Jangan Terlewat, Ketahui Manfaat Vitamin A untuk Ibu Hamil

Yakin sudah tahu manfaat vitamin A untuk ibu hamil?

11 Mei 2019

Jangan Terlewat, Ketahui Manfaat Vitamin A Ibu Hamil
Freepik/Dragana_Gordic

manfaat utamanya adalah untuk mendukung kesehatan indera penglihatan kita, yaitu mata. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. 

Bagi ibu hamil, vitamin A ini memiliki manfaat yang lebih dari itu. Yuk, simak penjelasan dari Popmama.com berikut ini, Ma!

Manfaat penting vitamin A untuk ibu hamil

Manfaat penting vitamin A ibu hamil
babymed.com
  • Vitamin A sangat penting bagi perkembangan embrio, begitupun untuk perkembangan jantung, ginjal, paru, tulang, mata, pernafasan, sistem sirkulasi dan sistem saraf pusat. 
  • Vitamin A bermanfaat untuk memberi ketahanan dari infeksi dan metabolisme lemak.
  • Bagi ibu hamil yang akan melahirkan, vitamin A menjadi bagian yang penting  karena membantu perbaikan jaringan pasca melahirkan nantinya. Selain itu vitamin A dapat membantu penglihatan tetap terjaga dan berfungsi dengan normal.

Baca juga: Apakah Anak Mama Membutuhkan Multivitamin? Cek Faktornya Disini!

Baca juga: Selain Mengurangi Tingkat Stres, Ini Manfaat Lain Vitamin C untuk Mama

Ada 2 macam vitamin A

Ada 2 macam vitamin A
health.qld.gov.au

Vitamin A ada dua macam nutrisi, antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, vitamin A yang disebut retinol atau retinoid dan provitamin A karotenoid yang langsung digunakan oleh tubuh. Biasanya ditemukan pada produk hewani seperti telur, susu, dan hati. 
  • Kedua, provitamin A karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Ada banyak karotenoid yang ditemukan di alam semesta tapi hanya beberapa yang bisa diubah menjadi vitamin A, dan yang  umum diketahui adalah beta karoten.

Editors' Picks

Vitamin A yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui

Vitamin A dibutuhkan ibu hamil menyusui
Freepik/Freephoto

Ibu hamil yang berusia 19 tahun atau lebih membutuhkan sekitar 770 mikrogram RAE vitamin A (sekitar 2,565 IU per hari). 

Sedangkan ibu hamil usia kurang dari 18 tahun membutuhkan 750 mg (2500 IU).

Ibu menyusui usia lebih dari 19 tahun membutuhkan 1300 mikrogram RAE vitamin A (4.330 IU), sedangkan ibu menyusui yang usianya kurang dari 18 tahun memerlukan 1200 mikrogram RAE (4000 IU).

Tidak memenuhi takaran sesuai kebutuhan memang tidak masalah, tapi  jumlah tersebut bisa menjadi jumlah acuan rata-rata dari beberapa hari dalam satu minggu.

Dampak kelebihan atau kekurangan vitamin A

Dampak kelebihan atau kekurangan vitamin A
Freepik/Yanalya

Pada dosis kecil vitamin A baik untuk menyokong perkembangan sel, gigi, tulang, kulit, mata, dan sistem kekebalan pada janin.

Namun, apa bahayanya jika ibu hamil kelebihan vitamin A?

Terlalu banyak konsumsi vitamin A bisa menjadi racun dan meningkatkan resiko cacat lahir.  

Sementara jumlah vitamin A yang terlalu sedikit bisa mengakibatkan pertumbuhan janin melambat, kelahiran prematur, kerusakan mata, dan gangguan pada kulit.

Aturan dosis vitamin A yang benar

Aturan dosis vitamin A benar
Polky.pl

Dosis vitamin A yang besar dapat mengakibatkan masalah perkembangan yang serius janin. konsultasikan pada dokter kandungan mama terlebih dulu, apakah kamu memerlukan suplemen atau tidak.

Tidak disarankan untuk menambah dua kali lipat vitamin prenatal atau suplemen tanpa anjuran dokter. 

Kebanyakan vitamin prenatal mengandung vitamin A dalam bentuk beta karoten bahkan ada yang mengandung retinol dalam dosis tinggi. Ibu hamil harus teliti sebelum mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

Selain dari vitamin prenatal, suplemen kecantikan dan kosmetik kadang ada juga yang mengandung vitamin A. Jangan lupa untuk perhatikan dosisnya dan konsultasikan ke dokter ya, Ma.

Itulah yang perlu Mama ketahui terkait pentingnya manfaat vitamin A untuk ibu hamil. Jangan ragu untuk selalu konsultasikan terlebih dulu ke dokter kandungan jika Mama merasa butuh vitamin atau suplemen tambahan selama kehamilan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!