Cara Konsumsi Buah Parijoto untuk Program Hamil

Buah parijoto dipercaya berkhasiat untuk mereka yang sedang menjalani program hamil

8 November 2021

Cara Konsumsi Buah Parijoto Program Hamil
shopee.co.id

Banyak usaha yang dapat dilakukan untuk program hamil. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah parijoto. Parijoto dipercaya manjur untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Buah ini tidak sepopuler dengan buah-buahan lainnya seperti mangga, jeruk, atau pepaya. Mama mungkin baru pertama kalinya mendengar nama buah parijoto.

Jika berkunjung atau melakukan ziarah ke berziarah ke makan Sunan Muria di daerah Colo, Kudus, Mama dapat menemukan buah parijoto tumbuh lebat di sana. Buah ini dikenal juga dengan sebutan buah Sunan Muria.

Lantas, bagaimana cara konsumsi buah parijoto untuk program hamil? Yuk, simak rangkuman informasinya di ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Apa Itu Buah Parijoto?

Apa Itu Buah Parijoto
Wikimedia/Alberto Salguero

Parijoto atau parijata adalah buah yang berasal dari tanaman liar. Memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa, buah ini sering ditemukan di Indonesia dan Filipina. Karena bentuknya yang kecil dan berwarna ungu, parijoto sering dianggap mirip dengan buah anggur. 

Mungkin Mama belum pernah mendengar nama buah ini. Buah parijoto tumbuh lebat di dekat makan Sunan Muria di Kudus.

Bagi sebagian orang, buah ini dipercaya manjur untuk meningkatkan peluang hamil bagi mereka yang selama ini kesulitan punya momongan. 

Meski sekarang sudah banyak yang membudidayakannya, sebenarnya parijoto adalah tanaman semak yang hidup liar. Mereka tumbuh di ketinggian 800-2.300 mdpl dan juga di hutan hujan tropis. 

Editors' Picks

Khasiat Buah Parijoto

Khasiat Buah Parijoto
Pexels/ RODNAE Production

Buah parijoto mengandung tanin, flavonoid, dan saponin. Flavonoid memiliki manfaat lain untuk menghambat penyebaran tumor, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta menghambat aktivitas enzim yang memicu peradangan dan penyakit pada sistem imun.

Secara turun temurun masyarakat di sekitar Kudus meyakini kandungan yang terdapat pada buah parijoto bisa bermanfaat bagi kesuburan. Seperti meningkatkan kesuburan hormonal pada perempuan hingga menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Ini berkat beta karoten yang ada pada buah parijoto.

Beta karoten sendiri merupakan vitamin A yang bila dikonsumsi dapat bermanfaat untuk melindungi sel telur dari kerusakan radikal bebas.

Selain itu, beta karoten juga bermanfaat untuk melindungi DNA dan membantu memperbaiki kualitas sperma pria. 

Flavonoid, beta karoten, tanin, dan saponin pada buah ini juga dapat meningkatkan kualitas sel telur agar kehamilan bisa terjadi. 

Bagaimana Cara Konsumsi Buah Parijoto untuk Program Hamil?

Bagaimana Cara Konsumsi Buah Parijoto Program Hamil
wikimedia.org

Buah parijoto memiliki rasa asam. Jika Mama tidak tahan dengan rasa asam, ada beberapa cara untuk mengonsumsinya, seperti:

  • Rujak, rasanya yang asam, segar dan sedikit sepat, buah parijoto memang paling cocok dimakan sebagai rujak. Mama dapat mengonsumsinya dengan buah lain ya, tinggal tambahkan buah parijoto saja.
  • Campuran es krim. Jika Mama membuat es krim rasa buah, parijoto dapat ditambahkan agar es krim terasa asam dan segar.
  • Spring roll buah. Ini semacam lumpia dengan isian buah. Untuk kulit lumpia, Mama dapat menggunakan rice paper roll dan menggunakan segala macam buah, salah satunya parijoto.
  • Sup buah. Mengonsumsi sup buah segar di tengah udara yang panas pasti menyegarkan. Mama juga dapat menambahkan buah parijoto.
  • Sari buah parijoto yang diminum seperti sirup.
  • Permen dan keripik parijoto.

Yang Harus Diperhatikan saat Mengonsumsi Buah Parijoto

Yang Harus Diperhatikan saat Mengonsumsi Buah Parijoto
Pexels/Sam Lion

Buah parijoto dipercaya bermanfaat bagi pasangan yang sedang dalam program hamil. Meski bermanfaat, segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan tidak baik ya, Ma.

Ketika Mama atau suami mengonsumsi buah ini, konsumsilah dalam jumlah sedang atau cukup. Untuk mendapatkan nutrisi lain, buah parijoto sebaiknya dikonsumsi dengan buah atau makanan lain juga.

Jika Mama belum pernah mengonsumsi buah ini sebelumnya, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dengan dokter. Bila dokter memperbolehkan, maka sebaiknya mengonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan perhatikan apakah ada reaks alergi.

Bila mengalami reaksi alergi seperti mual, muntah, atau tanda alergi lainnya, hentikan konsumsi buah ini. 

Meski buah parijoto dipercaya dapat meningkatkan peluang kehamilan, jangan dikonsumsi secara berlebihan ya, Ma. Selain itu, terapkan pola hidup sehat dan hindari stres untuk meningkatkan keberhasilan program hamil.

Apakah Mama sudah pernah mencoba dan merasakan khasiat buah parijoto? Yuk, komen di bawah ini, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.