Perhatikan Aturan Aman Minum Air Kelapa Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Jangan sampai berlebihan juga ya, Ma

23 Agustus 2019

Perhatikan Aturan Aman Minum Air Kelapa Ibu Hamil 4 Bulan
Freepik/Rawpixel.com

Saat cuaca sedang panas, air kelapa menjadi salah satu pilihan minuman yang disukai oleh ibu hamil. Selain karena rasanya yang segar, minuman ini juga memiliki berbagai berbagai vitamin dan mineral penting.

Kandungan ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama untuk mencegah defisit nutrisi dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun amankah air kelapa diminum oleh ibu hamil 4 bulan? Apa saja manfaat yang didapat dari kebiasaan minum air kelapa saat hamil?

Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama:

1. Keamanan minum air kelapa bagi ibu hamil

1. Keamanan minum air kelapa bagi ibu hamil
Freepik/Prostooleh

Dikutip dari Parenting First Cry, minum air kelapa secara teratur dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan selama periode kehamilan. Mulai dari periode kehamilan trimester pertama hingga trimester ketiga. Termasuk pada ibu hamil dengan usia kehamilan 4 bulan.

Manfaat yang didapat dari konsumsi air kelapa adalah membantu menjagak kebugaran tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi. Terutama jika selama hamil Mama sering lupa untuk rutin minum air putih.

Apabila Mama sering merasa lemas atau lelah selama hamil, konsumsi segelas air kelapa setiap hari dapat dilakukan. Kandungan mineral dalam air kelapa akan membantu menyegarkan tubuh Mama.

Selain itu, air kelapa juga mengandung kaya kalium, sodium, dan vitamin. Waktu terbaik untuk minum air kelapa selama kehamilan adalah di pagi hari karena nutrisi dan elektrolit yang dikandungnya mudah diserap saat perut kosong.

Kandungan seratnya yang tinggi juga membuat air kelapa baik diminum untuk membantu meringankan sembelit.

Meski aman, tetap perhatikan dosisnya, Ma. Sebaiknya minum tidak lebih dari segelas air kelapa per hari, ya. Ini karena air kelapa juga tinggi kalori, sehingga jika diminum berlebihan cenderung dapat meningkatkan berat badan.

Apabila Mama sedang dalam pengobatan karena tekanan darah tinggi, konsumsi air kelapa juga perlu dibatasi.

2. Kandungan nutrisi air kelapa

2. Kandungan nutrisi air kelapa
Freepik/Foodiesfeed

Seperti disebutkan sebelumnya, air kelapa sangat baik diminum karena selain menyegarkan juga nilai gizinya turut membantu mengatasi kelelahan selama hamil.

Air kelapa mengandung kalori, gula, kalium, sodium, lemak dan protein. Minuman ini juga menjadi sumber alami dari vitamin, elektrolit dan mineral.

Rasa haus sangat baik diatasi dengan minum air kelapa. Para peneliti juga menyebutkan bahwa air kelapa adalah asupan rehidrasi yang efektif. Namun demikian, bukan berarti Mama tidak perlu sumber nutrisi lain dari makanan, ya.

Keseimbangan antara nutrisi dari minuman dan makanan tetap harus selalu terjaga, terutama untuk menunjang tumbuh kembang janin.

Editors' Picks

3. Manfaat air kelapa bagi ibu hamil 4 bulan

3. Manfaat air kelapa bagi ibu hamil 4 bulan
Freepik/Yanalya

Air kelapa adalah minuman bebas kolesterol dan dapat dinikmati kapan saja. Manfaat kesehatan dari air kelapa untuk ibu hamil sangat besar, termasuk pada ibu hamil 4 bulan. Beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yakni:

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh Mama dan juga janin, karena tinggi akan vitamin dan antioksidan penting
  • Meringankan sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi
  • Memiliki sifat diuretik alami, sehingga turut menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh, mengeluarkan racun dan membersihkan saluran kemih
  • Kandungan magnesium, potasium dan mineral lain dalam air kelapa membantu dalam menyeimbangkan pengeluaran urine sehingga mengurangi risiko pembentukan batu di ginjal
  • Sumber elektrolit alami untuk mencegah dehidrasi, terutama pada ibu hamil yang mengalami diare dan muntah karena morning sickness
  • Kalium dan fosfor dalam air kelapa turut meningkatkan energi, sehingga mengatasi kelesuan selama kehamilan

4. Efek samping minum air kelapa berlebihan

4. Efek samping minum air kelapa berlebihan
Freepik/Topntp26

Meski memiliki segudang manfaat dan banyak nutrisi, tapi adakah efek samping yang bisa dirasakan jika ibu hamil berlebihan minum air kelapa?

Parenting First Cry menyebutkan bahwa umumnya air kelapa tidak membahayakan ibu hamil. Namun tetap perlu diperhatikan dosisnya. Segala sesuatu yang baik jika dikonsumsi secara berlebihan juga kurang bermanfaat.

Air kelapa dapat menurunkan tekanan darah dan disarankan untuk berdiskusi dengan dokter sebelum Mama mengonsumsinya, terutama jika Mama memiliki masalah tekanan darah.

Perhatikan juga untuk memilih air kelapa yang segar dan tidak perlu diberikan gula tambahan. Ini untuk memaksimalkan manfaat yang didapat.

Batasi asupan air kelapa maksimal satu gelas per hari untuk mencegah kelebihan dosis natrium atau kalium. Karena air kelapa memiliki efek diuretik, berlebihan meminumnya seringkali juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil karena meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Jika Mama berencana melakukan operasi caesar, sebagian ahli bedah mungkin juga akan menyarankan Mama untuk berhenti minum air kelapa dua minggu sebelum operasi. Ini karena konsumsi berlebihan air kelapa pada periode waktu tersebut dapat mengganggu kontrol tekanan darah sebelum dan sesudah operasi.

5. Mitos-mitos efek air kelapa pada ibu hamil

5. Mitos-mitos efek air kelapa ibu hamil
Freepik

Ada beberapa mitos yang sampai saat ini masih dipercaya antara konsumsi air kelapa dengan kesehatan ibu hamil. Salah satunya yakni anggapan bahwa minum air kelapa membuat kulit bayi menjadi lebih cerah dan berambut tebal.

Faktanya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini. Warna kulit bayi juga ditentukan oleh faktor genetik, dan tidak bisa diubah hanya dengan minum air kelapa selama hamil.

Mitos lainnya adalah bahwa air kelapa menjadi ‘paket lengkap’ bagi pemenuhan gizi ibu hamil, sehingga tidak perlu mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen lainnya.

Ingat ya, Ma, meski air kelapa mengandung banyak nutrisi, tetapi Mama tetap perlu mengonsumsi sumber nutrisi lain seperti dari buah-buahan, sayuran dan kelompok makanan lain.

Mama juga tetap perlu memenuhi kebutuhan cairan harian melalui minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

Jadi, ingatlah untuk tetap membatasi konsumsi air kelapa selama hamil setidaknya segelas per hari. Jangan lupa diskusi dulu dengan dokter sebelum minum air kelapa, terutama saat Mama memiliki riwayat masalah dengan tekanan darah.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;