Bantu Siapkan Persalinan Normal Dengan Gym Ball, Ikuti Gerakan Ini Yuk

Sederhana dan dapat dilakukan di rumah lho, Ma

9 Januari 2020

Bantu Siapkan Persalinan Normal Gym Ball, Ikuti Gerakan Ini Yuk
Diaryofafitmommy.com

Sebagian besar Mama menginginkan persalinan secara normal. Persalinan secara normal dapat dibantu dengan beberapa latihan atau olahraga khusus. Misalnya, dengan melakukan gym ball. 

Bola besar yang memantul ini dapat membantu Mama melakukan latihan sehingga dapat membuka jalan lahir bayi. Lebih dari itu, menggunakan bola olahraga dapat memperkuat kaki, punggung, dan otot-otot inti yang penting dalam masa kehamilan.

Selain itu, bola-bola ini juga dapat membantu relaksasi dan bantuan fisik dari kesengsaraan fisik saat kehamilan yang terjadi. Mama pun dapat memperbaiki postur tubuh melalui gym ball. 

Sebelum memulai gym ball, Mama perlu memilih jenis dan ukuran bola yang tepat untuk olahraga. Untuk mengujinya, duduklah di atas bola dengan punggung lurus. Lihatlah pinggul dan lutut Mama. Keduanya harus membuat sudut yang benar dan sejajar. 

Jika sudah menemukan bola yang tepat untuk olahraga menjelang persalinan. Mama dapat mengikuti gerakan-gerakan gym ball yang telah Popmama.com lansir Diaryofafitmommy.com berikut ini:

2. Squat

2. Squat
Diaryofafitmommy.com

Posisikan diri Mama dengan berdiri dan letakkan bola di belakang punggung. Lakukan gerakan squat seperti jongkok sambil menahan bola di punggung. Latihan ini dapat membantu Mama mengatasi sakit perut bagian bawah. Selain itu, gerakan ini juga akan memperkuat otot dasar panggul sehingga bermanfaat saat proses persalinan nanti. 

2. Latihan otot betis

2. Latihan otot betis
Diaryofafitmommy.com

Untuk melakukan gerakan ini, posisikan tubuh untuk berdiri agak condong ke depan menghadap dinding. Posisikan bola tepat di depan wajah Mama. Lalu berjinjit dengan menahan bola. Latihan ini dapat memperkuat otot betis sehingga lebih siap saat menghadapi persalinan nantinya.

Editors' Picks

3. Kuatkan otot trisep

3. Kuatkan otot trisep
Diaryofafitmommy.com

Kuatkan otot trisep dengan menggunakan bola. Caranya, berdiri dan menahan bola di dinding dengan posisi tubuh agak condong ke depan. Gerakkan tangan dengan mendorong keluar bola. Lakukan gerakkan ini secara terus menerus dalam beberapa menit. 

4. Posisi seperti jembatan

4. Posisi seperti jembatan
Diaryofafitmommy.com

Untuk mendapatkan posisi latihan ini, Mama perlu meletakkan kepala di atas bola. Kemudian, posisikan tubuh sehingga membentuk seperti jembatan. Latihan seperti ini dapat memperkuat otot pinggang, panggul, dan bagian kaki untuk persalinan Mama nanti. 

5. Latihan otot bahu

5. Latihan otot bahu
Diaryofafitmommy.com

Melatih otot bahu juga dapat dilakukan dengan bola. Mama cukup duduk di atas bola dengan kaki yang terbuka lebar. Kemudian, gunakan barbel untuk melatih otot bahu. Latihan ini akan membantu Mama menghilangkan pegal-pegal saat hamil. Selain itu, latihan otot bahu dengan barbel dapat menjaga stamina Mama saat proses persalinan nanti. 

6. Luruskan bagian lutut

6. Luruskan bagian lutut
Diaryofafitmommy.com

Berat bayi yang semakin bertambah pada trimester ketiga ini membuat tubuh Mama harus bekerja ekstra untuk menopang. Terkadang, rasa sakit atau nyeri pun muncul. Dengan meluruskan lutut saat duduk di atas bola dapat meredakan sakit dan nyeri kaki. Duduklah di atas bola dengan lebar kaki yang sejajar, kemudian angkat dan luruskan kaki selama beberapa menit. Lakukan secara bergantian dengan kaki lainnya. 

7. Latihan otot bisep

7. Latihan otot bisep
Diaryofafitmommy.com

Lakukan latihan otot bisep dengan duduk di atas bola. Lebarkan kaki dengan sejajar dan gunakan bantuan barbel saat latihan otot. Lakukan dalam beberapa menit. Latihan ini mampu meredakan sakit atau nyeri otot yang mungkin Mama alami. 

Itu lah 7 gerakan sederhana yang dapat Mama lakukan dengan gym ball. Tetap lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu memaksakan diri. Beristirahatlah jika sudah terlalu lelah. Semoga kehamilan Mama lancar hingga persalinan nanti, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.