Janin Kebesaran, Zaskia Sungkar Kurangi Nasi agar Bisa Lahiran Normal

Mendekati persalinan, Zaskia harus menjaga pola makan dan mengurangi nasi

18 Januari 2021

Janin Kebesaran, Zaskia Sungkar Kurangi Nasi agar Bisa Lahiran Normal
Instagram.com/zaskiasungkar15

Pasangan selebriti Zaskia Sungkar dan Irwansyah saat ini tengah menanti kelahiran anak pertama mereka. Kehamilan Zaskia atau biasa disapa Kia kini sudah memasuki usia tujuh bulan nih, Ma.

Di kondisi kehamilannya yang kian membesar, Zaskia pun sempat membagikan foto hasil USG kandungannya melalui akun Instagram pribadinya.

Dalam unggahan tersebut, Zaskia menyandingkan foto USG sang anak dengan Irwansyah yang tengah tertidur. Ia menuliskan, "MasyaAllah Tabarakallah utuuuun sayang bibirnya sexy kayak papinya."

Tak hanya itu saja, Kia juga menuliskan pada caption fotonya bahwa ia harus mengikuti anjuran dokter untuk mengurangi makan nasi. Hal ini lantaran bayi yang dikandungnya kebesaran.

"Maminya disuruh kurangin nasi sama dokter, utun keendutan," tambah Zaskia.

Lantas, benarkah mengurangi nasi dapat membantu menjaga berat janin di dalam kandungan? Berikut penjelasan yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber untuk para Mama yang merasakan hal serupa seperti Zaskia.

1. Zaskia merasa berat harus mengurangi nasi

1. Zaskia merasa berat harus mengurangi nasi
Instagram.com/zaskiasungkar15

Zaskia juga mengungkapkan, mengurangi porsi nasi dalam makan sehari-harinya menjadi hal terberat untuk ia lakukan. Namun, hal ini harus ia ikuti sesuai anjuran dokter agar bisa melahirkan normal.

"Ya Allah berat banget ninggalin nasi padang, tapi demi ikhtiyar lahiran normal utun nanti nya mami bakal kurangin mulai hari ini, insyaAllah," tutup Zaskia.

Editors' Picks

2. Benarkah harus mengurangi nasi jika janin kebesaran?

2. Benarkah harus mengurangi nasi jika janin kebesaran
Freepik

Perlu diketahui, bahwa berat badan janin tak bisa dikurangi, Ma. Tetapi, jika Mama mengalami hal serupa seperti Zaskia, ini bisa dilakukan untuk memperlambat kenaikannya.

Mengurangi porsi sumber kalori menjadi salah satu cara yang bisa Mama lakukan. Nasi menjadi salah satu jenis kalori yang bisa Mama kurangi.

Selain itu, roti, mie, tepung-tepungan, gula, serta lemak seperti santan kental dan mentega juga perlu Mama kurangi guna membantu memperlambat kenaikan berat janin yang dikandung.

3. Lakukan diet ibu hamil

3. Lakukan diet ibu hamil
Pexels

Jika kondisi berat badan mama atau berat janin kian membesar, melebihi yang seharusnya, biasanya dokter juga akan menganjurkan Mama untuk melakukan diet. Tentu saja diet yang sehat ya, Ma, bukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badan. Sebab janin yang kelebihan berat badan akan menimbulkan risiko sulit dilahirkan secara normal, Ma.

Diet untuk ibu hamil sendiri dilakukan dengan menyesuaikan nutrisi yang dibutuhkan janin dan sang Mama. Meski diet identik dengan mengurangi asupan makanan, tetapi diet ibu hamil bukan berarti harus mengurangi makanan yang membuat janin kekurangan asupan nutrisi ya, Ma.

4. Diet saat hamil agar bayi tidak kebesaran

4. Diet saat hamil agar bayi tidak kebesaran
Freepik

Berikut langkah yang bisa Mama lakukan dalam menjalani diet saat hamil, diantaranya adalah:

  1. Membatasi asupan kalori
  2. Memilih nutrisi yang seimbang
  3. Mencukupi kebutuhan protein
  4. Lebih banyak konsumsi sayuran berserat
  5. Hindari makanan olahan dan bahan pengawet
  6. Memilih asupan cairan bergizi
  7. Mengonsumsi ikan laut
  8. Memilih makanan rendah lemak
  9. Rutin sarapan pagi
  10. Rutin melakukan olahraga kehamilan
  11. Mengonsumsi makanan atau suplemen kaya akan asam folat
  12. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  13. Menghindari teh dan kopi lebih dari 3 kali sehari
  14. Pilih minyak goreng yang lebih aman dan sehat untuk kehamilan
  15. Konsultasikan kepada dokter kandungan

Mengonsultasikannya terlebih dulu pada dokter adalah langkah yang bisa Mama lakukan sebelum memulai diet kehamilan. Sebab kondisi kehamilan setiap mama tentunya berbeda, jadi dibutuhkan rekomendasi yang sesuai anjuran dokter.

Semoga informasi mengenai kehamilan Zaskia Sungkar di atas bermanfaat bagi para Mama yang akan melakukan diet saat hamil guna memperlambat kenaikan berat janin. Selamat menanti kelahiran buah hati tercinta ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.