Mimisan saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya yuk Ma!

Jangan panik saat mengalami mimisan saat hamil Ma!

30 November 2018

Mimisan saat Hamil Ketahui Penyebab Cara Mengatasi yuk Ma
Freepik/Yanalya

Jika Mama mengalami mimisan saat hamil, jangan buru-buru panik. Sebagian perempuan hamil mungkin akan mengalami ini terutama saat kehamilan memasuki trimester kedua.

Mimisan ringan yang terjadi sesekali pada perempuan hamil umumnya tidak membahayakan kesehatan Mama atau janin dalam kandungan.

Sebab umumnya, mimisan terjadi karena pengaruh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Saat hamil pula, pembuluh darah di hidung akan melebar sehingga suplai darah ke hidung akan mengalami peningkatan.

Inilah yang menyebabkan mimisan saat hamil akhirnya terjadi.

Daripada Mama panik, yuk ketahui cara mengatasi mimisan saat hamil dan cara mencegahnya agar mimisan tidak terus terjadi:

1. Cara mengatasi mimisan saat hamil

1. Cara mengatasi mimisan saat hamil
Unsplash/Velizar Ivanov

Dilansir dari American Pregnancy berikut langkah yang bisa ditempuh dalam mengatasi mimisan saat hamil:

  • Saat mimisan terjadi, Mama disarakan untuk duduk secaa tegak dan menyondongkan kepala sedikit ke arah depan. Usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari jantung.
  • Cubit hidung bagian tengan atas lubang hidung dengan ibu jari dan telunjuk. Cubit secara perlahan setidaknya selama 10 menit. Jika mimisan masih terjadi, ulangi cara tersebut hingga mimisan berhenti.
  • Setelah itu, kompres hidung dengan es.

Itulah cara mengatasi mimisan saat hamil Ma. Jika mimisan yang Mama alami terjadi secara terus menerus dan darah yang keluar banyak, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari mimisan yang diderita.

Editors' Picks

2. Cara mencegah mimisan saat hamil

2.  Cara mencegah mimisan saat hamil
Freepik/Yanalya

Untuk mencegah terjadinya mimisan saat hamil ada beberapa langkah yang bisa Mama tempuh. Berkut beberapa diantaranya:

  • Mama disarankan untuk banyak minum air putih. Ini dapat embantu menjaga selaput lendir tetap terhidrasi dengan baik
  • Jangan membuang ingus terlalu kuat. Meniup terlalu keras dapat menyebabkan mimisan Ma.
  • Disarankan untuk menggunakan humidifier di dalam rumah. Cara ini dapat mengurangi risiko mimisan saat hamil.
  • Untuk mencegah kekeringan pada hidung, disarankan  untuk menggunakan pelembap. Beberapa ahli menyarankan Mama untuk menggunakan pelembap berbasis air seperti cairan saline untuk hidung.  Beberapa ahli juga merekomendasikan penggunaan petroleum jelly. Baiknya, tanyakan kepada dokter mengenai pelembap yang direkomendasikan Ma.
  • Dilansir dari what to expect, Mama disarankan untuk meperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti kiwi, paprika, dan tomat. Jika diperlukan, konsumsi vitamin C mungkin akan dokter rekomendasikan.