Kehamilan Minggu Ke-35

Inilah perkembangan yang terjadi pada kehamilan Mama minggu ini

23 April 2018

Kehamilan Minggu Ke-35
Unsplash/Kelly Sikkema

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu Ke-35

Minggu ini beratnya bisa mencapai 2.600 gram, dengan ukuran sekitar 46 cm dari kepala hingga ke kaki. Tengkoraknya masih sangat lunak, belum sepenuhnya menyatu. Ini baik untuk proses persalinan nanti, kepalanya akan fleksibel saat melewati jalan lahir.

Posisi kepala bayi semakin ke bawah, Ia sudah tidak bisa berguling karena rahim yang semakin penuh. Ginjalnya sudah berkembang dan berfungsi. Hatinya bisa mengolah kotoran dengan baik.

Beberapa minggu ke depan akan dipakai untuk menambahkan berat badannya. Ia semakin siap untuk dilahirkan.

Bagaimana Kehamilan Minggu Ke-35 Mengubah Kehidupan Mama?

Payudara mama sudah siap untuk memproduksi susu. Sesekali akan keluar cairan kuning bening pada puting susu kamu. Bersihkan menggunakan minyak kelapa sambil melakukan pijatan lembut di area payudara.

Cairan kuning bening ini adalah kolostrum atau susu pertama yang diproduksi ibu hamil. Kolostrum dilengkapi dengan antibodi dan ini adalah makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir.

Kolostrum dikatakan sebagai makanan yang sempurna, inilah yang akan mama berikan selama beberapa hari pertama. Jadi sesusah apa pun saat awal menyusui, tetap berikan ASI kepada bayi mama.

Setelah kolostrum akan ada susu pertama yang berwarna krem dan putih. Biasanya jika mama bisa memberikan ASI dengan lancar, ini akan keluar pada hari kedua atau ketiga setelah melahirkan.

Setelah mama melahirkan dan fokus merawat bayi maka akan mengirimkan sinyal ke otak mama untuk menghasilkan prolaktin yang mempengaruhi kelenjar susu.

Rajinlah melakukan pijatan pada payudara, ini akan merangsang otot payudara mama. Untuk melancarkan ASI pascapersalinan, perbanyak makan sayuran hijau seperti bayam atau kacang-kacangan seperti kacang mede dan almond.

Editors' Picks

Lakukan dan Larangan

Jika kamu masih bekerja dan harus pergi ke kantor setiap hari, bersiaplah untuk ambil cuti. Selesaikan semua pekerjaan yang bisa menjadi prioritas dan delegasikan pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam jangka panjang kepada tim kamu.

Hindari membawa kerjaan ke rumah saat menjelang cuti melahirkan. Segera adakan meeting untuk melakukan peralihan selama kamu cuti melahirkan.

Waktu cuti sebelum mama melahirkan bisa dipakai untuk beristirahat, mempersiapkan keperluan mama dan bayi, merapikan kamar untuk menyambut bayi nanti atau menyisakan waktu untuk me time. Ini bisa menjadi waktu yang berharga untuk mama.

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu Ke-35

Jika kamu kehilangan selera makan, tensi rendah, dan mengalami mood swing ada kemungkinan kamu terkena blues sindrom yang meningkatkan risiko terkena depresi pascamelahirkan. Lakukan yoga dan meditasi atau teknik relaksasi lain yang mungin bisa melepaskan blues sindrom dari diri kamu.

Istirahat lebih sering kadang bisa menenagkan, tapi bagi sebagian perempuan karier ini akan membuat stress. Jika kamu merasa stress lakukan kegiatan yang semakin mematangkan persiapan kamu menjelang persalinan.

Jika hasil pemeriksaan rutin menunjukkan perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-35 baik-baik saja, maka tidak perlu ada yang kamu cemaskan. Bicarakan ke pasangan kamu, apa saja hal yang menyenangkan kamu.

Lakukan hal-hal menyenangkan tersebut bersama untuk mengisi waktu cuti kamu sebelum kamu melahirkan. Semoga hari-hari mama menyenangkan.

Topic: