hormon menyusui.

Nah,  apabila kadar prolaktin dalam tubuh terlalu tinggi, maka keseimbangan hormon akan turut terpengaruhi  dan bisa “memerintahkan” ovarium untuk berhenti berproduksi.  

Jadi, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter jika Mama merasakan adanya cairan yang keluar dari puting payudara disaat Mama sedang tidak sedang menyusui.

Baca juga: Ketahui Ma, 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kesuburan Perempuan!

Baca juga: 4 Hal Tentang Haid yang Menunjukan Tingkat Kesuburan Kamu

Baca juga: Yuk Berubah! 7 Kebiasaan Mama Milenial Ini Tak Sehat Bagi Kesuburan

5. Mama sangat gemuk

5. Mama sangat gemuk
Freepik/Rawpixel.com

Jika IMT atau indeks masa tubuh Mama mencapai 30-40, maka Mama termasuk ke kategori obesitas. Nah, menurut American Society of Reproductive Medicine, obesitas memengaruhi tingkat kesuburan lho Ma.

Data yang tercatat, obesitas menjadi penyebab 6 persen dari ketidaksuburan. Sebab hormone reproduksi dapa tersimpan di lemak tubuh dan mengacaukan kinerja otak dalam memerintahkan ovarium berovulasi.

Jadi jika Mama mengalami obesitas dan ingin segera memiliki anak, turunkan berat badan yuk Ma agar peluang hamil menjadi lebih besar.

6. Munculnya bulu di wajah

6. Muncul bulu wajah
Freepik

Munculnya bulu di tempat tak terduga seperti wajah atau mengalami kebotakan bisa menjadi pertanda Mama kurang subur. Sebab, apa yang disebutkan tadi merupakan penanda utama dari  PCOS, atau polycystic ovary syndrome.

Kondisi yang menyebabkan hormon reproduksi kacau ini bisa menggangu kemampuan ovarium membuat atau melepaskan sel telur Ma.

Menurut Womenshealth, PCOS menjadi salah satu penyebab perempuan tidak subur atau infertilisasi namun kabar baiknya, hal ini bisa diobati.