11 Doa Ibu Hamil agar Bayi Sungsang Kembali Normal

Panjatkan doa ini untuk memohon kepada Allah agar posisi janin di dalam kandungan normal

27 Mei 2024

11 Doa Ibu Hamil agar Bayi Sungsang Kembali Normal
Pexels/Tima Miroshnichenko

Semakin mendekati waktu persalinan, bayi di dalam kandungan umumnya mulai menundukkan kepalanya sendiri untuk bersiap dilahirkan. Namun, beberapa bayi tetap berada dalam posisi di mana bagian bokong atau kaki berada di bawah, sedangkan kepala bayi berada di bagian atas rahim atau yang dikenal dengan istilah sungsang.

Ibu hamil masih bisa berusaha untuk memposisikan kepala bayi menghadap ke bawah dengan penyedia yang terlatih. Selain secara medis, Mama juga bisa memohon kepada Allah agar posisi janin kembali normal dengan memanjatkan doa.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum 11 doa ibu hamil agar bayi sungsang kembali normal. Yuk, panjatkan dengan khusyuk, Ma!

1. Al-Fatihah

1. Al-Fatihah
Pexels/Thirdman

Al-Fatihah merupakan surah yang memiliki banyak keutamaan yang luar biasa bagi umat muslim. Al-Fatihah dapat diamalkan bagi umat Islam yang memiliki hajat dan ingin dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain itu, sesuai dengan namanya, yakni Asy-Syifa', memanjatkan surah Al-Fatihah juga dipercaya dapat menjadi obat, penawar, dan penyembuh dari segala macam penyakit. Surah Al-Fatihah juga baik dibaca saat hamil untuk memohon keselamatan dan kesehatan bagi janin. 

Ibu hamil dapat membaca surah Al-Fatihah kapan saja atau sebanyak 7 kali setiap setelah salat, kemudian ditiupkan pada perut dengan harapan posisi bayi normal dan tidak sungsang menjelang persalinan.

2. Ayat Kursi

2. Ayat Kursi
Freepik/jcomp

Doa agar bayi sungsang kembali ke posisi normal selanjutnya adalah Ayat Kursi yang merupakan surah Al-Baqarah ayat 255.

Ayat kursi merupakan ayat yang mulia di dalam Al-Qur'an karena di dalamnya terkandung keesaan serta kekuasaan Allah. Dengan membaca ayat kursi, diharapkan setiap amalan akan menjadi baik, serta menjadi pelindung dari godaan setan.

Mama bisa membaca Ayat Kursi sebagai doa pagi hari dan doa sore hari atau sebagai doa setelah salat wajib. Ayat Kursi juga dapat dipanjatkan sebagai doa sebelum tidur, kemudian memohon kepada Allah agar posisi bayi di dalam kandungan normal menjelang persalinan.

3. Surah Yasin Ayat 1 Sampai 12

3. Surah Yasin Ayat 1 Sampai 12
Freepik/rawpixel.com

Mama juga bisa membaca surah Yasin ayat 1-12 untuk mendoakan kesehatan janin di dalam kandungan. Mama bisa membaca surah ini setiap selesai salat Magrib.

Selain berdoa untuk kesehatan janin, keutamaan surah Yasin juga untuk menjauhkan ibu hamil dan bayinya dari godaan setan maupun kejahatan manusia. Selain itu, surah ini juga dapat mendatangkan ketenangan hati bagi ibu hamil yang semakin dekat menghadapi persalinan.

4. Doa Nabi Zakaria dalam surah Al-Anbiya ayat 89

4. Doa Nabi Zakaria dalam surah Al-Anbiya ayat 89
Freepik/freepik

Selanjutnya ada doa yang dipanjatkan Nabi Zakaria yang terkandung dalam surah Al Anbiya ayat 89. Berikut adalah bacaan doa yang dipanjatkan Nabi Zakaria untuk mendapatkan keturunan:

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ 

Wa zakariyyâ idz nâdâ rabbahû rabbi lâ tadzarnî fardaw wa anta khairul-wâritsîn

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.”

Editors' Pick

5. Surah Al-A'raf ayat 54 dan 55

5. Surah Al-A'raf ayat 54 55
Pixabay/Pexels

Surah Al-A'raf ayat 54 dan 55 merupakan doa yang bisa Mama panjatkan untuk memohon kepada Allah agar proses persalinan dilancarkan. Tidak hanya ibu hamil, Papa juga bisa membaca surah Al-A'raf ayat 54 dan 55 untuk memohon kelancaran persalinan mama, termasuk memohon agar posisi bayi normal dan tidak sungsang.

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ (54)

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ (55)

Inna rabbakumullâhulladzî khalaqas-samâwâti wal-ardla fî sittati ayyâmin tsummastawâ ‘alal-‘arsy, yughsyil-lailan-nahâra yathlubuhû ḫatsîtsaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujûma musakhkharâtim bi'amrihî alâ lahul-khalqu wal-amr, tabârakallâhu rabbul-‘âlamîn (54). Ud‘û rabbakum tadlarru‘aw wa khufyah, innahû lâ yuḫibbul-mu‘tadîn (55).

Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia berkuasa atas ʻArasy. Dia menutupkan malam pada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk pada perintah-Nya. Ingatlah! Hanya milik-Nyalah segala penciptaan dan urusan. Maha berlimpah anugerah Allah, Tuhan semesta alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”

6. Surah Al-Insyiqaq ayat 1-5

6. Surah Al-Insyiqaq ayat 1-5
Pexels/Alena Darmel

Selanjutnya, Mama juga bisa membaca surah Al-Insyiqaq dengan harapan Mama dan si Kecil bisa melalui proses persalinan normal. Selain itu, surah ini juga dapat memberikan perlindungan spiritual bagi ibu hamil yang rutin memanjatkannya selama kehamilan

(1) اِذَا السَّمَاۤءُ انْشَقَّتْۙ 

(2) وَاَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْۙ

(3) وَاِذَا الْاَرْضُ مُدَّتْۙ

(4) وَاَلْقَتْ مَا فِيْهَا وَتَخَلَّتْۙ

(5) وَاَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْۗ

Idzas-samâ'unsyaqqat (1). Wa adzinat lirabbihâ wa ḫuqqat (2). Wa idzal-ardlu muddat (3). Wa alqat mâ fîhâ wa takhallat (4). Wa adzinat lirabbihâ wa ḫuqqat (5).

Artinya: “Apabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya patuh, dan apabila bumi diratakan, dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya patuh.”

7. Ayat terakhir surah Al-Baqarah

7. Ayat terakhir surah Al-Baqarah
Pexels/Ahmet Polat

Doa agar bayi yang sungsang kembali ke posisi normal selanjutnya yang bisa Mama baca adalah ayat terakhir surah Al-Baqarah.

Surah Al-Baqarah ayat 286 berisi tentang permohonan ampun dan perlindungan dari Allah. Dengan membaca surah ini, ibu hamil berdoa agar janin di dalam kandungannya mendapat perlindungan.

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَاۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَࣖ 

lâ yukallifullâhu nafsan illâ wus‘ahâ, lahâ mâ kasabat wa ‘alaihâ maktasabat, rabbanâ lâ tu'âkhidznâ in nasînâ au akhtha'nâ, rabbanâ wa lâ taḫmil ‘alainâ ishrang kamâ ḫamaltahû ‘alalladzîna ming qablinâ, rabbanâ wa lâ tuḫammilnâ mâ lâ thâqata lanâ bih, wa‘fu ‘annâ, waghfir lanâ, war-ḫamnâ, anta maulânâ fanshurnâ ‘alal-qaumil-kâfirîn

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang, kecuali menurut kesanggupannya. Baginya ada sesuatu (pahala) dari (kebajikan) yang diusahakannya dan terhadapnya ada (pula) sesuatu (siksa) atas (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa,) “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami. Maka, tolonglah kami dalam menghadapi kaum kafir.”

8. Surah Al-Hasyr

8. Surah Al-Hasyr
Unsplash/Suhyeon Choi

Surah ke-59 dalam Al-Qur'an atau surah Al-Hasyr juga menjadi doa yang bisa dipanjatkan dan diamalkan bagi semua ibu hamil. Jika dibaca secara rutin, surah ini dapat menjadi penyembuh dari segala macam penyakit, terhindarkan dari gangguan jin, serta didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim Allah SWT.

Mama bisa membacakan surah Al-Hasyr sambil mengusap perut mama, atau bisa dibacakan juga oleh Papa sebanyak tujuh kali yang kemudian ditiupkan ke perut mama.

9. Surah Ali-Imran

9. Surah Ali-Imran
Freepik/freepik

Selain surah Al-Hasyr, Mama juga bisa membaca surah Ali-Imran untuk mendoakan janin di dalam kandungan. Surat Ali-Imran dapat menjadi doa agar bayi sungsang kembali ke posisi normal agar proses persalinan juga menjadi lancar.

Diutamakan untuk membaca surah Ali-Imran ayat 35 yang berisi doa ibu Maryam kepada Allah SWT ketika ia sedang mengandung.

اِذْ قَالَتِ امْرَاَتُ عِمْرٰنَ رَبِّ اِنِّيْ نَذَرْتُ لَكَ مَا فِيْ بَطْنِيْ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ 

Idz qâlatimra'atu ‘imrâna rabbi innî nadzartu laka mâ fî bathnî muḫarraran fa taqabbal minnî, innaka antas-samî‘ul-‘alîm

Artinya: “(Ingatlah) ketika istri Imran berkata, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada-Mu apa yang ada di dalam kandunganku murni untuk-Mu (berkhidmat di Baitulmaqdis). Maka, terimalah (nazar itu) dariku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

10. Membaca surah Al-Insyirah

10. Membaca surah Al-Insyirah
Freepik/partystock

Surat Al-Insyirah merupakan surat ke-94 dalam Al-Qur'an. Surat Al-Insyirah bisa dipanjatkan ibu hamil untuk memohon kepada Allah agar dapat melewati kesulitan selama mengandung, termasuk jika bayi mengalami sungsang. 

Mama bisa mengamalkan surat Al-Insyirah saat hamil dengan membacanya sebanyak tujuh kali setiap setelah salat maghrib dan ditiupkan pada bagian perut dengan harapan posisi bayi di dalam kandungan kembali normal.

Selain itu, membaca surat Al-Insyirah juga bisa menjadi penyembuh beragam penyakit sehingga Mama dan janin senantiasa diberikan kesehatan.

11. Surah Ar-Ra’d Ayat 8

11. Surah Ar-Ra’d Ayat 8
Freepik/rawpixel.com

Doa selanjutnya yang bisa dipanjatkan agar bayi sungsang bisa kembali ke posisi normal adalah surah Ar-Ra'd ayat 8. Ayat ini menjelaskan bahwa Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan di dalam rahimnya.

اَللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ اُنْثٰى وَمَا تَغِيْضُ الْاَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُۗ وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهٗ بِمِقْدَارٍ 

Allâhu ya‘lamu mâ taḫmilu kullu untsâ wa mâ taghîdlul-ar-ḫâmu wa mâ tazdâd, wa kullu syai'in ‘indahû bimiqdâr

Artinya: “Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan dan apa yang berkurang (tidak sempurna dalam) rahim dan apa yang bertambah. Segala sesuatu ada ketentuan di sisi-Nya.”

Itu dia 11 doa ibu hamil agar bayi sungsang kembali normal. Semoga bacaan doa di atas bermanfaat dan bisa diamalkan untuk Mama yang sedang mengandung, ya.

Baca juga:

The Latest