Jangan Malas Bergerak, Ini Dia 6 Manfaat Jalan Pagi saat Hamil

Rutin berolahraga memang hal yang sulit untuk dilakukan.

6 Februari 2019

Jangan Malas Bergerak, Ini Dia 6 Manfaat Jalan Pagi saat Hamil
Freepik/senivpetro

Kehamilan merupakan salah satu fase di mana Mama harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh. Apalagi dengan kondisi perut yang kian membesar dan bobot tubuh semakin berat, tentunya ruang gerak Mama jadi lebih terbatas.

Agar kesehatan tetap terjaga, sebaiknya memilih jenis olahraga yang aman dan mudah untuk ibu hamil. Ya, Mama bisa berjalan kaki di pagi hari.

Udaranya yang masih segar, tentunya bisa membantu menjaga kebugaran tubuh dan mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Berikut ini adalah lima manfaat jalan pagi bagi ibu hamil. Langsung cek yuk!

1. Meredakan stres selama Kehamilan

1. Meredakan stres selama Kehamilan
Freepik

Ibu hamil sering kali mengalami stres, hal itu dapat menimbulkan dampak negatif untuk Mama dan juga janin.

Nah, aktivitas ringan seperti berjalan kaki di pagi hari akan memicu tubuh melepaskan hormon endorfin, sejenis senyawa kimia yang membuat perasaan jadi tenang dan rileks.

Selain melepaskan ketegangan mental, gerakan teratur seperti rutin berjalan santai akan membantu Mama dalam mengurangi depresi. Dikarenakan jalan kaki di pagi hari tidak membuat tubuh ibu hamil kelelahan yang berlebih.

2. Mengurangi Ketidaknyamanan

2. Mengurangi Ketidaknyamanan
Freepik

Keluhan mengalami beban tubuh yang bertambah selama masa kehamilan membuat Mama lebih rentan merasakan ketidaknyamanan, seperti kram, pegal-pegal dan susah tidur.

Rutin berjalan santai di pagi hari dapat memperlancar aliran darah di semua jaringan tubuh, sehingga pikiran ibu hamil jadi lebih rileks, lho.

Kondisi inilah yang menyebabkan ibu hamil dapat tidur dengan pulas dan terhindar dari serangan penyakit insomnia. 

3. Memperkuat otot panggul

3. Memperkuat otot panggul
Freepik/Pressfoto

Manfaat lainnya yang didapat dari berjalan santai di pagi hari ialah memperkuat otot panggul, yang nantinya sangat berguna agar proses persalinan menjadi lancar.

Jika otot panggul kuat, disitulah bisa membantu untuk merangsang kontraksi dan janin cepat keluar dengan mudah tanpa menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan.

Hal itu karena otot-otot jadi lebih lentur, kuat dan memperkecil risiko peradangan otot.

Editors' Picks

4. Mengurangi preeklamsia

4. Mengurangi preeklamsia
Freepik/Pressfoto

Jika selama kehamilan rutin berjalan kaki di pagi hari, ternyata juga dapat membantu Mama membantu tekanan darah jadi lebih stabil dan mengurangi risiko masalah kehamilan seperti preeklamsia.

Di mana preeklampsia merupakan komplikasi yang terjadi pada masa kehamilan dan berpotensi membahayakan kandungan.

Kondisi tersebut ditandai dengan tingginya tekanan darah. 

5. Tubuh tetap fit

5. Tubuh tetap fit
Freepik/senivpetro

Jalan kaki di pagi hari dengan teratur akan membantu ibu hamil mengurangi keluhan yang sering kali terjadi selama kehamilan, yaitu membuat kondisi tubuh tetap fit dan berenergi.

Gerakan teratur dari berjalan kaki selama 20 menit, membuat otot di jaringan tubuh akan terlatih untuk menjadi rileks dan tidak mudah lelah.

Apabila Mama sudah terbiasa dilatih aktif setiap pagi, maka bisa meningkatkan stamina Mama untuk menghadapi proses persalinan normal.

6. Mencegah diabetes

6. Mencegah diabetes
Rawpixel/Ake

Selama masa kehamilan akan terjadi peningkatan kadar hormon estrogen, progesteron dan laktogen plasenta.

Hal itulah yang menyebabkan insulin di tubuh ibu hamil tidak bisa bekerja secara optimal, sehingga kadar gula dalam darah jadi meningkat.

Berjalan santai di pagi hari secara rutin, dapat mengubah gula darah menjadi energi.

Dengan begitu, risiko diabetes dan kondisi makrosomia (bayi lahir dengan berat berlebih) bisa diminimalisir. 


Banyak bergerak dengan berjalan santai di pagi hari saat hamil bisa menyehatkan sang ibu dan janinnya. Agar tidak terlalu kelelahan, sesuaikan juga intensitas jalan kakinya sesuai kemampuan tubuh Mama.