Tak Hanya Pamer Baby Bumb, Begini 5 Keseruan Zaskia Sungkar saat Hamil

Irwansyah sering mengajak anaknya berbicara dengan gaya kocak, walau masih di dalam perut

3 November 2020

Tak Ha Pamer Baby Bumb, Begini 5 Keseruan Zaskia Sungkar saat Hamil
Instagram.com/irwansyah_15

Pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang telah berhasil berjuang melewati proses bayi tabung (IVF) sedang menciptakan banyak momen bersama si Kecil, walau masih berada di dalam perut. 

Sebagai pengalaman perdana, Zaskia dan Irwansyah benar-benar fokus terkait menjaga kesehatan anak pertama mereka. Jika Zaskia sempat mengidam jengkol saat trimester pertama, sekarang usia kandungannya sudah masuk bulan ke-4. 

Ada berbagai momen yang diciptakan oleh pasangan ini selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa rangkuman terkait keseruan kehamilan Zaskia Sungkar di trimester kedua, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Kira-kira seperti apa keseruannya ya, Ma?

1. Baby bump Zaskia Sungkar sudah mulai terlihat 

1. Baby bump Zaskia Sungkar sudah mulai terlihat 
Instagram.com/irwansyah_15

Seiring bertambahnya usia kehamilan Zaskia Sungkar, kini baby bump nya sudah mulai terlihat dan semakin jelas. 

Irwansyah pun sempat mengunggah foto sambil memegang perut istrinya yang semakin hari kian besar dan memperlihatkan baby bump. 

Perlu diketahui bahwa baby bump sebenarnya akan mulai terlihat di usia kehamilan 10 sampai 12 minggu. Pada usia kehamilan itu, ibu hamil biasanya akan mulai merasa perut mulai membuncit.

Baby bump pun menjadi bukti kalau janin di dalam kandungan tumbuh dan berkembang dari hari ke hari. 

Ketika baby bump muncul dan terus dielus, tanpa disadari akan membuat janin di dalam kandungan bergerak. Beberapa penelitian mengatakan bahwa janin dapat memberikan respons apabila ada sentuhan di bagian perut.

Editors' Picks

2. Zaskia Sungkar sedang menjalani masa-masa kehamilan di bulan ke-4 

2. Zaskia Sungkar sedang menjalani masa-masa kehamilan bulan ke-4 
Instagram.com/zaskiasungkar15

"MasyaAllah Tabarakallah nggak kerasa udah 4 bulan lebih, mulai keliatan ini perutnya," tulis Irwansyah dalam unggahannya di Instagram. 

Dari unggahan tersebut, Zaskia Sungkar berarti sedang menikmati masa-masa kehamilan di trimester kedua. Selain perutnya yang semakin membesar, Zaskia pun fokus menjalani masa-masa kehamilan perdananya ini. 

Secara umum di usia kandungan yang sudah masuk 16 minggu, maka terdapat beberapa perkembangan yang terjadi pada janin. Janin beratnya bisa mencapai 2,5 ons atau setidaknya 71 gram, sementara cairan ketuban bisa mencapai 7,5 ons atau 213 gram.

Janin di dalam kandungan pun sudah mampu memberi respons tersendiri melalui tendangan kaki kecilnya.

3. Irwansyah sering berbicara bersama anaknya di dalam perut dengan cara yang kocak 

3. Irwansyah sering berbicara bersama anak dalam perut cara kocak 
Instagram.com/zaskiasungkar15

Dalam vlog terbaru Irwansyah dan Zaskia Sungkar, terdapat adegan lucu ketika mereka berdua sedang berenang. Zaskia sempat meminta sang Suami mengajak ngobrol buah hati mereka, namun cara komunikasi dari Irwansyah terkesan berbeda dan kocak. 

Kata-kata yang diucapkan oleh Irwansyah seolah menandakan kalau ia gemas dengan anak pertamanya yang masih di dalam kandungan. 

"Bayangin tiap hari kalau bangun tidur, mata baru mau melek baru mau salat ya, dia gitu blentang blentang dung. Kamu ngajak ngomongnya yang benar, jangan kayak gitu dong," kata Zaskia kepada suaminya. 

Dalam studi yang dilakukan oleh University of California Berkeley diketahui bahwa janin di trimester kedua sudah mampu memberikan respons ketika diajak berbicara. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih kata-kata yang tepat ketika sedang berbicara. 

Setelah dianalisis lebih jauh, janin di dalam kandungan juga mampu mendengar dan memproses apa yang dikatakan orang-orang di sekitarnya termasuk sang Mama.

Cara Irwansyah dan Zaskia yang terus mengajak si Kecil berkomunikasi sejak dalam kandungan tentu akan memberikan manfaat positif. 

4. Zaskia Sungkar sempat susah buang air besar saat hamil 

4. Zaskia Sungkar sempat susah buang air besar saat hamil 
Instagram.com/zaskiasungkar15

Dalam video berjudul "Kocak! Irwan Ngajak Ngobrol Baby Syahki di Perut" di channel YouTube The Sungkars Family, Zaskia Sungkar sempat menceritakan bahwa ia susah buang air besar belakangan ini. 

Hal inilah yang membuatnya pasrah, lalu berinisiatif melakukan konsultasi ke dokter. 

"Akhirnya aku datang ke dokter, aku bilang sakit banget. Ini udah hari ke-5 MasyaAllah, alhamdulillah. Nah, kemarin akhirnya dikasih obat sama dokter dan kata dokter disuruh berenang," jelas Zaskia. 

Terkait kondisi susah buang air besar yang terjadi pada Zaskia, pada dasarnya memang masalah ini kerap timbul ketika ibu hamil memasuki trimester kedua. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon progesteron. 

Peningkatan hormon yang menjadi tidak stabil ini akan memengaruhi relaksasi otot, sehingga memperlambat gerakan usus. Ketika kinerja usus kurang optimal akan membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lama dan meningkatkan risiko sembelit. 

5. Perdana berenang saat hamil ketika sudah diperbolehkan oleh dokter

5. Perdana berenang saat hamil ketika sudah diperbolehkan oleh dokter
Youtube.com/The Sungkars Family

Ketika mengalami susah buang air besar, Zaskia Sungkar disarankan untuk berenang oleh dokter. Irwansyah pun turut menemani ketika istrinya untuk pertama kalinya berenang ketika hamil. 

Olahraga renang memang salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh selama masa-masa kehamilan. 

Dilansir dari Baby Centre, ibu hamil yang melakukan olahraga ringan salah satunya dengan berenang dapat memberikan manfaat positif seperti: 

  • Memperkuat otot rahim dan panggul.
  • Mampu memperlancar sirkulasi udara.
  • Mengurangi pembengkakan dan retensi cairan. 
  • Meningkatkan imunitas tubuh selama masa kehamilan. 
  • Melatih paru-paru dan jantung bekerja secara aktif. 
  • Membakar kalori yang membantu ibu hamil mengatur keseimbangan berat badan. 

Dari banyaknya manfaat yang dirasakan ibu hamil bisa menjadikan renang sebagai olahraga pilihan. Namun, tetap selalu berkonsultasi dengan dokter karena setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda dan usahakan tidak terlalu lama saat berenang.

Nah, itulah beberapa cerita yang dibagikan oleh Zaskia Sungkar saat menjalani kehamilan di trimester kedua. Terus sehat dan bahagia untuk Zaskia Sungkar selama masa kehamilan ini!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.