Jangan Digaruk! Begini Cara yang Tepat Atasi Perut Gatal Saat Hamil

Menggaruk perut yang gatal hanya akan menyebabkan iritasi kulit. Lebih baik lakukan tips berikut ini

27 Oktober 2018

Jangan Digaruk Begini Cara Tepat Atasi Perut Gatal Saat Hamil
parents.com

Calon mama pasti tau bagaimana sulitnya menahan jemari tangan untuk tidak menggaruk perut yang terasa gatal saat hamil. Ya, rasa gatal pada perut seringkali dirasakan oleh ibu hamil.

Kondisi ini biasanya muncul di trimester kedua kehamilan, yakni antara minggu ke 13 dan 28. Namun ada juga yang merasakannya di trimester akhir kehamilan.

Perut gatal saat hamil sebenarnya tergolong kasus yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan ya, Ma. Penyebab rasa gatal ini dikarenakan perut mengalami peregangan seiring dengan makin membesarnya usia kandungan.

Kelembaban kulit perut yang berkurang akibat peregangan disertai dengan meningkatnya hormon esterogen menyebabkan rasa gatal pada perut.

Sensasi gatal ini akan terus terasa seiring dengan membesarnya perut mama, apalagi jika Mama mengandung anak kembar dimana elastisitas perut semakin melebar.

Hindari menggaruk perut yang gatal ya, Ma. Sebab menggaruk hanya akan membuat kulit menjadi iritasi dan muncul ruam. Sebaiknya atasi perut gatal dengan cara-cara berikut ini.

1. Oleskan pelembab

1.	Oleskan pelembab
Pixabay/Chezbeate

Kulit kering dapat menyebabkan rasa gatal. Begitupula dengan perut, semakin besar perut mama, maka kelembabannya semakin berkurang. Maka jangan lupa untuk mengoleskan pelembab di sekitar area perut, minimal sehari sekali. Sensasi dingin yang terasa pada kulit setelah memakai pelembab mampu meredakan rasa gatal di perut mama.

Jangan lupa perhatikan kandungan pelembab yang Mama gunakan ya. Sebaiknya hindari produk yang mengandung urea, minyak esensial, asam salisilat dan retinoid.

2. Kompres air dingin

2.	Kompres air dingin
Pixabay/Pezibear

Gunakan air dingin untuk mengompres bagian perut yang terasa gatal. Sensasi dinginnya mampu meredakan rasa gatal dan membuat Mama merasa rileks.

Editors' Picks

3. Hindari mandi air hangat

3.	Hindari mandi air hangat
Pixabay/Seregas

Mandi air hangat mungkin dapat membantu mengendurkan otot tegang dan membuat tubuh terasa rileks. Namun, aktivitas ini justru membuat kulit mama jadi semakin kering dan mengakibatkan rasa gatal di area perut makin menjadi.

4. Oleskan gel lidah buaya

4.	Oleskan gel lidah buaya
Pixabay/Casellesingold

Sensasi dingin dari gel lidah buaya atau aloe vera juga mampu melembabkan sekaligus meredakan rasa gatal di kulit perut.

5. Gunakan pakaian longgar

5.	Gunakan pakaian longgar
Pixabay/Tumisu

Sebaiknya gunakan pakaian bersih yang longgar dan nyaman dipakai. Pakaian ketat beresiko menimbulkan gesekan pada kulit yang ruam sehingga rasa gatal makin menjadi dan kulitpun makin teriritasi.

Kelima tips diatas terbukti efektif meredakan rasa gatal yang umum dialami oleh para calon mama di trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Daripada menggaruknya, lebih baik banyak minum air putih untuk membantu menghidrasi kulit sehingga dapat mengurangi rasa gatal saat perut mama semakin membesar.

Baca juga: Gatal Luar Biasa, Ibu Hamil Mungkin Alami Kolestasis pada Kehamilan

Baca juga: Fakta di Balik Rasa Gatal yang Muncul Saat Kehamilan Trimester Kedua

Baca juga: Penyebab dan Solusi Gatal Saat Hamil

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;