Benarkah Kacang Kenari Bisa Bantu Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki?

Cari tahu juga cara terbaik mengonsumsi kacang kenari

29 Juli 2021

Benarkah Kacang Kenari Bisa Bantu Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki
Freepik/Racool_studio

Beragam cara mungkin sudah dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pada kaum laki-laki. Mulai dari menjaga berat badan ideal, rutin melakukan olahraga, menghindari stres, hingga menerapkan gaya hidup sehat.

Tapi tak hanya itu saja lho, Mama dan Papa juga harus menjaga pola makan serta mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti kacang kenari.

Banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi kacang kenari bisa membantu meningkatkan kesuburan laki-laki. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam kacang kenari dianggap mampu memperbaiki kerusakan sel sperma serta meningkatkan kualitas sperma pada laki-laki.  

Benarkah seperti itu, Ma? Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama.

Editors' Picks

1. Nutrisi yang terkandung dalam kacang kenari

1. Nutrisi terkandung dalam kacang kenari
Pixabay/congerdesign

Kacang kenari memiliki nama latin Canarium Ovatum. Kacang ini memiliki bentuk yang khas dimana permukaannya tidak beraturan dan mirip seperti otak manusia.

Kacang kenari mengandung banyak asam lemak sehat, protein, serat serta mineral sehat lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh. Selain itu, kacang kenari juga memiliki lebih banyak lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, Kementerian Kesehatan, dalam 100 gram kacang kenari mengandung:

  • Air                    : 3.0 g
  • Energi              : 657 Kal
  • Protein             : 15.0 g
  • Lemak             : 66.0 g
  • Karbohidrat     : 13.0 g
  • Kalsium           : 92 mg
  • Kalium             : 505,8 mg
  • Fosfor              : 691 mg

Kacang ini juga mengandung zat besi, serta vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Bagaimana kacang kenari bisa membantu meningkatkan kesuburan laki-laki?

2. Bagaimana kacang kenari bisa membantu meningkatkan kesuburan laki-laki
Pixabay/Thomas Breher

Hasil penelitian terbaru mengatakan, kacang kenari bisa membantu mengatasi masalah kesuburan terutama pada laki-laki. Asam lemak yang terkandung di dalamnya, dapat membantu memperbaiki kerusakan sel sperma dan meningkatkan vitalitas secara signifikan.

Kandungan antioksidan dalam kacang kenari juga membantu tubuh dalam menangkal efek radikal bebas serta mengurangi kerusakan organ reproduksi seperti testis.

Dikutip dari Verywell Family, dalam sebuah penelitian diketahui laki-laki yang mengonsumsi 75 gram kacang kenari setiap harinya selama 12 minggu, mengalami peningkatan vitalitas, gerakan dan bentuk sperma. Selain itu, ditemukan lebih sedikit kelainan kromosom pada sampel sperma laki-laki tersebut.

Mengonsumsi kacang kenari secara rutin dapat mencegah dampak buruk dari makanan lainnya yang mengancam kesehatan sperma. Dengan sperma yang sehat, tentunya tingkat kesuburan laki-laki juga akan meningkat ya, Ma.

Selain membantu meningkatkan kesuburan pada laki-laki, kacang kenari juga bagus untuk kesehatan lho, Ma. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsi kacang kenari secara rutin, dilansir dari Healthline.

  • Urolithin yang dihasilkan dari mengonsumsi kacang kenari bersifat seperti hormon yang memungkinkan mereka memblokir reseptor hormon di dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker terutama kanker prostat dan payudara.
  • Mengonsumi kacang kenari bisa meningkatan kinerja bakteri baik dalam usus, sehingga usus jadi lebih sehat.
  • Kacang kenari membantu menurunkan tekanan darah terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi.
  • Kandungan omega 3, antioksidan serta proteinnya membantu mendukung kesehatan jantung.
  • Polifenol yang terkandung dalam kacang kenari dapat mengurangi peradangan serta menurunkan stres.

3. Cara terbaik mengonsumsi kacang kenari

3. Cara terbaik mengonsumsi kacang kenari
Pexels/Anna Tarazevich

Kacang kenari mudah ditemukan karena banyak dijual di pasar tradisional maupun pasar modern. Saat membelinya, sebaiknya pilih kacang kenari yang berwarna cokelat terang. Kacang kenari yang bagus biasanya tidak terdapat retak pada permukaan kulit serta tidak memiliki bintik hitam dan jamur.

Dikutip dari Verywell Family, Mama dan Papa bisa mengonsumsi segenggam kacang kenari sebagai camilan sehat setiap harinya.

Mama disarankan untuk merendam dahulu kacang kenari dalam semangkuk air. Tujuannya agar bahan kimia yang terdapat pada kulit kacang kenari bisa hilang. Sangrai kacang kenari supaya lebih awet dan tidak mudah berjamur lalu simpan ke dalam wadah kedap udara.

Selain dikonsumsi secara langsung, kacang kenari bisa juga lho ditambahkan ke dalam olahan makanan yang Mama buat. Misalnya menambahkan kacang kenari sebagai topping yoghurt, menaburkannya ke dalam salad, atau mengolahnya menjadi cemilan sehat lainnya.

Tapi perlu diingat ya Ma, jangan menambahkan terlalu banyak garam dan gula ke dalam olahan kacang kenari.

Nah itulah tadi informasi mengenai kacang kenari yang bisa membantu meningkatkan kesuburan laki-laki.

Mama dan Papa boleh kok mengonsumsi kacang kenari secara rutin. Jangan ragu lagi ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.