5 Makanan Bernutrisi Wajib Bagi Mama di Kehamilan Trimester Kedua

Selain mudah didapat, makanan ini juga bagus banget lho Ma untuk perkembangan janin

12 Mei 2018

5 Makanan Bernutrisi Wajib Bagi Mama Kehamilan Trimester Kedua
Freepik/schantalao

Makanan sehat ini akan membantu menyediakan banyak nutrisi penting untuk Mama di kehamilan trimester kedua. Termasuk vitamin C, asam folat, zat besi, protein, dan kalsium. Konsumsi beberapa makanan berikut ini untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Jeruk

Jeruk
Freepik/freepic.diller

Jus jeruk tidak hanya tinggi vitamin C dan asam folatnya, ini juga sumber potassium yang baik. Sudah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggin dan menekan bahaya tertentu selama kehamilan.

Jeruk juga salah satu buah yang bagus sebagai penangkal radikal bebas. Jeruk bekerja dengan baik untuk mendetoksifikasi tubuh ibu hamil.

Yogurt

Yogurt
Freepik/topntp26

Sumber protein yang baik, yogurt memiliki lebih banyak kalsium daripada susu dan juga mengandung budaya aktif yang mengurangi risiko infeksi jamur, sementara ini infeksi ini lebih sering terjadi saat kamu hamil.

Beberapa orang yang tubuhnya tidak toleransi terhadap laktosa dapat mentolerir yoghurt. Sehingga yogurt mudah dicerna dan aman bagi tubuh termasuk saat kehamilan.

Editors' Picks

Brokoli

Brokoli
Freepik/ilovehz

Dikenal sebagai sumber kalsium yang baik, sayuran ini juga dikemas dengan vitamin C, folat, dan vitamin B6.

Sekedar tips untuk Mama, Brokoli terkadang tidak habis dalam sekali masak. Sebaiknya masak secukupnya dan simpan sebagian sisanya. Cara menyimpan yang baik adalah bungkus rapat menggunakan kertas koran, ikat menggunakan karet atau buat lipatan diujungnya, lalu simpan di dalam kulkas.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Freepik/evening_tao

Seperti kacang hijau, kacang lentil, almond dan kacang mete. Kacang-kacangan merupakan sumber asam folat yang tinggi dan mudah ditemukan. Selain itu kacang-kacangan kaya akan zat besi dan protein. Mereka juga penuh serat, yang dapat membantu mencegah sembelit dan wasir berikutnya.

Protein sangat dibutuhkan dalam perkembangan janin. Dibutuhkan untuk membentuk otot janin dan penebalan lemak pada bayi di dalam kandungan.

Buah Ara

Buah Ara
Freepik/valeria_aksakova

Segar atau kering, buah ara memiliki serat lebih banyak daripada buah atau sayuran khas, lebih banyak potasium daripada pisang, dan banyak kalsium dan zat besi. Beberapa toko online yang menjual buah dan sayur segar juga sudah menyediakan buah ara. Sekarang buah ara lebih mudah ditemukan.

Itulah beberapa makanan bernutrisi yang baik untuk Mama di kehamilan trimester kedua. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, setidaknya salah satunya bisa menjadi kombinasi menu harian Mama. 

Topic: