5 Jenis Makanan Ini Dapat Meningkatkan Suasana Hati di Masa Kehamilan

Diadaptasi dari diet Mediteranian, makanan-makanan ini berdampak baik untuk mood mama

8 Juni 2021

5 Jenis Makanan Ini Dapat Meningkatkan Suasana Hati Masa Kehamilan
Unsplash/Sam Moqadam

Apakah Mama merasa khawatir, stres, dan kewalahan selama masa kehamilan ini? Terutama dalam menghadapi persalinan yang semakin dekat waktunya? Faktanya, peradangan yang terjadi akibat banyaknya tekanan pada otak dapat menyebabkan kerusakan pada otak sehingga memengaruhi suasana hati. 

Suasana hati yang buruk selama kehamilan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. Selain dengan melakukan kegiatan yang dapat merelaksasi pikiran, asupan makanan juga dapat memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik lho, Ma. Kali ini Popmama.com punya lima jenis makanan yang dapat meningkatkan suasana hati saat hamil, yang diadaptasi dari diet Mediteraninan, dilansir dari Marchini Nutrition:

1. Makanan 'utuh'

1. Makanan 'utuh'
Freepik/pvproductions

Makanan 'utuh' adalah istilah untuk makanan yang mengandung gizi lengkap. Selama kehamilan maupun sesudahnya, konsumsilah berbagai macam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijan dalam makanan sehari-hari. Semua makanan ini memberikan manfaat antioksidan dan nutrisi lain yang membantu melawan kerusakan sel di otak yang memengaruhi suasana hati dan emosi.

Editors' Picks

2. Makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh omega-3

2. Makanan mengandung asam lemak tak jenuh omega-3
Freepik

Asam lemak tak jenuh omega-3 memiliki efek besar pada penurunan tingkat peradangan di dalam tubuh. Terutama pada otak. Perubahan suasana hati dan depresi dapat disebabkan karena peradangan pada otak. Jika risiko ini ditekan, maka terjadi peningkatan suasana hati.

Ikan-ikanan laut, seperti sarden dan salmon, merupakan sumber omega-3 yang baik untuk ibu hamil.

3. Protein rendah lemak

3. Protein rendah lemak
Freepik/Naumenkooleksandra

Makanan yang mengandung protein rendah lemak membantu menjaga kadar gula darah sehingga menstabilkan tingkat energi secara moderat setelah dicerna. Protein yang dipecah menjadi asam amino, terutama tirosin. Tirosin memiliki efek pada peningkatakan kadar hormon yang secara positif meningkatkan suasana hati. 

Beberapa jenis makanan yang mengandung protein tetapi rendah lemak adalah putih telur, ikan yang dikukus atau dipanggang, daging dada ayam tanpa kulit, tahu, tempe, kacang merah, dan kacang-kacangan lainnya. 

4. Probiotik

4. Probiotik
Freepik/8photo

Probiotik adalah bakteri baik di dalam usus, yang membantu pencernaan makanan yang kita makan. Probiotik juga menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya sehingga menyehatkan saluran pencernaan. Dengan saluran pencernaan yang sehat maka sistem kekebalan tubuh pun meningkat dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Contoh makanan yang kaya probiotik adalah yoghurt.

5. Prebiotik

5. Prebiotik
Freepik/azerbaijan_stockers

Berbeda dengan probiotik, prebiotik adalah senyawa yang terdapat dalam makanan. Prebiotik yang sampai ke usus besar akan memberi makan probiotik (bakteri baik). Dengan memberi makan probiotik, jumlah populasi mereka meningkat sehingga bekerja lebih efektif dalam pencernaan. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi prebiotik setiap hari dapat mengurangi hormon stres (kortisol). Usus yang sehat menghasilkan otak yang sehat dan suasana hati yang baik. Jadi pastikan Mama mengonsumsi makanan seperti aneka biji-bijian dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Itulah beberapa makanan untuk meningkatkan suasana hati saat hamil. Dengan meningkatkan asupan makanan sehat yang baik dan membatasi makanan olahan selama kehamilan, tubuh mama mendapatkan efek positif secara fisik maupun psikis sehingga risiko stres dan depresi dapat diminimalkan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.