Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Buah Kemang untuk Ibu Hamil

Pernah dengar jenis buah yang satu ini, Ma?

12 Agustus 2019

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Buah Kemang Ibu Hamil
id.wikipedia.org

Buah kemang adalah buah yang memiliki rasa manis, bau yang harum serta memiliki bentuk yang mirip dengan buah mangga.

Buah kemang juga merupakan salah satu jenis buah yang saat ini sulit untuk dijumpai keberadaannya. Meskipun demikian, tahukah Mama bahwa ternyata buah kemang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk ibu hamil?

Diketahui, berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah kemang menjadikan buah yang satu ini kaya akan manfaatnya.

Penasaran apa saja manfaat buah kemang untuk ibu hamil?

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 daftarnya.

1. Sumber kalsium untuk tulang

1. Sumber kalsium tulang
Freepik/Senivpetro

Buah kemang atau Mangifera kemanga diketahui mengandung banyak kalsium untuk tubuh.

Mineral kalsium salah satu mineral paling utama untuk menunjang kesehatan tulang hingga gigi, khususnya untuk ibu hamil yang membutuhkan banyak kalsium.

Maka dari itu, jika Mama mengonsumsi buah kemang dengan rutin, maka Mama sudah dapat menjaga kesehatan tulang secara alami.

2. Menjaga fungsi otot

2. Menjaga fungsi otot
Freepik/yanalya

Salah satu manfaat yang bisa kita peroleh dari buah kemang ialah mampu menjaga fungsi otot. Pasalnya, buah ini mengandung mineral fosfor yang di peroleh dari unsur hara buah kemang tersebut.

Fosfor berguna untuk menjaga fungsi otot tubuh agar bekerja dengan optimal, serta dapat mengembalikan stamina tubuh dengan cepat. Selain itu, manfaat fosfor pada buah juga untuk menjaga fungsi otak.

Editors' Picks

3. Sumber serat yang dibutuhkan tubuh

3. Sumber serat dibutuhkan tubuh
Freepik.com

Umumnya tubuh manusia membutuhkan asupan serat yang cukup, jika tubuh kekurangan serat akan berdampak buruk seperti, susah BAB, kadar gula darah akan meningkat, masalah berat badan hingga obesitas dan masih banyak lagi.

Maka dari itu penting bagi kita mencukupi kebutuhan serat tubuh. Normalnya tubuh manusia membutuhkan asupan serat 25 gram per harinya dalam batas yang wajar.

4. Sumber nutrisi untuk ibu hamil

4. Sumber nutrisi ibu hamil
Freepik/Whatwolf

Masa kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan untuk calon Mama. Dengan begitu, ibu hamil tentunya akan menjaga kandungan mereka dengan mengonsumsi berbagai makanan dan buah untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Buah kemang dianugrahi tuhan dengan beragam mineral, vitamin hingga nutrisi yang mana diantaranya berguna untuk kesehatan ibu hamil, seperti vitamin A dan vitamin C.

Buah kemang juga mengandung flavonoid seperti alpha karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin. Mineral-mineral tersebut baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

5. Mempercepat penyerapan zat besi

5. Mempercepat penyerapan zat besi
standard.co.uk

Ibu hamil sarat akan kebutuhan zat besi yang cukup tinggi sebagai pencegah anemia. Anemia atau gejala kurang darah umum terjadi saat proses kehamilan berlangsung.

Untuk mengatasinya, vitamin C yang tinggi pada buah kemang diketahui mampu mempercepat penyerapan zat besi di dalam tubuh, sehingga ibu hamil pun terhindar dari gejala anemia.

6.Mengurangi keram kehamilan

6.Mengurangi keram kehamilan
babycenter.com

Keram perut dan otot sudah lumrah terjadi pada masa kehamilan. Untuk mengurangi gejala tersebut, Mama bisa mengonsumsi buah atau makanan yang kaya akan kandungan kaliumnya, seperti buah kemang.

Fungsi kalium yang ada di dalamnya selain untuk mencegah keram perut dan otot, ternyata juga bermanfaat untuk mengontrol keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

7. Menjaga kekebalan tubuh

7. Menjaga kekebalan tubuh
Freepik/yanalya

Saat proses kehamilan terjadi, ibu hamil rentan terserang kuman dan bakteri. Maka dari itu penting bagi calon untuk menjaga kekebalan tubuh mereka, agar calon bayi terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mineral alami pada buah kemang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin pada ibu hamil.

Pasalnya, di dalam buah tersebut terdapat unsur mineral, seperti vitamin B-6, vitamin B-1, vitamin A dan vitamin C, yang mana keberadaan vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan alami yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Buah yang mirip mangga ini tidak kalah hebat manfaatnya untuk kesehatan dan ibu hamil.

Nah, itulah ketujuh daftar manfaat buah kemang untuk ibu hamil.

Semoga informasi mengenai manfaat buah kemang kali ini dapat berguna untuk Mama semua.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.