7 Ide Memanjakan Diri untuk Ibu Hamil selama Pandemi

Lakukan 7 kegiatan menyenangkan ini selama kehamilan di rumah saja

13 Desember 2020

7 Ide Memanjakan Diri Ibu Hamil selama Pandemi
Unsplash/JonathanBorba

Kehamilan bagai masa tunggu yang dipenuhi dengan rentetan persiapan menyambut buah hati. Terlebih saat masa pandemi, di mana Mama harus tetap di rumah saja sepanjang tahun untuk menjaga diri dan janin agar tidak tertular wabah COVID-19.

Keterbatasan ini mungkin membuat Mama jenuh, bahkan stress. Untuk itu, Popmama.com akan membagikan rekomendasi kegiatan ibu hamil yang bisa Mama lakukan untuk memanjakan diri agar tetap dalam suasana hati yang baik selama masa kehamilan meski hanya di rumah saja. Yuk, simak informasinya!

1. Pijat dan spa khusus ibu hamil

1. Pijat spa khusus ibu hamil
Pexels/cottonbro

Merasa rileks, cantik, dan nyaman setelah memanjakan diri di salon tetap bisa dirasakan meski di rumah aja lho, Ma!

Pada masa pandemi ini, sangat banyak gerai pusat kecantikan yang menyediakan paket lengkap layanan datang ke rumah. Mulai dari pijat, lulur, manicure/pedicure, cream bath, hingga potong rambut, semua ada dan bisa dilakukan dengan aman di rumah.

2. Pesan tenaga kebersihan ahli

2. Pesan tenaga kebersihan ahli
Pexels/MatildaWormwood

Mama senang lingkungan rumah bersih dan kinclong? Coba lakukan hal yang satu ini! Jika biasanya harus lelah dan repot membersihkan rumah setiap hari, manjakan diri dengan sesekali memesan tenaga kebersihan ahli untuk membersihkan seisi rumah!

Selain lebih bersih karena dilakukan oleh tenaga ahli yang lebih banyak, keadaan rumah juga menjadi lebih nyaman dan steril untuk ditempati selama karantina bersama pasangan atau keluarga.

Editors' Picks

3. Tidur siang istimewa

3. Tidur siang istimewa
Pexels/DariaShevtsova

Buat momen singkat tidur siang menjadi rutinitas yang menyenangkan dan intim.

Mulai modifikasi dekorasi kamar tidur, gunakan wewangian ruangan atau tubuh yang memberi efek rileks, kenakan pakaian khusus tidur siang yang nyaman, atur kenyamanan kasur, suhu ruangan, dan pencahayaan kamar, serta mainkan lantunan pengantar tidur favorit mama.

Jangan lupa komunikasikan jadwal tidur siang mama pada pasangan atau keluarga di rumah, agar tidak diganggu.

4. Kencan romantis bersama pasangan

4. Kencan romantis bersama pasangan
Unsplash/GabrielTovar

Ini saatnya untuk menjadi sedikit kreatif bersama pasangan. Rencanakan kencan romantis seperti piknik kecil di halaman rumah atau candle-light dinner dengan mendekorasi ruang makan selayaknya restoran favorit mama.

Jika khawatir akan repot memasak, Mama bisa pesan makanan dari restoran favorit dan sajikan sesuai tema kencan. Gunakan pakaian sesuai tema dan jangan lupa abadikan momen kencan dalam foto atau video agar menjadi kenang-kenangan manis!

5. Melakukan hobi

5. Melakukan hobi
Pexels/fotografierende

Selama pandemi, Mama punya lebih banyak waktu santai untuk mengeksplorasi berbagai macam hobi yang Mama sukai.

Membaca buku bagus, baik buku lama atau membeli buku baru, lalu menonton film, serial, atau dokumenter dari layar televisi, hingga mendengarkan lagu dari berbagai genre, penyanyi, dan bahasa baru serta membuat daftar lagu khusus selama kehamilan dapat membuat Mama tetap bersemangat dan terinspirasi.

6. Waktu tenang khusus

6. Waktu tenang khusus
Pexels/freestocks.org

Luangkan waktu paling tidak 30 menit setiap hari untuk melakukan kegiatan yang menenangkan seperti ibadah, meditasi, atau yoga. Selain membantu melatih diri untuk rileks hingga masa melahirkan nanti, waktu tenang akan membuat pikiran lebih jernih, jiwa lebih tenang, dan hati lebih senang.

Untuk meditasi dan yoga, Mama bisa melihat banyak instruktur kredibel dari media sosial, memanggil guru privat, atau mendaftarkan diri pada kelas khusus secara online.

7. Dokumentasi kehamilan

7. Dokumentasi kehamilan
Unsplash/kellysikkema

Tren foto kehamilan atau maternity sedang sangat hits beberapa tahun ini. Pada waktu yang nyaman, lakukan sesi foto yang unik secara virtual atau panggil fotografer profesional ke rumah.  

Selain menyenangkan bermain dengan tema, riasan, properti, dan pose, kegiatan ini menghasilkan produk foto atau video yang dapat Mama cetak, unggah di media sosial, serta menjadi kenangan seumur hidup bagi Mama dan keluarga.

Itu dia tujuh kegiatan ibu hamil yang dapat Mama lakukan untuk memanjakan diri selama masa penantian hadirnya Si Kecil di rumah saja. Tetap jaga kesehatan lahir dan batin ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk