Pasangan Suami Istri Wajib Kenali Ciri-Ciri Perempuan Mandul Ini

Jangan sampai salah tebak, perhatikan ciri-cirinya

21 Mei 2019

Pasangan Suami Istri Wajib Kenali Ciri-Ciri Perempuan Mandul Ini
Pexels/Rawpixel

Kemandulan atau yang kerap disebut infertilitas adalah kegagalan bagi pasangan suami istri untuk memiliki keturunan sesudah berusaha selama satu tahun bahkan lebih melakukan hubungan intim.

Ini termasuk hal yang sangat ditakutkan oleh semua perempuan, bahkan pasangan yang ingin memiliki keturunan pun ikut takut. Namun terkadang lelaki juga bisa mengalaminya. Oleh karena itu, kamu wajib mengenali beberapa ciri-ciri perempuan mandul berikut ini.

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum ciri-ciri perempuan mandul yang mudah diidentifikasi berdasarkan mengutip dari laman healthline.com dan berbagai sumber lainnya.

1. Siklus haid tidak lancar atau bahkan berhenti

1. Siklus haid tidak lancar atau bahkan berhenti
Unsplash/Estée Janssens

Tak lancarnya siklus menstruasi ternyata dapat menjadi pertanda kuat adanya masalah ketidaksuburan pada seorang perempuan. Umumnya haid yang tak lancar timbul karena adanya masalah di ovulasi.

Apabila siklus menstruasi terlalu singkat (kurang dari 21 hari) atau sebaliknya terlalu panjang (lebih dari 35 hari), sudah seharusnya kamu segera berkonsultasi.

Selain itu, tak pernah mengalami (atau berhenti) menstruasi pun pasti bisa jadi ciri-ciri perempuan mandul dan akan sulit hamil karena tidak terjadi ovulasi di dalam tubuhnya.

Ketahui kapan sekiranya kamu akan memasuki masa ovulasi dengan menggunakan Popmama Tools - Ovulation Calculator.

2. Menstruasi berat

2. Menstruasi berat
arwini.com

Menstruasi berat adalah ciri-ciri hormon yang tak seimbang. Bisa dikarenakan stres, cemas, khawatir, dan permasalahan kognitif lainnya. Kelebihan darah saat sedang menstruasi pun berpotensi menyebabkan kemandulan. Menstruasi berat juga disebut menorrhagia, saat mengalami ini seorang perempuan akan mengeluarkan banyak darah.

3. Berat badan naik dengan cepat

3. Berat badan naik cepat
Unsplash/i yunmai

Perempuan yang tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan dapat terjadi karena PCOS. Inilah yang membuat kadar androgen yang sangat tinggi. Lalu produksi insulin pun menjadi lebih tinggi.

Ketidakstabilan hormon ini sangat berat untuk tubuh yang mana membuat tubuh perempuan memiliki metabolisme jauh lebih berat. Inilah yang membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk dibandingkan yang lainnya.

Baca juga:

Editors' Picks

4. Menstruasi sangat sakit

4. Menstruasi sangat sakit
obatpelancarmenstruasi.com

Sakit yang dirasakan ketika wanita dalam periode menstruasi tak bisa disebutkan dengan jelas apakah memang ciri ciri perempuan mandul atau hal lainnya.

Masalah ini sebenarnya wajar-wajar saja, bahkan kerap dialami beberapa wanita. Namun ada baiknya jika rasa sakit berkelanjutan segera diperiksakan ke dokter.

5. Mengalami Endometriosis

5. Mengalami Endometriosis
netdoctor.co.uk

Kram ketika haid memang tak selalu mengindikasikan kalau seorang perempuan tidak subur.

Tetapi jika kamu mengalami beberapa tanda-tanda yang terasa memilukan sebagai berikut:

  • Kram haid yang cukup parah,
  • kesakitan ketika berhubungan intim,
  • pendarahan abnormal,
  • sakit di area dubur hingga keluar darah ketika buang air kecil,

maka bisa jadi itu termasuk gejala dari endometriosis.

Lalu gejala inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab mengapa seorang perempuan mengalami kemandulan atau susah punya anak.

6. Banyak rambut pada tubuh

6. Banyak rambut tubuh
rd.com

Biasanya perempuan yang memiliki rambut lebih sedikit jika dibandingkan pria. Namun saat produksi androgen di dalam tubuh sangat tinggi, maka seorang perempuan pun dapat memiliki rambut halus yang lebih banyak.

Jenis rambut ini lebih banyak ditemukan di bagian atas bibir, wajah, pergelangan tangan, ketiak, dada dan perut. Jika sudah ditemukan gejala ini, maka androgen dalam tubuh bisa saja sangat tinggi dan harus segera diobati.

Jadi, kamu harus tahu betul apakah mengalami ciri-ciri perempuan mandul atau hanya gejala yang masih dikatakan normal saja. Jika masih bingung, kamu bisa hubungi dokter untuk berkonsultasi.

Baca juga: Waspadai Tanda-tanda Mandul Saat Ingin Menjalani Program Hamil

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!