Kehamilan Minggu ke-32

Inilah yang terjadi pada janin Mama di minggu ini

20 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-32
Freepik/phduet

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-32

Di penghujung minggu ini, berat bayi dalam kandungan mama bisa mencapai 1.800 gram, dengan ukuran panjang bayi sekitar 42 cm dari kepala hingga ke bawah.

Lapisan lemak di bawah kulitnya terus menumpuk, ini pertanda bagus. Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-32 berjalan dengan baik, ia semakin siap untuk dilahirkan.

Ia masih mengandalkan tali pusar untuk makanannya, perkembangan saluran pencernaan hampir jadi sepenuhnya. Gerakan mata yang cepat menandakan otak janin yang benar-benar sudah berfungsi.

Jari tangan dan kakinya memiliki bentuk yang semakin sempurna. Kulit lunak membalut jari-jarinya. Ini sangat bagus, bentuknya sudah menyerupai jari kita.

Bagaimana Kehamilan Minggu Ke-32 Mengubah Kehidupan Mama?

Rahim kamu minggu ini naik 12,5 cm di atas pusar kamu. Beberapa daftar keluhan lama yang kembali datang dan menghiasi hari-hari kamu antara lain, sesak napas, mulas, kelelahan, varises, stretch mark yang semakin merekah, konstipasi dan insomnia. Rasanya benar-benar lengkap, semua perjuangan ini akan berakhir beberapa minggu ke depan.

Orangtua kamu mungkin akan sering datang ke rumah kamu untuk melihat keadaan kamu. Mereka juga mungkin akan menanyakan apa yang kamu rasakan di kehamilan trimester ketiga ini.

Sebagai orangtua, mama kamu pasti memahami jika saat ini adalah waktu yang berat bagi kamu.

Berbagilah dengan mereka, karena mereka datang untuk mendengar keluhan kamu. Katakan apa yang membuat kamu merasa tidak nyaman sampai kamu susah tidur dan besoknya kamu merasa kelelahan. Mereka akan mendengarkan kamu.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-32

Jika kamu mengalami wasir, jangan sekedar menahan sakitnya saja. Tapi perbaiki dengan berobat ke dokter. Selain itu kamu bisa memperbaiki makanan kamu, pilih makanan yang mengandung kaya akan serat. Bayam, kacang panjang, jelly, yogurt, telur, selai kacang adalah pilhan yang baik untuk kamu.

Lakukan olahraga yang membuat pencernaan kamu lancar seperti berjalan kaki jika berlari sudah tidak memungkinkan. Duduk dan mengatur napas adalah hal yang bagus.

Jangan mengabaikan wasir terlalu lama. Ini bisa menyakitkan bagi proses persalinan. Tapi jika sebelumnya kamu tidak pernah mengalami wasir, maka ini akan kembali normal segera setelah kamu melahirkan nanti.

Jika Ini Bukan Anak Pertama

Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-32 membuat perut mama terlihat semakin besar. Biarkan anak sulung kamu memegang perut kamu lebih lama. Biarkan ia merasakan adik bayi yang sedang bergerak di dalam perut kamu.

Jika ia bertanya kapan adiknya akan lahir, pertanda ia semakin tidak sabar dengan kehadiran adiknya.

Ceritakan juga tentang perasaan kamu, bahwa kamu tidak sabar ingin berfoto bersama Si Kakak dan adiknya. Itu pasti sangat lucu.

Ajak anak sulung kamu untuk menebak, wajah adiknnya akan mirip dengan siapa? Ini akan membangun kedekatan mama, Si Kakak dan juga bayi yang ada dalam kandungan mama.

Sesekali ajak Si Kakak melakukan yoga bersama. Meski perut kamu semakin besar, kamu juga tetap harus melakukan yoga. Ini baik untuk proses persalinan nanti.

Topic: