9 Rekomendasi Salep Gatal yang Aman untuk Ibu Hamil

Jangan asal memilih salep gatal untuk Mama yang sedang hamil, ya!

9 April 2020

9 Rekomendasi Salep Gatal Aman Ibu Hamil
Freepik/Sri-sakorn42

Seringkali merasa gatal saat masa kehamilan merupakan hal yang normal. Ada beragam faktor yang bisa memicu rasa gatal pada ibu hamil, mulai dari hormon, kondisi kulit, hingga kondisi medis tertentu.

Area tubuh yang paling gatal biasanya ada pada bagian perut dan payudara. Bila yang Mama rasakan adalah gatal-gatal ringan, pada umumnya dianggap hal normal.

Hampir 25 persen ibu hamil mengalami rasa gatal, namun bila gatal sudah parah dan mencakup hampir seluruh permukaan kulit tubuh, maka Mama tidak boleh mengabaikannya karena bisa saja disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius.

Nah, sebelum terlambat mengatasi rasa gatal pada saat hamil, berikut Popmama.com telah merangkum 9 daftar rekomendasi salep gatal untuk ibu hamil yang aman dengan harga terjangkau.

1. Biolane Pour Elle

1. Biolane Pour Elle
blibli.com

Rasa gatal biasanya timbul karena kulit terlalu kering dan tidak lembap. Produk ini terkenal dengan kandungan hydra-bleïne yang merupakan kombinasi dari wheat protein.

Bahan tersebut sangat efektif membantu mengurangi dehidrasi pada kulit kering dan membuatnya lembap sepanjang hari.

Tidak hanya itu, Biolane Pour Elle juga mengandung vitamin E dan argan oil yang dapat menutrisi kulit tetap sehat, elastis, dan mencegah timbulnya stretch mark pada ibu hamil.

2. Bio Oil

2. Bio Oil
Amazon.com

Produk satu ini tergolong mudah untuk Mama temukan. Bio Oil, mengandung beragam aroma bunga, mulai dari minyak alami lavender, rosemary, chamomile dan bunga kalendula yang mampu memberikan efek rileksasi tubuh serta pikiran.

Wangi yang menenangkan, membuat Mama tidak mudah merasakan mual, terutama pada trimester pertama.

Bio oil juga dilengkapi dengan vitamin A dan vitamin E yang mampu menutrisi kulit secara maksimal, menghidrasinya supaya tetap lembap, mengurangi rasa gatal dan mencegah timbulnya stretch mark selama masa kehamilan.

Mama bisa mendapatkannya di apotek atau toko perlengkapan bayi.

3. Elocon

3. Elocon
shopee.co.id

Di Apotek tersedia berbagai macam jenis obat yang berlabel elocon, ada yang berbentuk salep, losion, hingga krim.

Obat yang satu ini berfungsi sangat baik untuk mengatasi gatal pada kulit ibu hamil, baik akibat jamur, ruam kulit, eksim, ataupun dermatis.

Obat ini mengandung GCS (Glukokortikosteroid) yang sangat ampuh untuk mengusir gatal yang parah sekalipun, seperti yang ada hubungannya dengan hiperkeratosis, yakni gatal yang dapat menyerang semua orang diatas 2 tahun.

Editors' Picks

4. Miconazole

4. Miconazole
tokopedia.com

Miconazole bermanfaat untuk membunuh jamur yang menjadi penyebab datangnya gatal pada kulit, khususnya mulut dan kemaluan.

Namun, obat yang satu ini bisa juga digunakan untuk mengusir jamur yang bersarang pada kulit.

Sesuai dengan anjuran dokter pada umumnya, miconazole ini dipakai tidak lebih dari waktu 3 minggu, tergantung apakah sudah mereda atau belum.

Tapi sebaiknya teruslah Mama pakai sampai habis, agar infeksi jamur tidak mudah kambuh kembali.

5. Mooimom Cream

5. Mooimom Cream
mooimom.id

Mooimon mengandung ekstrak bunga edelweiss yang tinggi akan antioksidan, mencegah tanda-tanda penuaan dan memberi efek menenangkan pada kulit.

Tidak hanya itu, krim ini juga mengandung croton lechleri extract yang berfungsi mengencangkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, membantu menyamarkan stretch mark dan bekas luka pascamelahirkan.

Minyak biji kakao maroko kaya akan vitamin E, menjaga elastisitas kulit, mencegah kekeringan kulit dan keriput serta memperlambat garis-garis halus.

Soluble collagen essence yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan relaksasi kulit, meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit, dan membuat kulit lebih berkilau serta kenyal.

6. Mustela Stretch Marks Double Action

6. Mustela Stretch Marks Double Action
tokopedia.com

Produk Mustela ini, sangat cocok Mama gunakan ketika kehamilan sudah semakin membesar.

Pasalnya, formula arabinogalactane, dua kali lebih efektif mengatasi stretch mark, merangsang perbaikan sel kulit mati, dan meningkatkan fleksibilitas kulit.

Mustela Stretch Marks Double Action juga dilengkapi dengan elastoregulator, alpukat Peptides, Lupeol dan Alpha Hydroxy Acid yang berfungsi melembapkan serta mencegah kulit kering selama masa kehamilan.

Kandungan hypoallergenic, sudah teruji secara klinis mengurangi alergi kulit pada ibu hamil dan berada di bawah kontrol ginekologi.

Mama bisa menggunakannya hingga masa menyusui, untuk mencegah timbulnya stretch mark di area payudara.

7. Palmer's Cocoa Butter

7. Palmer's Cocoa Butter
Amazon.com

Produk yang satu ini mengandung pure cocoa butter, shea butter, bio-C, dan vitamin E yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan kulit selama kehamilan.

Bentuknya yang cair seperti losion, memudahkan Mama untuk mengapilkasikan pada daerah perut, bokong, dan tangan.

Selain melembapkan dan mengurangi rasa gatal, Palmer's Cocoa Butter juga dilengkapi dengan sweet almond oil, argan oil, kolagen, hingga centella asiatica yang membantu memudarkan stretch mark pada ibu hamil.

Mama tidak perlu takut menggunakannya, karena produk ini sudah teruji secara klinis dan bisa digunakan setiap pagi dan sore hari, untuk mecegah kulit kering.

8. Sebamed Stretch Mark Cream

8. Sebamed Stretch Mark Cream
sebamed.co.uk

Sebamed Stretch Mark Cream memiliki pH 5,5 yang berfungsi melindungi kulit, melawan dehidrasi dan radikal bebas penyebab kulit kering dan gatal selama hamil.

Sebamed juga efektif menutrisi kulit untuk membantu mencegah timbulnya stretch mark. Mama bisa menggunakannya sebanyak 2 kali sehari pada awal kehamilan sampai beberapa minggu setelah melahirkan.

Mama dapat mengaplikasikan di bagian payudaya, perut, pinggul dan paha atas. 

9. Sensitif Stretch Mark Cream

9. Sensitif Stretch Mark Cream
tokopedia.com

Pelembap satu ini mengandung cocoa dan shea butter yang kaya akan antioksidan. Vitamin E yang terdapat di dalamnya juga berfungsi melembapkan dan mempertahankan keremajaan kulit.

Sensitif Stretch Mark Cream, juga mengandung tinggi kolagen dan elastin yang merupakan protein pembentuk dermis dan berperan penting dalam menjaga elastisitas dan regenerasi kulit.

Squalane dan chamomilla recutita flower extract bermanfaat menyehatkan, menghaluskan, dan merawat kulit.

Produk satu ini sangat cocok bagi ibu hamil yang sensitif dan mengurangi rasa gatal pada daerah perut. 

Nah, itulah 9 daftar rekomendasi salep gatal untuk ibu hamil yang aman dengan harga terjangkau.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.