hanco

Hamil Tua, Syahnaz Sadiqah Punya Masalah Asam Lambung dan Sering Gerah

Simak cerita kehamilan Syahnaz Sadiqah di trimester ketiga!

30 November 2019

Hamil Tua, Syahnaz Sadiqah Pu Masalah Asam Lambung Sering Gerah
Instagram.com/syahnazs

Kehamilan Syahnaz Sadiqah kini sudah masuk trimester ketiga tepatnya di minggu ke-31. Sebagai salah satu ibu hamil yang sedang mengandung anak kembar, Syahnaz pun memiliki banyak cerita menjelang persalinan kedua anaknya. 

Anak pertama membuat istri dari Ritchie Ismail alias Jeje menjalani pengalaman perdananya saat hamil. Selain berkonsultasi dengan dokter, Syahnaz pun seringkali mendapatkan perhatian khusus dari sang Mama selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui suka duka pengalaman dari Syahnaz selama menjalani trimester ketiga, kali ini Popmama.com telah merangkum semua beberapa ceritanya.

Disimak ya, siapa tahu Mama memiliki pengalaman yang hampir mirip dengan Syahnaz!

1. Asam lambung semakin parah saat masuk trimester ketiga

1. Asam lambung semakin parah saat masuk trimester ketiga
Instagram.com/syahnazs

Sekarang tiap malam mau tidur, asam lambung makin parah sampai dada ke tenggorokan panas banget. 

Aneh banget rasanya sampai nyut-nyutan kepala saking nggak enak banget rasanya. Terus mau balik badan dari ngadep kiri ke kanan atau sebaliknya, rasanya kaya abis larik bolak-balik naik turun tangga. Ngos-ngosan. 

Begitulah salah satu curhatan dari Syahnaz mengenai keluhan asam lambung yang semakin dikeluhkan selama masa-masa kehamilannya di trimester ketiga.   

Perlu diketahui kalau asam lambung cukup menjadi masalah bagi kebanyakan ibu hamil. Padahal saat asam lambung kambuh, Mama harus menahan rasa sakit yang ditimbulkan dan tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Ada beberapa tips alami yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah asam lambung mulai dari teh chamomile, jahe hingga lidah buaya. Ketiga bahan alami ini dipercaya dalam merawat serta menyembuhkan gangguan pencernaan selama mengalami masalah asam lambung. 

Ketika permasalahan kehamilan mengenai asam lambung sudah cukup menganggu, memang ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. 

2. Hamil tua membuat Syahnaz mulai merasa kegerahan

2. Hamil tua membuat Syahnaz mulai merasa kegerahan
Instagram.com/syahnazs

"Ini AC-nya yang kurang dingin atau bawaan hamil gede, kegerahan gini yah?" tulis Syahnaz. 

Layaknya ibu hamil pada umumnya, rasa gerah yang terjadi selama menjalani masa-masa kehamilan memang seringkali terjadi. Perubahan metabolisme dan hormonal, pertumbuhan janin, kenaikan berat badan serta peningkatan volume darah hingga di angka 40 persen menjadi faktor pemicu meningkatnya kegerahan.

Berbagai reaksi yang terjadi pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan peningkatan hawa panas, sehingga membuat udara sekitar dan tubuhnya semakin memicu kegerahan. 

Jika Mama mengalami permasalahan serupa seperti Syahnaz, maka ada baiknya melakukan beberapa cara untuk mengatasi kegerahan saat hamil seperti: 

  • Minum air putih secara lebih teratur sangat diperlukan untuk mencegah dampak buruk akibat sering kegerahan. Setidaknya perlu sekali menghabiskan 6-8 gelas setiap hari. Hal ini dapat menjadi indikator agar ibu hamil tak mengalami dehidrasi akibat cuaca panas. 
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti sayuran, melon, semangka dengan tujuan dapat mendinginkan tubuh ibu hamil.
  • Berusaha untuk mengurangi minuman dengan kafein, seperti kopi atau teh. Kaafein hanya akan memicu suhu tubuh dan tekanan darah semakin meningkat. 
  • Menggunakan pakaian yang longgar selama hamil, setidaknya dapat menyerap keringat. 

Saat ingin terhindar dari kegerahan saat hamil, sebaiknya perlu juga rutin melakukan olahraga berenang. Tak hanya bisa menjaga berat tubuh semakin lebih ideal, namun berendam dapat membantu dalam mengusir rasa gerah. 

Editors' Picks

3. Sudah menyiapkan barang-barang untuk anak kembarnya

3. Sudah menyiapkan barang-barang untuk anak kembarnya
Instagram.com/syahnazs

Jelang hari-hari persalinan, tak jarang pasangan suami istri mulai berbelanja kebutuhan si Kecil begitu juga dengan Syahnaz.

"Lihat semua perlengkapan baby tuh bawaannya gemes aja ya!" tulis Syahnaz. 

Jika memperhatikan Instagram milik adik bungsu dari Raffi Ahmad, Mama pasti akan melihat kalau dirinya begitu banyak perlengkapan si Kembar. Sebagai anak pertama yang dinanti-nantikan, Syahnaz sudah mempersiapkan berbagai pakaian bayi, perlengkapan menyusui, perlak hingga baby play mat. 

Kalau Mama sedang mempersiapkan perlengkapan yang sama untuk si Kecil seperti Syahnaz, ada baiknya membeli barang-barang sesuai kebutuhan terlebih dahulu. 

Usahakan hindari perlengkapan yang sebenarnya tidak terlalu terpakai. Cara seperti ini pun dapat membantu finansial keluarga lebih berhemat nih, Ma. 

4. Bayi laki-laki dari Syahnaz tersenyum ketika sedang melakukan USG

Kemarin USG babies, nah ini baby boy tiba-tiba kasih senyuman manis pas lagi USG. Ramah sekali emesh sampai gede selalu murah senyum yah. 

Terus yang baby girl mana? Si cewek tiap USG selalu susah liatin full mukanya, kadang ditutup tangan kadang malingin mukanya, pokoknya banyak alasan dia nggak mau menunjukkan full mukanya emesh juga bikin penasaran.

Bayi laki-laki Syahnaz yang tersenyum saat menjalani USG seolah menjadi bukti kalau suasana hati ibu hamil sangat memengaruhi kondisi janin. Ketika suasana hati ibu hamil selalu gembira dan riang, maka dapat ditularkan ke janin walau masih berada di dalam kandungan. 

Kebahagiaan janin di dalam kandungan pun bisa distimulasi dengan baik seperti ketika sedang tertawa lepas, mengusap-usap bagian perut hingga mengajaknya berbicara. Walau terkesan sederhana, namun suasana hati janin dapat berubah-ubah sesuai dengan apa yang dirasakan sang Mama saat hamil.

5. Syahnaz akan merilis lagu untuk kedua anaknya

5. Syahnaz akan merilis lagu kedua anaknya
Instagram.com/syahnazs

Setiap orang memiliki cara berbeda-beda dalam mengekspresikan sebuah bentuk cintanya ketika sedang menanti anak pertama. Bahkan tak jarang, beberapa orangtua berusaha membuat sebuah karya seperti lagu sebagai bentuk cinta serta cinta kasihnya untuk si Kecil. 

Menjalani waktu sisa kehamilannya, Syahnaz pun melakukan hal produktif termasuk rekaman lagu sebagai hadiah untuk anak kembarnya yang disebut si Utun dan Utin.

Kira-kira lirik lagunya akan seperti apa ya, Ma? 

Itulah beberapa keseruan serta permasalahan yang terjadi saat Syahnaz saat menjalani masa-masa kehamilannya di trimester ketiga. Semoga Syahnaz dan anak kembarnya terus sehat hingga menjelang persalinan.  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!