Jalani Kehamilan Trimester Kedua, Tasya Kamila Tetap Fokus Berkarya

Selain berkarya, Tasya Kamila juga fokus terhadap kehamilannya

30 Desember 2018

Jalani Kehamilan Trimester Kedua, Tasya Kamila Tetap Fokus Berkarya
Instagram/tasyakamila

Setelah mengabarkan berita kehamilannya di awal bulan Desember melalui video berjudul "Tasya Kamila & Randi Bachtiar - Dear Little One". Kini Tasya Kamila dan Randi Bachtiar sedang menjaga kesehatan si Kecil dalam kandungan yang telah memasuki trimester kedua. 

"Alhamdulillaah, the little one is 4 months old inside your womb. It’s always fascinating how you care for other children, I know you will be a great mother for ours. Love you always Tasya Kamila," begini ungkapan rasa cinta yang disampaikan Randi Bachtiar kepada istrinya. 

Usia kehamilan Tasya Kamila memang sudah memasuki trimester kedua. Di fase ini pertumbuhan janin di dalam perutnya akan jauh lebih cepat berkembang dibandingkan sewaktu trimester pertama. Perubahan hormon, mental hingga fisik pun akan semakin dirasakan Tasya Kamila di kehamilannya. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui perkembangan kehamilan dari Tasya Kamila di penghujung tahun 2018. Kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa aktivitas dari Tasya Kamila di kehamilan trimester keduanya.

Semoga semangat dari Tasya Kamila bisa menginspirasi ya, Ma!

1. Masa-masa hamil tidak membuat Tasya Kamila berhenti produktif 

1. Masa-masa hamil tidak membuat Tasya Kamila berhenti produktif 
Instagram.com/tasyakamila

Selama hamil, tak jarang banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan ke dirinya. Salah satunya pertanyaan mengenai “Tasya sekarang lagi hamil, merasa pendidikannya sia-sia nggak sih?”

Tasya Kamila pun sempat mempertanyakan balik tentang pertanyaan-pertanyaan serupa seperti "Emang ada yang salah dengan seorang Mama yang berpendidikan, atau seorang yang berpendidikan kemudian memutuskan untuk jadi Mama?"

Melalui unggahan Instagram pribadinya, Tasya Kamila juga pernah berusaha memberikan penjelasan mengenai pertanyaan serupa.  

Saat ini, (lagi hamil pun) alhamdulillah aku banyak dapat kesempatan untuk sharing ilmu dan pengalaman tentang pendidikan, tentang lingkungan hidup dan industri kreatif ke teman-teman mahasiswa dan siswa-siswa sekolah. Terus, buat yang masih kepo ke depannya aku mau ngapain, aku bersama beberapa temanku sekarang sedang mengembangkan program di bidang lingkungan, energi terbarukan dan keberlanjutan melalui yayasan aku. Hopefully awal 2019 bisa launch! Amin. 

Bagi Tasya Kamila, usahanya ini memang prosesnya tidak instan karena membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun, bukan berarti keputusannya untuk berkeluarga justru mengurangi rasa semangat serta motivasi di dalam dirinya dalam berkarya. Apalagi Tasya Kamila terus berusaha memberikan solusi bagi berbagai isu-isu yang sedang dihadapi Indonesia.  

"Kadang memang aku harus bagi waktu dan tenaga, mungkin ada waktu-waktu di mana nantinya aku harus lebih memprioritaskan keluarga. Namun, aku optimis ketika sudah menemukan ritmenya. InsyaAllah dengan bantuan orang-orang di sekitarku, aku bisa kembali berkarya lagi," curhat Tasya Kamila melalui Instagram. 

Semoga niat baik Tasya Kamila terus memberikan yang terbaik, sekaligus tetap bisa fokus terhadap kehamilan pertamanya. Semangat!

Baca juga: Tiara Pangestika, Istri Arief Muhammad Sempat Jalani Inseminasi & IVF

2. Tahun 2018 begitu berarti untuk Tasya Kamila

2. Tahun 2018 begitu berarti Tasya Kamila
YouTube.com/Tasya Kamila

Tahun 2018 sangat spesial buatku. Aku sangat bersyukur karena banyak sekali milestones kehidupan yang aku raih. Mulai dari lulus S2, menikah dengan orang yang aku cintai dan akhirnya diberikan Allah kesempatan untuk jadi calon Mama. 

Perjalanan hidup yang dialami Tasya Kamila di tahun 2018 ini begitu membekas. Pasalnya ada banyak cerita bahagia yang dirasakan sepanjang tahun ini. Pencapaian dan pengalaman baru seolah tak henti-henti memberikan dirinya pembelajaran baru. 

Di tahun 2019 nanti, anggota dari keluarga kecil Tasya Kamila dan Randi Bachtiar akan segera bertambah. Semoga keduanya bisa menjadi pasangan yang selalu saling melengkapi satu sama lain. 

Baca juga: 4 Bulan Menikah, Tasya Kamila dan Randi Bachtiar Beritakan Kehamilan

Baca juga: Perpaduan Jawa dan Minang di Pernikahan Tasya Kamila-Randi Bachtiar

Editors' Picks

3. Mementingkan asupan asam folat dan kalsium selama hamil

3. Mementingkan asupan asam folat kalsium selama hamil
Instagram.com/tasyakamila

Saat awal aku merencanakan kehamilan, aku selalu menjaga asupan makanan dan juga memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuhku.

Tasya Kamila sadar kalau kebutuhan asam folat dan kalsium diperlukan ketika hamil, apalagi ini membantu daya tubuh semakin meningkat. Di trimester kedua kehamilannya, Tasya Kamila benar-benar memerhatikan asupan asam folat dan kalsium. 

Keduanya juga cukup penting sebagai nutrisi dalam membantu pertumbuhan otak dan tulang si Kecil selama kehamilan. Walau masih di dalam kandungan, perkembangan dan kesehatannya harus sudah diperhatikan. 

Baca juga: 7 Makanan Sumber Asam Folat Alami yang Baik untuk Ibu Hamil

Baca juga: Ma, Ternyata Ada Banyak Manfaat Konsumsi Kalsium untuk Ibu Hamil

4. Bahagia muncul bump di usia kehamilan minggu ke-19

4. Bahagia muncul bump usia kehamilan minggu ke-19
Instagram.com/tasyakamila

Diakui Tasya Kamila melalui InstaStory pribadinya beberapa waktu lalu, memasuki trimester kedua kondisi perutnya sudah mulai muncul bump. 

The bump is finally showing. Kalau aku bump-nya baru muncul pas sekarang masuk minggu ke-19. Terus lihat aplikasi pregnancy tracker gitu ternyata emang rata-rata pertumbuhan janin dari 18 minggu ke 19 minggu cukup besar. Katanya rata-rata dari ukuran janin 15 cm bisa bertambah menjadi 25 cm di minggu tersebut. 

Jika di trimester pertama kehamilannya, Tasya Kamila kerap merasa mual, pusing, cepat lelah dan berkurangnya daya tahan tubuh. Semoga di trimester kedua kondisi-kondisi yang kurang nyaman itu bisa lebih berkurang intensitasnya. 

Baca juga: Usia Kehamilan Dahlia Poland Sudah Masuk 15 Minggu, Begini Keseruannya

5. Menikmati masa-masa bahagia bersama Randi Bachtiar

5. Menikmati masa-masa bahagia bersama Randi Bachtiar
Instagram.com/tasyakamila

"Today marks the 6th year that Randi Bachtiar and I are together. Looking back at the moments that we went through together, it’s amazing to see how our love grows and how we’ve become. I’m always grateful for you, baby! Alhamdulillah. I love you Randi, may our love be eternal. #TasyaRandiJourney," tulis Tasya Kamila di salah satu foto unggahannya di tanggal 22 Desember lalu. 

6 tahun kebersamaan untuk sebuah hubungan tentu bukan waktu yang singkat. Dalam perjalanan cinta antara Tasya Kamila dan Randi Bachtiar tentu selalu ada suka duka yang dijalani bersama. 

Di tahun ke-7 nanti, tentu akan ada banyak perubahan yang terjadi di dalam hidup keduanya. Peran menjadi orangtua muda akan segera dijalani Tasya Kamila dan Randi Bachtiar. 

Semoga hubungan keduanya bisa terus bersama dan selalu kompak membagi peran dalam kehidupan berumah tangga. 

Baca juga: Tetap Romantis dengan Pasangan Saat Sedang Hamil

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!