Kehamilan Minggu ke-25

Inilah perkembangan janin yang terjadi di dalam kandungan Mama

17 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-25
Unsplash/freestocks.org

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-25

Beratnya sekarang bisa mencapai 680 gram, dengan ukuran sekitar 35 cm dari kepala hingga ke bawah. Perbedaan alat kelamin sekarang menjadi lengkap. Meski kamu sudah mengetahui prediksi kelamin bayi yang berada dalam kandungan, sekarang kamu bisa memastikannya lagi saat kamu pergi bertemu dokter kandungan kamu.

Sekarang tanpa menggunakan alat pun, orang lain bisa merasakan detak jantung janin kamu. Cukup tempelkan telinga ke perut kamu dan detaknya akan terdengar.

Paru-parunya juga bersiap-siap untuk menghirup napas pertama mereka. Minggu ini kepintarannya bertambah lagi, ia bisa memegang satu kakinya menggunakan jemari tangannya yang sangat kecil.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-24 Mengubah Kehidupan Mama?

Ukuran rahim kamu sekarang sudah hampir seukuran dengan sepakbola. Minggu ini kamu mulai membayangkan bayi kamu bahkan ini bisa sampai masuk ke dalam mimpi kamu saat kamu tertidur di malam hari.

Kamu benar-benar merindukannya, sabar sedikit ya mama karena kamu sudah lebih dari setengah perjalan untuk menemukan proses persalinan.

Editors' Picks

Hubungan dengan Suami

Jika saat ini kamu sedang bekerja, atur waktu untuk makan siang bersama pasangan. Ceritakan tentang keadaan pekerjaan kamu dan orang-orang yang berada di lingkungan kantor kamu.

Kemudia beralih topik dengan teman-teman yang memperlakukan kamu dengan baik selama kehamilan kamu. Setelah itu tanyakan kepada pasangan kamu, hadiah apa yang ingin ia berikan kepada kamu karena kamu sudah mengandung bayi untuknya.

Makan siang yang romantis dan mudah dilakukan.

Jika Ini Bukan Anak Pertama

Berikan analogi kepada Si Kakak tentang anak bayi selalu perlu bantuan orang lain karena bayi belum bisa melakukan apa-apa. Selalu berikan penjelasan yang mudah dimengerti bagi anak pertama mama. Mungkin si kakak akan bertanya, "sampai kapan adiknya perlu dibantu?"

Mama bisa jelaskan bahwa adik akan kita bantu sampai ia bisa makan sendiri, mandi sendiri, pakai baju sendiri, buang air sendiri, berjalan sendiri, dan menjaga dirinya sendiri.

Hal ini akan tertanam dalam pikirannya dan akan membuatknya lebih berminat membantu mamanya untuk mengurus adik.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kehamilan minggu ke-25 bagi ibu hamil. Semoga kamu tidak menemukan kesulitan saat melaluinya.

Topic: