Kehamilan Minggu ke-22

Mama merasakan ini juga?

17 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-22
freepik/janoon028

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-22

Berat janin minggu ini mencapai 350 gram dan ukurannya sekitar 29 cm dari kepala hingga ke bawah. Lemak di dalam tubuhnya menebal, mempersiapkan tubuh mungilnya siap difoto depan kamera saat kelahirannya.

Perkembangan janin terus berlangsung. Gigi taring dan gerahamnya berkembang di bawah garis gusi. Matanya telah terbentuk, meski irisnya belum memiliki pigmen saat ini.

Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-22 menunjukkan peningkatan pada lima indranya, ia semakin peka dengan sentuhan. Dengan memberi sentuhan di sekitar perut mama, maka akan merangsang bayi dalam kandungan untuk bergerak, dan gerakannya juga semakin memberi sensasi tersendiri.

Di dalam sana ia berguling dan membentang. Inilah bentuk komunikasi antara Mama dan bayi dalam kandungan pertama kali.

Seperti Ini Kehamilan Minggu ke-22 Mengubah Kehidupan Mama

Jika sebelum hamil kamu menyukai aroma parfum mungkin sekarang malah jadi sebaliknya. Kamu memilih wewangian dengan aroma yang tidak tajam karena ini bisa membangkitkan rasa mual dan muntah.

Begitu juga dengan penggemar makanan pedas, sekarang kamu harus mengurangi konsumsi makanan pedas. Cegah diare selama kamu sedang hamil.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-22

Setengah dari seluruh perempuan hamil tubuhnya berkembang dan menyebabkan stretch mark pada saat mereka melahirkan. Guratan tipis yang bertekstur pada kulit bisa berwarna pink dan coklat tua, tergantung warna kulit kamu.

Ini bisa muncul di sekitar perut bawah dan samping, paha, pinggul, pantat, ketiak dan payudara. Gunakan lotion peredam stretch mark, pilihlah yang bisa menghilangkan noda stretch mark agar kulit kamu ternutrisi dan cepat kembali seperti semula.

Kadang hasilnya tidak menghilangkan stretch mark 100 persen, tapi setidaknya bisa memperbaiki tampilan kulit Mama.

Jika Ini Bukan Kehamilan Anak Pertama

Ceritakan kembali ke si kakak tentang perjalanan perkembangannya selama berada dalam kandungan mama. Ceritakan kapan kepalanya, tangan dan kakinya mulai terbentuk. Ceritakan kapan matanya mulai terbentuk, ceritakan kapan kelaminnya mulai terbentuk.

Ceritakan kapan sistem pernapasannya mulai berfungsi. Ceritakan bagaimana ia bisa membentangkan badannya di dalam perut.

Kemudian ajak Si Kakak mengusap perut Mama, jelaskan bahwa saat ini adiknya sedang berada di dalam perut Mama dan sedang berjuang untuk terus bertumbuh.

Ceritakan semua dengan penuh keseruan, kamu akan melihat antusias di wajahnya. Mama juga bisa membeli boneka bayi dan peragakan betapa penting memperlakukan bayi dengan lembut.

Kehamilan Bayi Kembar

Memiliki dua bayi berarti mama harus memiliki kemampuan menyusui keduanya dalam waktu yang berbarengan.

Temui konsultan laktasi yang bisa membantu menjelaskan bagaimana cara menyusui bayi kembar dalam waktu bersamaan. Bagaimana agar nantinya Mama bisa mencukupi nutrisi hingga tidak ada kendala pada produksi ASI.

Topic: