Dikomentari Makan Sushi, Medina Zein Tak Masalah Asal Disajikan Matang

Begini cerita kehamilan Medina Zein di trimester ketiga!

12 Agustus 2019

Dikomentari Makan Sushi, Medina Zein Tak Masalah Asal Disajikan Matang
Instagram.com/medinazein/

Kehamilan Medina Susani Daivina Zein atau yang sering dikenal dengan Medina Zein telah memasuki trimester ketiga kehamilan. Sama seperti ibu hamil lain, Medina pun tetap menjaga kehamilan tuanya ini menjelang hari-hari persalinan. 

Belum lama ini daat menunggu sang Suami berolahraga, Medina sempat datang ke sebuah restoran sushi di daerah Senopati. Istri dari Lukmanulhakim Azhari ini sempat mengabadikan beberapa sushi di InstaStory pribadinya. 

Unggahannya saat sedang berada di restoran sushi, sontak mendapatkan perhatian dari beberapa warganet yang mempertanyakan dirinya makan sushi saat hamil. 

"Banyak, ibu-ibu yang direct message aku 'emang boleh Teh Medi lagi hamil makan sushi?' Iya boleh saja yang penting kita minta yang matang. Kalau yang sashimi nggak usah dimakan dan nggak usah dipesan juga. Kalau kita pesan, nanti kita bisa tergoda," ucap Medina menjawab kegelihan warganet. 

Sushi sebagai makanan Jepang yang populer ini tentu sangat disenangi oleh banyak orang termasuk ibu hamil. Tak jarang ibu hamil pun ingin mengonsumsi sushi terlebih saat ngidam. 

Perlu Mama ketahui bahwa sebuah penelitian dari Children of the 90s mengatakan bahwa makan ikan berminyak selama kehamilan dapat menguntungkan untuk IQ dan penglihatan anak saat dilahirkan. Bahkan di Jepang, makan ikan mentah dianggap memiliki gizi neonatal yang baik selama ikan tidak memiliki kandungan merkuri. 

Seringkali ibu hamil takut mengonsumsi sushi karena memiliki risiko terhadap parasit seperti anisakis. Namun, salmon kini dapat dibudidayakan dan mampu mengurangi risiko lebih rendah terhadap parasit. 

Centers for Disease Control and the Food and Drug Administration merekomendasikan ibu hamil yang ingin mengonsumsi ikan atau makanan laut untuk dimasak hingga suhu 145 °F. Pengolahan melalui suhu ini dapat membuat parasit dan  patogen yang berbahaya lebih mudah hancur, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Selain cerita makan sushi sewaktu hamil, Medina Zein memiliki banyak cerita menarik lainnya di trimester ketiga. Untuk Mama yang penasaran cerita-cerita kehamilannya, simak rangkuman dari Popmama.com yuk!

Editors' Picks

1. Medina Zein mengonsumsi air kelapa hijau

1. Medina Zein mengonsumsi air kelapa hijau
Instagram.com/medinazein

Akhir-akhir ini minuman kalau meeting di kantor lagi sering banget konsumsi kelapa hijau. Karena katanya, kelapa hijau bagus untuk kehamilan di trimester 3 kaya aku sekarang. Nah, untuk ibu-ibu yang lagi hamil atau yang sudah melahirkan. 

Itulah salah satu cerit dari Medina saat mengonsumsi kelapa hijau di tengah-tengah kesibukannya. Dilansir dari Mom Junction, air kelapa dapat membantu beberapa gangguan kesehatan seperti heartburn. 

Ibu hamil yang ingin meminum air kelapa disarankan untuk dapat dikonsumsi pada pagi hari saat perut masih kosong, sehingga mudah terserap dan kandungan nutrisinya dapat semakin optimal. 

Perlu Mama ketahui juga bahwa mengonsumsi air kelapa selama masa kehamilan dapat memberikan beragam manfaat positif lain untuk kesehatan, seperti: 

  • Memperlancar buang air kecil karena air kelapa termasuk minuman diuretik alami, sehingga lebih mudah dan lancar. Selain itu, air kelapa mengandung magnesium, kalium dan mineral yang baik untuk tubuh dalam mengeluarkan berbagai racun.  
  • Mengatasi sembelit akibat perubahan hormon selama kehamilan. Kandungan serat yang cukup banyak di dalam air kelapa dapat memperkuat sistem pencernaan serta menyeimbangkan kadar pH, sehingga meminimalisir terjadinya sembelit. 
  • Mencegah kelebihan berat badan karena air kelapa memiliki kandungan yang bebas lemak dan rendah kalori. Rutin meminum air kelapa dapat mencegah penumpukan lemak dan mengatasi kolesterol jahat. 
  • Membantu perkembangan janin karena air kelapa membantu pertumbuhan lebih optimal. Selain itu, air kelapa dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki kandungan seperti vitamin, mineral dan anti oksidan. Setidaknya jika rutin dikonsumsi dapat mengurangi potensi tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. 
  • Menjaga tekanan darah lebih normal dari biasanya. Perlu diketahui bahwa air kelapa memiliki kandungan vitamin, elektolit dan protein esensial untuk mengontrol kadar gula darah serta memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

Banyak sekali manfaatnya ya, Ma!

Baca juga: Mama Wajib Tahu, Ini Dia 7 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

2. Memahami kondisi tubuh sendiri agar tidak mudah lelah

2. Memahami kondisi tubuh sendiri agar tidak mudah lelah
Instagram.com/medinazein

The days are getting closer, setiap harinya selalu diberikan perasaan excited untuk menyambut buat hati tersayang yang masih dalam perjalanan. Di usia kehamilan yang ke 32 minggu ini justru aku semakin memilih kegiatan, lebih tepatnya membatasi karena makin dekat dengan harinya. Bismillah. 

Usia kehamilan Medina ke-32 minggu ini semakin membuatnya tak sabar menanti kelahiran si Kecil apalagi HPL (Hari Perkiraan Lahir) sudah dekat. Kondisi inilah yang semakin membuat Medina lebih memilih kegiatan selama masa-masa kehamilan. 

Perlu diingat ketahuilah batas kemampuan saat sedang hamil dan tanda-tanda tubuh mulai merasa kelelahan. Demi meminimalisir tubuh mudah jatuh sakit pastikan agar tidak lelah saat beraktivitas selama sedang hamil. 

Menurut Christine Miller, MD dari University of California School of Medicine, kelelahan saat hamil memang umum terjadi terutama saat hormon progesteron meningkat. Faktor hormonal dapat menjadi salah satu pemicunya nih, Ma. 

Untuk mengatasi tubuh mudah lelah saat hamil pastikan untuk cukup istirahat, berolahraga secara teratur hingga usahakan tidak membiarkan perut lapar terlalu lama. Jika ingin memperbaiki imunitas tubuh saat hamil pastikan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seperti telur, sup ayam atau yogurt. 

Baca juga: Tya Ariestya Setia Menemani Medina Zein Menjalani Proses IVF

3. Tetap produktif walau menjalani masa-masa kehamilan di trimester ketiga

3. Tetap produktif walau menjalani masa-masa kehamilan trimester ketiga
Instagram.com/medinazein

Selama masa kehamilan kali ini, Medina Zein masih produktif menjalani beberapa pekerjaannya. Jika Mama perhatikan di Instagram pribadinya pasti sering sekali melihat kalau Medina membuka beberapa cabang klinik kecantikan di beberapa tempat. 

Sebagai CEO, Medina hadir di beberapa pembukaan salah satunya pada cabang ke 9 di daerah Tangerang beberapa waktu lalu. Meskipun tetap beraktivitas, namun Medina tetap fokus menjalani masa-masa kehamilan di trimester ketiganya. 

"Blessed. That’s the only word i can use every time i come to visit my baby. Selalu merasa beruntung kembali dipercaya untuk dititipkan anugerah terindah. Mommy and daddy are waiting for you," tulis Medina di salah satu unggahan fotonya. 

Itulah beberapa rangkuman mengenai cerita kehamilan Medina di trimester ketiga. Semoga kebiasaan Medina mengonsumsi sushi dengan matang sekaligus minum air kelapa selama hamil dapat menjadi inspirasi tersendiri ya, Ma. 

Tetap semangat untuk Medina Zein dan beberapa ibu hamil yang sedang menjalani trimester ketiga. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.