6 Hal Ini Bisa Dilakukan Ibu Hamil saat Bed Rest, Biar Tak Mudah Bosan

Terkadang Mama harus bed rest saat hamil karena beberapa alasan kesehatan

17 Oktober 2021

6 Hal Ini Bisa Dilakukan Ibu Hamil saat Bed Rest, Biar Tak Mudah Bosan
Freepik/comzeal

Ada beberapa kondisi yang membuat Mama harus beristirahat total atau bed rest saat hamil. Bed rest biasanya disarankan oleh dokter karena Mama mengalami kondisi tertentu, sehingga dibutuhkan istirahat total. Bed rest ini tentu bertujuan untuk menjaga kehamilan dan janin di dalam kandungan.

Namun, bed resttidak mudah untuk dilakukan. Selain membosankan, banyak ibu hamil yang khawatir jika ini akan menambah berat badan dengan cepat.

Rasa bosan ketika sedang bed rest juga dapat mengundang stres lho, Ma. Padahal stres berat dapat berisiko bagi ibu hamil dan janin. Nah, agar tidak bosan, kali ini Popmama.com merangkum beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh ibu hamil saat bed rest.

Kira-kira apa saja, ya?

1. Memanjakan diri

1. Memanjakan diri
Freepik

Ini menjadi saat yang tepat untuk bersantai dan memanjakan diri. Ketika sedang bed rest, maka Mama bisa memanjakan diri dengan menonton film, mendengarkan musik, bahkan membaca novel-novel yang mungkin sempat tertunda.

Yuk, manfaatkan waktu ini dengan bersantai! Saat si Kecil lahir nanti, Mama mungkin akan kesulitan membagi waktu untuk diri sendiri.

2. Belajar berbagai hal baru

2. Belajar berbagai hal baru
Pexels/Josh Willink

Manfaatkan waktu bed rest untuk mempelajari hal baru. Banyak kursus-kursus online gratis di internet yang dapat dicoba. Mama juga dapat belajar bahasa asing dari aplikasi gratis untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri.

Belajar hal baru dapat mengalihkan diri sendiri dari rasa bosan dan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu. Namun pastikan Mama agar tetap santai, ya. Jangan sampai aktivitas ini malah membuat Mama stres!

Editors' Picks

3. Menulis jurnal kehamilan

3. Menulis jurnal kehamilan
Freepik/freepik

Agar tidak merasa bosan, Mama dapat menulis jurnal tentang kehamilan. Tuliskan segala hal yang dialami selama kehamilan. Misalnya perkembangan janin dari waktu ke waktu, apa yang sedang diidamkan, atau mungkin perasaan yang sedang Mama rasakan saat ini.

Selain mengurangi rasa bosan, menulis juga dapat membuat diri sendiri menjadi lebih lega atau mengurangi stres, lho.

4. Melakukan peregangan ringan

4. Melakukan peregangan ringan
Freepik/Nixxphotography

Meski sedang melakukan istirahat total, Mama perlu melakukan perenggangan tubuh saat bed rest. Tujuannya untuk menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah.

Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai peregangan seperti apa yang diperbolehkan selama masa kehamilan.

5. Buat rencana persalinan

5. Buat rencana persalinan
Pexels/Andrea Piacquadio

Nah, jika sebelumnya Mama tidak memiliki waktu untuk membuat rencana persalinan, maka sekarang menjadi waktu yang tepat.

Mama dapat membuat rencana dan melakukan penelitian kecil untuk persiapan persalinan. Tentukan mulai dari siapa dokter yang akan membantu, metode persalinan, rumah sakit, bahkan terkait biaya persalinan nanti.

6. Berbelanja online

6. Berbelanja online
Freepik/Jannoon028

Walau harus berada di tempat tidur dalam jangka waktu panjang, bukan berarti Mama tidak bisa mengurus rumah tangga atau menyiapkan makanan.

Saat ini, ada banyak supermarket atau restoran yang menyediakan layanan delivery. Pertimbangkan untuk berbelanja online ketika Mama harus menghabiskan waktu di tempat tidur. Dengan cara ini, maka dapat memastikan makanan sehat selalu tersedia.

Beristirahat di tempat tidur terkadang sulit dan membuat frustrasi, tetapi demi kebaikan janin di dalam kandungan dan diri sendiri, maka ini harus dipatuhi. Manfaatkan waktu bed rest dengan berbagai kegiatan yang ringan dan memang Mama sukai untuk menghindari rasa jenuh serta stres.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.