Kaya Serat, Ini 5 Manfaat Beras Merah untuk Program Hamil

Yuk beralih dari nasi putih ke nasi merah demi kesehatan kesuburan dan janin yang dikandung Mama

22 Juni 2020

Kaya Serat, Ini 5 Manfaat Beras Merah Program Hamil
Freepik

Dalam masa program hamil bahkan hingga saat hamil, penting untuk menjaga keseimbangan gizi dan nutrisi dari apa yang dikonsumsi sehari-hari. Kini, apapun yang Kamu makan akan berdampak pada kesehatan kesuburan.

Apabila biasanya Kamu mengonsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat sehari-hari, ketika dalam masa program hamil, Kamu bisa mempertimbangkan untuk beralih mengonsumsi nasi merah. Nasi yang terbuat dari beras merah terbukti secara klinis dapat meningkatkan kesuburan dan serangkaian manfaat kesehatan lainnya.

Berikut Popmama.com merangkum manfaat beras merah untuk program hamil, dilansir dari babyment.com:

1. Meningkatkan kesuburan

1. Meningkatkan kesuburan
Freepik

Beras merah tinggi serat dan vitamin B. Karenanya, beras merah baik dikonsumsi untuk mengendalikan gula darah dan meningkatkan kesuburan. Seratnya dicerna lebih lambat ketimbang nasi putih. 

Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik, yang dapat melancarkan siklus ovulasi perempuan. Kesuburan perempuan pun meningkat karenanya. Konsumsi rutin beras merah dipercaya dapat menurunkan risiko infertilitas anovulasi.

Editors' Picks

2. Mengelola gangguan suasana hati

2. Mengelola gangguan suasana hati
Freepik

Secara tak langsung, beras merah bermanfaat bagi kesehatan mental. Karena perubahan hormon dan kecemasan, sangat mudah bagi wanita yang menjalani program hamil untuk merasa stres atau tertekan secara emosional. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teratur beras merah dapat membantu mengelola gangguan mood, tahap-tahap depresi, hingga kelelahan.

Selain mengonsumsi beras merah, pastikan Kamu mengelola stres dengan lebih baik ya.

3. Bermanfaat untuk otak dan sistem saraf

3. Bermanfaat otak sistem saraf
medikoe.com

Beras merah bermanfaat untuk pengembangan otak dan sistem saraf. Kaya akan vitamin B yang mempercepat metabolisme di otak. 

Nasi dari beras merah juga sangat kaya akan magnesium. 150 gram beras merah mengandung 73,5 mg magnesium. Magnesium membantu mengatur saraf dan tonus otot. Ketika hamil, tubuh kamu  membutuhkan vitamin B dan magnesium untuk menjaga saraf dan otot agar tetap rileks. Maka penting untuk mengonsumsinya saat sedang program hamil agar memiliki cadangan vitamin B di dalam tubuh.

4. Mengontrol gula darah

4. Mengontrol gula darah
Unsplash/Charles Koh

Seperti yang dibahas sebelumya, beras merah tinggi serat. Serat yang terdapat dalam beras merah membantu untuk mengontrol gula darah dan membuat kenyang lebih lama. 

Sementara kadar gula darah yang tinggi dapat menurunkan tingkat kesuburan. Mengonsumsi beras merah dapat menurunkan kadar gula darah dan membuat gula darah tetap stabil.

5. Mengontrol berat badan

5. Mengontrol berat badan
food.ndtv.com

Nasi dari beras merah dapat mengontrol berat badan. Ini dikarenakan karbohidrat kompleks yang membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan mereka dari makan berlebihan. 

Terlalu gemuk biasanya membuat seorang wanita lebih sulit hamil. Maka penting untuk selalu mengontrol berat badan dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Nah, itulah manfaat beras merah untuk program hamil. Melihat begitu banyaknya manfaat nasi dari beras merah untuk meningkatkan kesuburan, yuk mulai sekarang beralih ke nasi beras merah, Ma. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.