Baby Shower Membawa Petaka, Ibu Hamil Meninggal Tertular Covid-19

Mama tersebut jarang ke luar rumah, tapi temannya datang dan mengadakan kejutan baby shower

4 September 2020

Baby Shower Membawa Petaka, Ibu Hamil Meninggal Tertular Covid-19
Pexels/lucas mendes

Kejadian mengerikan ini terjadi di wilayah Anapolis, Brasil, menimpa seorang ibu hamil dengan usia kandungan delapan bulan bernama Camila Graciano. Ibu hamil tersebut tertular dari tamu baby shower yang temannya adakan di rumahnya.

Seluruh tamu yang hadir tidak menyadari salah satu di antara mereka ada yang positif Covid-19. Karena orang tersebut adalah pasien tanpa gejala.

Bagaimana kisah ibu hamil yang akhirnya meninggal di Brasil ini? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya!

1. Sebagai ibu hamil, Camila jarang ke luar rumah

1. Sebagai ibu hamil, Camila jarang ke luar rumah
Mirror UK/Newsflash

Camila Graciano adalah seorang ibu hamil berusia 31 tahun dan berprofesi sebagai guru. Selama ada pandemi Covid-19, Camila sangat menghindari keramaian dan jarang ke luar rumah. Saat pesta baby shower diadakan, usia kandungan Camila telah memasuki delapan bulan.

Dikutip dari Mirror UK, adik dari Camila mengatakan bahwa sang Kakak sangat patuh terhadap protokol kesehatan. Hingga akhirnya beberapa teman dekatnya mengadakan pesta kejutan di trimester akhir kehamilan perempuan ini.

Editors' Picks

2. Temannya adalah pasien tanpa gejala

2. Teman adalah pasien tanpa gejala
Pexels/Luis Quintero

Dari pesta yang diadakan di rumah Camila itu, beberapa tamu dan teman dekatnya diundang. Tak menyadari salah satu di antara tamu yang datang ternyata positif Covid-19 tanpa gejala. Sayangnya, Camila adalah salah satu orang yang tertular dari temannya itu.

Camila dilarikan ke rumah sakit tiga hari setelah pesta. Keluarganya berjuang untuk menemukan kamar di rumah sakit setempat untuknya karena semua tempat perawatan intensif penuh ditempati pada saat itu.

"Kami berpikir untuk membawanya ke (kota-kota besar) Goiania atau Brasilia. Terima kasih kepada Tuhan kami memiliki banyak teman yang kami mobilisasi untuk mendapatkan tempat tidur ICU untuk Camila, dan akhirnya kami mendapat satu di RS Santa Casa,” ujar adik Camila, dikutip dari Mirror UK.

3. Harus melahirkan di usia 8 bulan

3. Harus melahirkan usia 8 bulan
Pixabay/kelin

Karena kondisinya yang makin memburuk, dokter yang merawat Camila menyarankan agar ia melahirkan lebih cepat. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan bayi dalam kandungannya. Camila harus melahirkan secara caesar untuk menghindari infeksi Covid-19 kepada bayinya.

Bayi Camila selamat dan bisa bernapas tanpa oksigen. Kondisinya pun semakin membaik meski masih di dalam inkubator.

“Keponakan saya menunjukkan perkembangan yang baik, dia bernapas secara normal di dalam inkubator dan tidak membutuhkan oksigen,” ujar adik Camila.

Keluarga memiliki harapan tinggi bahwa Camila akan pulih karena sudah menunjukkan tanda-tanda peningkatan yang signifikan. Paru-paru, kerja jantung, dan tekanan darahnya cepat membaik.

4. Meninggal tak lama setelah melahirkan

4. Meninggal tak lama setelah melahirkan
VoiceofAmerica

Meski menunjukkan tanda-tanda vital yang membaik, hal itu tidak berlangsung lama. Sesaat kemudian kondisinya semakin memburuk dan meninggal pada akhir Agustus 2020 lalu.

“Pada hari Jumat (21/8/2020) kondisinya menjadi lebih buruk, virus telah bermutasi menjadi sangat kuat, dan dia tidak memberinya kesempatan (untuk hidup),” jelas sang Adik kepada media.

Itulah tadi rangkuman berita mengenai ibu hamil yang tertular Covid-19 dari acara baby shower yang akhirnya meninggal dunia. Semoga kejadian seperti ini tidak pernah terjadi di Indonesia ya, Ma. Oleh karenanya, jika Mama sedang hamil, Mama sebaiknya tetap berada di rumah dan tidak mengundang orang lain ke rumah, meskipun orang tersebut adalah teman terdekat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.