Tak Hanya Ibu Hamil, Asam Folat juga Penting untuk Kesuburan Laki-Laki

Yuk, penuhi kebutuhan asam folat harian untuk meningkatkan kesuburan

16 Oktober 2020

Tak Ha Ibu Hamil, Asam Folat juga Penting Kesuburan Laki-Laki
Freepik

Asam folat digunakan dalam membantu tubuh memproduksi dan menjaga sel-sel baru, khususnya pada saat sel-sel tersebut dipisahkan. Ibu hamil membutuhkan asam folat untuk menurunkan risiko cacat lahir pada bayi.

Namun ternyata, asam folat juga bermanfaat untuk laki-laki terutama untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, konsumsi asam folat juga dapat mengurangi risiko anemia, penyakit jantung, mengatasi depresi, serta mencegah kanker.

Yuk, cari tahu lebih lanjut manfaat asam folat bagi kesuburan laki-laki pada artikel Popmama.com berikut ini!

Apa itu Asam Folat?

Apa itu Asam Folat
Freepik/timolina

Asam folat digunakan untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida. Konsumsi asam folat selama kehamilan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dikenal juga dengan sebutan vitamin B9, asam folat digunakan untuk membantu tubuh memproduksi dan menjaga sel-sel baru, khususnya pada saat sel-sel tersebut dipisahkan. Tanpa adanya vitamin B9 atau asam folat ini, tubuh tidak dapat memproduksi DNA dan sel darah merah.

Editors' Picks

Manfaat Asam Folat untuk Kesuburan Laki-Laki

Manfaat Asam Folat Kesuburan Laki-Laki
Pixabay/TBIT

Asam folat diketahui sangat baik untuk ibu hamil guna mencegah cacat lahir pada janin. Tetapi ternyata, ini juga bermanfaat bagi laki-laki terutama untuk meningkatkan kesuburan.

Kadar asam folat di dalam tubuh laki-laki berguna untuk menjaga kesehatan sel sperma yang diproduksi oleh para laki-laki. Mencukupi kebutuhan asam folat pada laki-laki akan membantu meningkatkan jumlah sel sperma di dalam tubuh.

Oleh karenanya, agar mendapatkan kualitas sperma yang sehat, laki-laki harus lebih banyak mengonsumsi asupan makanan yang mengandung asam folat.

Produksi sel sperma yang tidak normal (aneuploidity) juga dapat dihindari dengan pemenuhan asam folat. Asam folat akan membantu membentuk sperma yang lebih sehat. Sperma yang tidak normal biasanya bisa mengakibatkan masalah abnormalitas pada kromosom yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Selain meningkatkan kesuburan, konsumsi asam folat juga memberikan manfaat lain seperti:

  • Mencegah anemia,
  • menurunkan risiko penyakit jantung
  • mencegah kanker,
  • mengatasi depresi.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan Mengandung Asam Folat
Freepik

Kebutuhan asam folat tiap laki-laki berbeda-beda, tergantung pada usianya. Laki-laki yang berusia di atas 13 tahun membutuhkan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari.

Pemenuhan asam folat dapat diperoleh dari makanan berikut ini:

  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau, misalnya asparagus, sawi hijau, bayam, kale dan brokoli
  • Buah-buahan, seperti pisang, alpukat, melon, persik, dan jeruk
  • Hati sapi
  • Bit
  • Makanan yang difermentasi, seperti tempe

Apakah Perlu Mengonsumsi Suplemen Asam Folat?

Apakah Perlu Mengonsumsi Suplemen Asam Folat
freepik/serg60

Selain dari makanan, suplemen juga dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian. Namun sebaiknya ini dilakukan dengan anjuran dokter. Pasalnya, konsumsi asam folat secara berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B12 yang akan berefek pada kesehatan.

Dosis asam folat yang terlalu tinggi juga dapat merusak DNA sintesis di dalam sperma. Jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan asam folat sesuai kebutuhan atau seperti yang disarankan oleh dokter.

Pemenuhan asam folat dari makanan tentu lebih aman karena suplemen berpotensi untuk berinteraksi dengan obat-obatan lain yang dikonsumsi.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, diskusikan dulu dengan dokter, ya!

Itu dia manfaat asam folat untuk kesuburan laki-laki. Asam folat tidak cuma baik untuk ibu hamil, namun bermanfaat juga bagi kesuburan laki-laki, terutama yang sedang dalam program memiliki anak. Jadi, pastikan kebutuhan asam folat harian terpenuhi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.