Hati-Hati, Kekurangan Air Mineral Saat Masa Kehamilan

Mama harus mulai paham manfaat air mineral saat masa kehamilan

11 April 2018

Hati-Hati, Kekurangan Air Mineral Saat Masa Kehamilan
Freepik

Saat sedang mengandung, ibu hamil tentu membutuhkan banyak air mineral. Mengubah pola hidup yang awalnya kurang teratur ke arah lebih sehat harus dilakukan saat kehamilan berlangsung.  

Meminum air mineral itu penting banget untuk tubuh, baik yang sedang dalam masa kehamilan ataupun tidak. Namun, disaat masa kehamilan memang perlu ditingkatkan kebiasaan meminum air mineral. Tujuannya agar fungsi tubuh Mama selama hamil bisa tetap berjalan normal.

Sebenarnya apa aja ya manfaat air mineral untuk masa kehamilan? Yuk, simak beberapa rangkuman di bawah ini!

1. Memperlancar pencernaan     

1. Memperlancar pencernaan     
Freepik

Ibu hamil itu bukan hanya membutuhkan vitamin dari makanan hingga sumplemen khusus saja, melainkan juga air mineral. Salah satu manfaat dari air mineral sendiri bisa memperlancar pencernaan saat masa kehamilan.

Beberapa ibu hamil pasti pernah memiliki masalah pencernaan seperti kesulitan buang air besar atau sembelit. Kalau kamu juga merasa kesulitan yang sama, mungkin perlu diperbanyak lagi minum air mineral nih, Ma.

Dengan terbiasa cukup minum air mineral, air akan membuat semua kotoran yang tertahan di dalam tubuh bisa bergerak dengan lancar dan bisa mencegah wasir. Yuk, Ma mulai perbanyak minum air mineral lagi untuk pencernaan yang lebih bagus!

2. Mencegah dehidrasi

2. Mencegah dehidrasi
Freepik

Dehidrasi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Apalagi untuk ibu hamil yang masih bekerja atau sibuk menjalani aktivitasnya, pasti kurang peduli dengan cairan di dalam tubuh mereka. Padahal sesibuk apapun itu, asupan makanan atau minuman ketika hamil harus tetap diperhatikan.

Dehidrasi selama masa kehamilan bisa menyebabkan mual, kram, pusing, perubahan tekanan darah, sembelit dan beberapa efek lainnya. Untuk memeriksa Mama mengalami dehidrasi atau tidak, bisa dideteksi dari air seni atau urin. Ketika warna urin terlihat gelap berarti Mama harus lebih sering minum air mineral lagi. Bila perlu segera cek kesehatan ke dokter ya.

3. Mengurangi pembengkakan

3. Mengurangi pembengkakan
Freepik/yanalya

Meminum cukup air mineral yang cukup bisa mengeluarkan sodium dari tubuh dan mengurangi terjadinya edema. Edema atau pembengkakan yang terjadi selama masa kehamilan paling umum terjadi pada pergelangan kaki dan pergelangan tangan.  

Pembengkakan yang terjadi tentu membuat masa kehamilan terasa kurang nyaman. Kalau Mama ingin menghindari risiko itu dan menjaga kaki tetap terlihat normal, ada baiknya tetap menjaga air mineral di dalam tubuh.  

Editors' Picks

4. Menghindari risiko infeksi saluran kemih

4. Menghindari risiko infeksi saluran kemih
Freepik/phduet

Ibu hamil yang tidak suka minum air mineral akan lebih berisiko terhadap infeksi saluran kemih. Agar kesehatan ibu dan anak tetap terjaga, ada baiknya tetap teratur mengonsumsi air mineral kurang lebih 12 gelas setiap hari. Meminum air mineral dengan jumlah yang banyak akan membuat urin semakin lebih encer. Sehingga akan menghindari risiko infeksi pada saluran kemih.

5. Menjaga tingkat cairan ketuban

5. Menjaga tingkat cairan ketuban
Freepik/yanalya

Masa kehamilan itu bukan hanya tentang ibu yang mengandung, melainkan juga anak dalam kandungannya. Jika Mama kurang memikirkan asupan sehari-hari pasti akan berdampak pada anak.

Si Kecil yang masih berada di dalam kandungan membutuhkan genangan air ketuban. Tujuannya agar bisa meringkuk dan berkembang di dalam rahim. Untuk itu dengan mengonsumsi cukup air mineral akan mempertahankan tingkat cairan ketuban yang tepat di dalam rahim.

6. Berpengaruh terhadap berat badan

6. Berpengaruh terhadap berat badan
Freepik

Mama sadar tidak kalau ibu hamil itu cenderung makan lebih banyak daripada biasanya? Akibat makanan yang tidak bisa dikontrol, beberapa ibu hamil justru mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis.

Agar tidak kehilangan kontrol makan, dengan meminum lebih banyak air mineral bisa menjadi cara terbaik untuk diet. Dengan begitu akan membantu mengurangi berat badan saat masa kehamilan. Meskipun rasanya cukup sulit untuk mengontrol asupan makanan, sebisa mungkin harus dicoba ya, Ma.

7. Menjaga suhu tubuh tetap normal

7. Menjaga suhu tubuh tetap normal
Freepik/yanalya

Perubahan suhu tubuh saat hamil pasti akan terasa. Di saat masa kehamilan, suhu tubuh akan terasa lebih panas dan terkadang sulit untuk dikendalikan. Adanya kenaikan reproduksi hormon membuat aliran darah pada ibu hamil meningkat, sehingga menyebabkan suhu tubuh menjadi panas.

Selain itu, kekurangan air mineral dan aktivitas ibu hamil yang lebih banyak mengeluarkan tenaga juga bisa menjadi pemicunya. Untuk itu, sangat disarankan tetap mengonsumsi air mineral yang cukup saat masa kehamilan. Air mineral bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Hindari minum minuman bersoda agar tetap bisa menjaga kesehatan Si Kecil dalam kandungan.

Ternyata begitu penting ya minum air mineral pada saat masa kehamilan. Semoga penjelasan tadi bermanfaat ya, Ma.

Topic: