Kehamilan Minggu ke-33

Inilah yang terjadi pada kehamilan Mama minggu ini

20 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-33
billygraham.org

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-33

Minggu ini berat bayi dalam kandungan mama bisa mencapai 2.000 gram, dengan ukuran sekitar 43 cm dari kepala hingga ke bawah.

Ruang geraknya menjadi semakin sempit. Meski begitu, perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-33 tetap membuatnya memberikan tendangan dan dorongan pada perut Mama. Ia berusaha menggoyangkan tubuhnya dan ia masih cukup aktif.

Dalam waktu 2 jam, ia bisa melakukan 10 kali tendangan. Bayi dalam kandungan melakukan perenggangan dengan menggeliatkan tubuhnya sepanjang waktu.

Lemak dalam tubuh bayi di dalam kandungan juga terus berkembang, kemudian lemak berubah menjadi energi. Wajar saja ia tetap bisa bergerak dan tekanannya semakin terasa.

Setiap pergerakannya akan mudah dirasakan, karena akan kelihatan di permukaan perut mama. Kamu akan tersenyum sendiri melihat pola yang dibuatnya.

Posisi kepala saat ini perlahan semakin ke bawah. Sebagian bayi ada juga yang belum mengarahkan kepalanya ke bawah karena masih berubah. Tulang tengkorak bayi juga masih lentur, inilah yang memudahkan mama dalam proses persalinan normal.

Berbeda dengan tulang tengkorak, tulang pada bagian lain mulai mengeras. Warna merah pada kulit bayi dalam kandungan juga menjadi semakin muda.

Kulit bayi yang tadinya banyak lipatan dan keriput akan tumbuh dan berisi lemak sehingga terlihat lebih mulus.

Perkembangan otak saat ini sedang berada di puncaknya. Sel-sel saraf akan bekerja untuk membuat panca indranya menjadi singkron. Semua ini akan menjadikannya semakin sempurna.

Bagaimana Kehamilan Minggu Ke-33 Mengubah Kehidupan Mama?

Berat badan kamu bisa naik sampai dengan 14 kg di minggu ini. Jika kepala bayi sudah semakin ke bawah, sekilas perut kamu akan terlihat semakin menonjol, tapi sedikit ada tempat kosong di antara bagian perut atas dan di bawah dada.

Efek dari posisi bayi yang semakin ke bawah adalah membuat kamu semakin sering merasakan perut bagian bawah panas dan pinggang pegal-pegal.

Jika ini mengganggu napsu makan kamu, jangan dituruti. Kamu tetap harus menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu untuk memberi makanan ke bayi kamu.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu Ke-33

Banyak penyedia pelayanan untuk ibu hamil menyarankan setelah kehamilan 28 minggu, kamu perlu memeriksakan kandungan menjadi 2 minggu sekali padahal awalnya hanya sebulan sekali.

Dengan demikian pergerakan bayi dalam kandungan dan perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-33 bisa diamati dengan lebih baik. Jika gerakan bayi sangat lemah, atau jarang melakukan tendangan kamu perlu tanyakan ke dokter kandungan mengenai keadaannya.

Hindari makan pedas, terlalu asam, sesuatu yang terlalu berminyak dan panas. Ini bertujuan untuk meminimalisir efek terhadap tubuh kamu yang bisa mengganggu kenyamanan Mama dan bayi dalam kandungan. Sering-sering makan cemilan juga baik untuk meredam lapar di luar jam makan.

Jangan abaikan ini, jika ingin makan cemilan, segera lakukan untuk menghindari heartburn.

Jika Mama memiliki harapan untuk melahirkan secara normal, minggu ini adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkannya, salah satunya dengan mengikuti kelas senam hamil secara rutin.

Belajar mengenai teknik pernapasan pada saat persalinan. Semua bisa dilatih untuk mengurangi rasa gugup yang mungkin nanti mama rasakan.

Jika kamu ikut kelas senam hamil, ajaklah pasangan kamu untuk menemani. Ada beberapa gerakan yang terkadang juga melibatkan pasangan. Ini akan memperdalam ikatan antara mama dan papa.

Jika kamu merasa ada gerakan atau tekhnik pernapasan yang sulit, kamu bisa latih lagi sampai kamu benar-benar bisa melakukannya.

Melatih panggul juga bisa mengurangi rasa nyeri dan linu. Ini juga bisa mengatasi kesemutan dan sakit seperti menusuk di sekitar panggul sampai paha.

Lakukan posisi berlutut dengan bertumpu di empat titik, menggunakan kedua lutut dan kedua tangan dengan punggung lurus lalu turunkan punggung dan naikan, lakukan berulang kali.

Masih dengan posisi bertumpu di empat titik, kamu bisa angkat tangan kanan dan arahkan ke belakang lalu peluk punggung kamu seerat mungkin, lakukan dengan tangan kiri secara bergantian. Ulang masing-masing sampai empat kali.

Kehamilan Kembar

Bayi kembar bisa membawa kebahagiaan dua kali lipat begitu juga untuk tugas rumahnya. Pertimbangkan untuk mencari jasa doula pascapersalinan untuk membantu Mama selama mingu-minggu pertama yang melelahkan setelah melahirkan.

Ini bisa jadi pilihan jika kamu tidak memiliki saudara, ibu, atau mertua yang bisa membantu kamu.

Beberapa minggu setelah melahirkan merupakan waktu adaptasi yang berat untuk Mama. Bayangkan saja, saat kehamilan trimester ketiga semua orang memperhatikan kamu dan selalu menanyakan kabar kamu dan bayi dalam kandungan.

Setelah kelahiran nanti, semua mendadak berubah karena terfokus dengan bayi kamu.

Akan banyak tamu yang datang ke rumah untuk melihat newborn twin baby. Kedatangan mereka mungkin mengejutkan kamu karena tidak semua orang memberi kabar sebelum kedatangan mereka.

Demikianlah hal-hal yang perlu dipersialkan sejak kehamilan minggu ke-33 oleh mama agar persalinan bisa berjalan dengan lancar.

Topic: