5 Keutamaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Penuh dengan Manfaat

Amalkan bacaan surat Yusuf untuk kesehatan dan kebaikan janin yang dikandung

22 September 2021

5 Keutamaan Surat Yusuf Ibu Hamil, Penuh Manfaat
Freepik

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan untuk mengatur kehidupan manusia. Diharapkan manusia pun bisa menjalani hidup lebih baik, apalagi membaca Alquran menjadi kewajiban yang perlu dilaksanakan setiap umat Islam.

Terlebih ketika hamil, membaca ayat suci Alquran dapat memberikan manfaat tersendiri, Ma. Selain mendapat pahala dan keberkahan dari Allah SWT, juga untuk mendoakan perkembangan janin yang sedang dikandung.

Seperti salah satunya membaca surat Yusuf atau surat kedua belas dalam Alquran yang terdiri dari 111 ayat dan termasuk dalam kategori surat Makiyah. Surat yang menisahkan perjalanan hidup Nabi Yusuf AS ini bisa diambil makna untuk kehidupan sehari-hari, Ma.

Lantas, apa saja keutamaan dari surat Yusuf yang bisa ibu hamil amalkan dan dapati? Berikut Popmama.com rangkum informasi keutamaan membaca surat Yusuf untuk ibu hamil.

1. Menjadikan calon bayi anak yang saleh

1. Menjadikan calon bayi anak saleh
Freepik/jcomp

Dalam tafsir Ats-Tsaqalayn, Imam Ja'far Ash-Shadiq mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat Yusuf setiap hari dan setiap malam, maka terhitung dalam hamba pilihan Allah SWT yang saleh.

Ddengan membaca surat Yusuf selama masa kehamilan, diharapkan calon buah hati yang akan dilahirkan nanti dapat menjadi pribadi yang saleh dan selalu menaati perintah Allah SWT.

Editors' Picks

2. Dimudahkan dalam proses persalinan nanti

2. Dimudahkan dalam proses persalinan nanti
Pexels/Jonathan Borba

Selain itu, dijelaskan pula bagaimana orang yang mengamalkan surat Yusuf maka akan terhindar dari kepahitan serta kesulitan hidup. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam surat Yusuf ayat 64. 

Saat Mama membacakan surat Yusuf selama kehamilan, maka diharapkan dapat membantu kemudahan proses persalinan nanti.

3. Membuat wajah menjadi berseri

3. Membuat wajah menjadi berseri
Freepik/user18526052

Beberapa orang menyarankan kepada para ibu hamil untuk membacakan surat Yusuf jika mengininkan anak yang lahir dengan wajah berseri bak para Nabi.

Hal ini sebagaimana keutamaan yang didapat jika membaca surat Yusuf selepas salat, maka dapat membuat wajah Mama maupun calon buah hati menjadi berseri dan akan disenangi oleh banyak orang seperti para Nabi.

4. Memuliakan ibu hamil

4. Memuliakan ibu hamil
Freepik/senivpetro

Barang siapa yang membaca surat Yusuf setiap hari, Allah SWT menjanjikan kemuliaan serta kelapangan rezeki baginya.

Saat ibu hamil membaca dan mengamalkan surat tersebut, maka Mama akan senantiasa dimuliakan oleh Allah SWT, serta meluaskan rezekinya untuk kebutuhan si Kecil kelak.

5. Semakin disayang oleh Papa

5. Semakin disayang oleh Papa
Freepik/freepic.diller

Saat hamil, umumnya Mama mengalami perasaan yang lebih sensitif, bahkan tak jarang ingin selalu dimanja dan disayang oleh Papa. Bukan begitu, Ma?

Membaca dan mengamalkan surat Yusuf setiap hari juga bisa membantu menumbuhkan rasa cinta kepada pasangan, Ma. Perlu dipahami bahwa keutamaan surat ini dapat membuat Mama dan Papa menjadi lebih harmonis selama menjalani masa-masa kehamilan.

Itulah beberapa keutamaan surat Yusuf untuk ibu hamil. Perlu diingat bersama bahwa semua surat dalam Alquran adalah baik dan bermanfaat dibaca bagi seluruh umat, termasuk ibu hamil. 

Jadi, sempatkan selalu untuk membaca ayat Alquran, termasuk surat Yusuf ya, Ma. Selain sebagai penambah pahala dan berkah dari Allah SWT, juga sebagai doa agar dimudahkan hingga persalinan nanti.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.