5 Cara Melahirkan yang Perlu Mama Ketahui

Banyak cara untuk melahirkan sang bayi turun ke dunia

22 Mei 2020

5 Cara Melahirkan Perlu Mama Ketahui
boredpanda.com/Kourtnie Elizabeth

Seiring dengan berkembangnya jaman, cara melahirkan yang dulu hanya lewat jalan lahir, kini sudah banyak ditemukan banyak cara lain. Dengan alasan keamanan dan kenyamanan dari ibu hamil, cara ini sudah dibuat dengan prosedur medis yang sedemikian rupa.

Bukan hanya normal dan caesar saja lho, Ma. Persalinan juga banyak caranya seiring dengan berkembangnya teknologi medis.

Teknologi medis juga membuat pengalaman melahirkan jauh lebih aman untuk Ibu hamil selama seabad terakhir. Selain itu, rumah sakit juga menawarkan banyak cara dengan kelebihan dan kekurangan cara bersalin itu.

Jika Mama sedang hamil, Mama mungkin bisa mempertimbangkan cara lahir yang nyaman dan aman bagi Mama.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum lima cara melahirkan yang perlu Mama ketahui.

1. Persalinan pervaginam

1. Persalinan pervaginam
www.motherandbaby.co.uk

Dalam persalinan cara ini, bayi dilahirkan melalui jalan lahir atau dikenal dengan persalinan cara normal. Kekurangan dari cara ini adalah sulit untuk mengetahui kapan tepatnya Mama akan melahirkan, tapi sebagian besar wanita melahirkan sekitar usia 38-41 minggu kehamilan. Mama juga akan merasakan kontraksi hingga pembukaan ke-10.

Akan tetapi, dokter obgyn akan merekomendasikan Ibu hamil untuk melakukan persalinan normal jika tidak ada kendala atau penghalang lain.

Editors' Picks

2. Operasi caesar

2. Operasi caesar
parents.com

Terkadang memang kelahiran terjadi tidak seperti yang kita rencanakan. Kadang muncul komplikasi atau penghalang yang menuntut dokter untuk melakukan operasi caesar. Operasi Caesar adalah kelahiran bayi melalui sayatan bedah di perut dan rahim mama.

Dalam keadaan tertentu, operasi caesar telah dijadwalkan sebelumnya. Dalam kasus lain, ini dilakukan sebagai tanggapan darurat atas komplikasi yang tidak terduga.

3. Persalinan pervaginam setelah caesar

3. Persalinan pervaginam setelah caesar
Pixabay/cherylholt

Jika sebelumnya Mama pernah operasi caesar dan kemudian merasa tidak bisa lagi lahiran normal, tidak dengan sekarang. Seiring dengan perkembangan teknologi, Mama kini bisa melahirkan normal meski anak pertama melahirkan caesar. Teknik melahirkan ini adalah VBAC atau Vaginal Birth After Caesarian.

4. Ekstraksi vakum

4. Ekstraksi vakum
Unsplash/rawpixel

Biasanya ekstraksi vakum adalah prosedur yang terkadang dilakukan selama proses persalinan normal. Selama ekstraksi dilakukan, petugas medis menerapkan vakum, cangkir lembut atau kaku dengan pegangan dan pompa vakum ke kepala bayi untuk membantu membimbing bayi keluar dari jalan lahir.

5. Kelahiran forsep

5. Kelahiran forsep
Unsplash/Cassidy Rowell

Metode ini kadang dibutuhkan dalam proses kelahiran normal. Lahiran ini menerapkan alat bernama forsep, alat berbentuk seperti sendok bear atau penjepit salad ke kepala bayi untuk membantunya keluar dari jalan lahir.

Masing-masing cara lahir punya kelebihan dan kekurangannya. Misalnya persalinan normal yang membutuhkan rawat inap yang lebih pendek, tingkat infeksi yang lebih rendah, dan pemulihan lebih cepat.

Jangan lupa ikuti saran dokter agar tahu cara terbaik untuk melahirkan agar Mama dan si Kecil aman dan selamat. Jadi, kamu pilih cara melahirkan yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.