5 Cara Mengatasi Nafsu Makan Turun saat Hamil!

Jangan khawatir Ma, ada berbagai macam cara mengatasi nafsu makan turun saat hamil!

21 November 2018

5 Cara Mengatasi Nafsu Makan Turun saat Hamil
foodandnutrition.org

Saat hamil, perubahan tubuh yang terjadi tak jarang menyebabkan ketidaknyamanan.  Salah satu yang kerap dialami perempuan hamil adalah kehilangan nafsu makan atau nafsu makan yang menurun tanpa diketahui penyebabnya dengan jelas.  

Mama yang yang mengalami hal ini selama kehamilan rasanya harus mengatasinya dengan baik. Hal ini karena bayi memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan dengan baik.

Nah, agar masalah penurunan nafsu makan yang Mama alami dapat teratasi dengan baik, dilansir dari livestrong, berikut beberapa cara mengatasi nafsu makan turun saat hamil:

1. Makan dalam porsi yang sedikit

1. Makan dalam porsi sedikit
Unsplash/Henrique FĂ©lix

Hindari porsi makan yang besar ya Ma karena porsi makan yang besar saat hamil cenderung bisa membuat Mama kehilangan nafsu makan. Mama lebih baik membaginya dalam beberapa porsi dan beberapa sesi makan untuk meningkatkan nafsu makan kembali. Jadi porsi sedikit namun lebih sering cukup dianjurkan.

2. Coba menu baru

2. Coba menu baru
Freepik

Cara mengatasi nagsu makan turun saat hamil adalah dengan mencoba menu makanan baru. Mama dapat mencari menu baru yang menarik perhatian namun tetap bergizi dari buku masakan yang khusus diperuntukkan perempuan hamil. Kreasikan makanan tersebut sesuai dengan keinginan Mama atau minta bantuan kerabat untuk membuatkannya agar nafsu makan Mama kembali membaik.

Editors' Picks

3. Ganti makanan yang tidak disukai

3. Ganti makanan tidak disukai
checkpregnancy.com

Jika Mama mengalami mual terhadap makanan tertentu, sebaiknya hindari makanan tersebut agar nafsu makan Mama tidak menurun. Ganti makanan tersebut dengan makanan lain yang tak kalah bernutrisi.

4. Hindari penggunaan bumbu masakan yang beraroma kuat

4. Hindari penggunaan bumbu masakan beraroma kuat
Freepik

Mama disarankan untuk tidak menggunakan bumbu masakan atau rempah-rempah yang beraroma terlalu kuat.  Bumbu cabai, kayu manis, dan cabai rawit sebaiknya Mama lewatkan untuk sementara waktu hiingga nafsu makan kembali. Sebab, bumbu makan yang beraroma kuat bisa menghilangkan nafsu makan.

5. Minum teh jahe

5. Minum teh jahe
Freepik

Untuk meredakan rasa mual dan meningkatkan nafsu makan, Mama disarankan untuk mengonsumsi secangkir teh jahe hangat. Kandungan jahe yang terdapat  pada teh di klaim mampu meringankan gejala mual atau morning sickness yang dialami perempuan hamil.  

Sebuah kajian yang dlaporkan dalam Journal Obstetrics & Gynecology bahkan menyebutkan bahwa jahe lebih efektif dalam mengontrol mual dan muntah dibandingkan dengan plasebo,

Topic: