Kehamilan Minggu ke-26

Seperti inilah keadaan Mama di minggu ini

20 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-26
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-26

Selama berbulan-bulan mata bayi dalam kandungan mama berada dalam keadaan tertutup, tapi sekarang hampir sepenuhnya berkembang dan akan segera siap untuk dibuka.

Menariknya, apapun etnisnya, matanya akan berwarna biru untuk saat ini. Irisnya tidak menunjukkan warna akhir mereka sampai beberapa bulan setelah bayi dilahirkan.

Otak bayi tumbuh dengan cepat, inilah yang terjadi pada perkembangan janin di kehamilan minggu ke-26. Panjangnya nyaris 36 cm dan beratnya bisa mencapai 800 gram minggu ini.

Bayi dalam kandungan mama masih cukup kurus, tapi pada saat kamu bertemu dengannya, dia akan terlihat lebih gemuk dibandingkan saat ini dan itu pasti sangat menggemaskan.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-24 Mengubah Kehidupan Mama?

Masih tersisa dua minggu lagi untuk menjalani kehamilan trimester kedua. Kamu telah menjalani kurang lebih dari sepertiga masa kehamilan. Sayangnya, kamu mulai merasakan punggung yang semakin terasa sakit, kaki kram, dan area panggul terasa pegal. Ini karena berat dari beban yang kamu bawa.

Kabar baiknya dari kehamilan minggu ke-26 adalah kamu bisa memiliki rambut indah mengkilau dan bervolume seperti kebanyakan perempuan yang sedang hamil. Mungkin rambut kamu sekarang ini dalam keadaan dimana rambut sehat dan mengesankan. Semua karena tubuh menghasilkan hormon estrogen dan prosterogen yang berlipat dari sebelumnya.

Lakukan dan Larangan

Bayi dalam kandungan bergantung pada zat besi dan protein dari tubuh mama, jadi isilah hari-hari Mama dengan makanan yang kaya zat besi dan protein, seperti kacang lentil dan bayam, terutama jika kamu seorang vegetarian.

Dokter kamu mungkin menyarankan untuk melengkapi diet dengan suplemen zat besi untuk digunakan bersama vitamin prenatal kamu.

Simpanlah botol vitamin dan pil di tempat terbuka di tempat kamu bisa melihatnya karena ini bisa membantu untuk mengingat agar kamu tidak lupa meminumnya.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-26

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa calon mama lainnya tampak lebih besar atau lebih kecil dari kamu? Perbandingan semacam itu wajar tapi bisa menyesatkan. Jangan berpatokan kalau kehamilan lebih tua dapat dipasikan mamanya akan lebih besar. Semua tergantung tinggi, postur dan bentuk tubuh secara keseluruhan.

Jika kamu memiliki otot yang kencang, perut kamu mungkin tidak muncul sesegera mungkin atau sama seperti otot yang lebih longgar. Jika dokter  mengatakan pertumbuhan bayi kamu berjalan dengan baik, maka semuanya baik-baik saja.

Kalau mama berpikir untuk mempersiapkan kamar bayi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melihat berbagai referensi dekorasi.

Beberapa minggu sebelum bayi lahir, pasti kamar sudah harus siap dan bersih kembali. Karena wallpaper, cat, dan glaze yang baru diterapkan berpotensi membahayakan udara di sekitar kamar. Perlu sekitar 8 minggu untuk menetralkan udara dalam kamar dengan jendela terbuka.

Hubungan dengan Suami

Menonton acara komedi lebih sering, ini bia membuat kamu dan pasangan bisa menghabiskan quality time bersama di rumah. Lihat wajah konyol satu sama lain, pasti akan membuat kalian berpikir seperti apa wajah anak kalian nanti.

Kamu baru saja memulai perjalanan menjadi orangtua, dan selera humor bisa mengatasi ketegangan yang akan terjadi nantinya.

Jika Bukan Kehamilan Pertama

Siapkan banyak nama bayi mulai dari sekarang. Jika kamu sedang memilih-milih, libatkan anak sulung mama untuk membantu mencarikan nama untuk adiknya. Sering melibatkannya bisa membangun ikatan anak mama lebih awal.

Kehamilan Kembar

Bayi kembar tentu membutuhkan persediaan serba double. Tenang saja, karena waktunya masih agak jauh, kamu dan pasangan bisa mempersiapkan dari sekarang.

Terutama untuk popok dan kain tipis sebagai alas tidur. Beli popok dengan berbagai ukuran untuk mengantisipasi pertumbuhan bayi mama.

Topic: