Kehamilan Minggu ke-30

Inilah perkembangan janin yang terjadi pada kehamilan Mama minggu ini

20 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-30
Freepik

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-30

Akhir minggu ini, berat bayi dalam kandungan mama bisa mencapai 1.400 gram, dengan panjang sekitar 40 cm dari kepala hingga ke bawah.

Jika mama merasa bayi sedang tenang di dalam perut, bukan karena bayi sedang tertidur. Saat ini ia sedang sibuk membentuk-bentuk wajahnya, cegukan dan terkadang menyenggol mamanya.

Sistem sarafnya kini sudah berfungsi dengan benar dan membuatnya dapat mengatur tubuhnya. Serabut sarafnya sudah terbungkus mielin. Bentuk tubuhnya terlihat lebih rapih, ini bisa kamu lihat jika melakukan USG 3D. 

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-30 Mengubah Kehidupan Mama?

Pada kehamilan trimester ketiga ini mungkin kamu mengalami beberapa hal berikut, seperti wasir, punggung yang terasa sakit dan panas, kaki bengkak, semakin sering buang air kecil dan tambahan keluhan lain seperti susah tidur di malam hari.

Pada pagi atau siang hari kamu akan merasa sangat ngantuk, sampai susah ditolak terpaksa kamu harus tidur siang agar kamu bisa merasa fresh kembali. Pada sore hari kamu merasa lebih bersemangat dan malam hari malah susah tidur.

Gangguan insomnia biasa terjadi di trimester ketiga. Ini bisa jadi pemanasan untuk merawat bayi kamu nanti. Hidup bersama bayi baru lahir akan mengajak mama terus terjaga meski badan masih terasa nyeri pasca persalinan.

Rasa sakit dan nyeri akan hilang setelah 10 hari, dan diganti dengan pegal-pegal karena melewati jam malam bersama bayi kecil.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-30

Hindari penggunaan sabun yang bisa membuat kandungan minyak dalam kulit kamu menjadi hilang. Kamu perlu menjaga kelembaban kulit kamu, meski sedang hamil besar kamu harus terlihat cantik dan memiliki kulit yang sehat.

Jika kulit kamu terasa gatal, kamu bisa kompres dengan handung yang direndam di dalam air hangat. Kamu juga bisa menggunakan pelembab kulit yang berbahan coklat atau yang kaya akan kandungan vitamin E, gunakan di kulit yang sedang terasa gatal atau kalau kamu merasa perlu, bisa kamu pakaikan ke seluruh tubuh.

Selain pembahasan tentang kesehatan kulit, pada trimester ketiga ini biasanya ibu hamil juga mulai mengalami keluhan insomnia.

Pagi dan siang biasanya kamu mengalami ngantuk yang luar biasa, kalau kamu mengikuti rasa kantuk ini dan terus-terusan tidur, maka sore hari kamu akan merasa segar dan malamnya kamu merasa sulit untuk tidur. Sebenarnya ini tidak buruk, ini bisa melatih mama untuk terbiasa bangun di malam hari setelah bayi lahir nanti.

Tidak hanya karena keseringan tidur di siang hari, susah tidur juga bisa terjadi karena rasa kebelet pipis yang semakin sering buat kamu ingin pergi ke toilet.

Pastikan kamu banyak minum sebelum jam 7 malam agar tidak berulang kali buang air kecil di malam hari.

Hubungan dengan Suami

Sejak beberapa minggu lalu, bayi dalam kandungan mama sudah bisa mendengarkan suara dari luar dengan semakin jelas. Kini saatnya kamu untuk lebih sering mengajaknya bicara.

Tanyakan apa yang sedang ia lakukan di dalam sana, kalau dia diam saja itu karena dia sedang asik bermain dan mengerut-ngerutkan wajahnya. Dia sedang menyukai kebiasaan barunya seperti mengisap jari jempolnya.

Kamu juga bisa melantunkan nyanyian bernada lembut yang menengkan bayi dalam kandungan. Sesekali kamu juga bisa berikan sentuhan hangat melalui mengusap perut kamu.

Semua hal ini juga bisa dilakukan oleh suami kamu. Melalui kamu, ia bisa belajar untuk lebih dekat dengan calon bayinya. Tidak lama lagi bayi kalian akan lahir.

Semakin dekat dengan waktu kelahiran, saat ini perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-30 akan membuat mama semakin merasa tidak tenang. Rasa nyeri karena rahim yang semakin besar membuat mama sulit untuk terlelap.

Diharapkan suami bisa menenangkan istri yang sedang mengalami hal demikian. Bisa diberi dukungan dengan menemani istrinya atau usap-usap sekitar punggung istri sambil ibu hami berbaring miring dengan kaki ditaruh di atas tumpukan bantal.

Topic: