Tanpa Bahan Kimia, Ini 7 Obat Alami Atasi Sakit Perut Saat Hamil

Wajib dicoba di rumah!

10 Juli 2019

Tanpa Bahan Kimia, Ini 7 Obat Alami Atasi Sakit Perut Saat Hamil
Pixabay/Distel2610

Sakit perut begitu umum terjadi, bahkan pada ibu hamil. Ada puluhan alasan mengapa ibu hamil mengalami sakit perut, mulai dari terlambat makan, mengonsumsi makanan yang salah, hingga kontraksi ringan saat trimester ketiga.

Pada dasarnya, sakit perut bukanlah masalah yang serius, dan penyebab serta gejalanya akan pulih dengan cepat jika Mama tahu bagaimana mengelolanya secara efektif.

Tak harus dengan obat, agar lebih aman, Mama dapat meredakan sakit perut secara alami dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan di dapur. 

Apa saja ya, Ma?

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa solusi alami yang  dapat Mama coba di rumah setiap kali mengalami sakit perut.

1. Jahe untuk mengatasi sakit perut dan mual

1. Jahe mengatasi sakit perut mual
Freepik/Dragana_Gordic

Sejak dahulu, orang-orang telah beralih menggunakan jahe sebagai obat sakit perut alami, yang juga bisa mengatasi rasa mual.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk beberapa jenis sakit perut. Anti-inflamasi alami, jahe tersedia dalam berbagai bentuk, yang semuanya dapat membantu.

Jahe dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah ataupun diolah dalam bentuk minuman. Cara mengolahnya pun mudah, kamu hanya perlun merebus jahe segar yang telah dicuci terlebih dahulu, kemudian tambahkan sedikit gula mera.

Sajikan sebagai minuman hangat.

2. Teh chamomile berkhasiat sebagai anti-inflamasi

2. Teh chamomile berkhasiat sebagai anti-inflamasi
healthline.com

Obat sakit perut alami berikutnya dengan meminum secangkir teh chamomile. Jenis teh yang satu ini dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit karena sakit perut yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi.

Sifat anti-inflamasi ini membantu otot perut rileks, yang dapat mengurangi rasa sakit kram dan kejang. Teh chamomile aman untuk dikonsumsi ibu hamil asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih.

3. Air kelapa untuk mengatasi dehidrasi saat sakit perut

3. Air kelapa mengatasi dehidrasi saat sakit perut
Pixabay/Felixgeronimo1

Dehidrasi akibat sakit perut, khususnya diare juga dapat dicegah dengan menggunakan air kelapa. Minuman yang satu ini juga merupakan minuman yang aman dan baik untuk ibu hamil.

Selain sebagai cairan elektrolit, air kelapa juga mengandung antioksidan. Air kelapa juga dipercaya dapat menambah stamina dan melancarkan peredaran darah.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan air kelapa berasal dari buah kelapa segar masih dalam kondisi yang baik. Obat sakit perut untuk ibu hamil yang satu ini boleh dikonsumsi untuk pencegahan dehidrasi saja, bukan untuk jangkan panjang.

Pasalnya, konsumsi air kelapa berlebihan untuk ibu hamil tidak disarankan.

Editors' Picks

4. Daun mint dapat menetralkan asam lambung

4. Daun mint dapat menetralkan asam lambung
Pexels/icon0.com

Sementara itu, obat herbal sakit perut ini juga memiliki kemampuan dalam menetralkan keasaman pada perut. Efek dingin dari daun ini juga akan menenangkan perut sehingga sakit perut pun segera mereda.

Jadi, tak usah terburu-buru untuk minum obat maag atau obat sakit perut lainnya, dengan minum jus wortel dan daun mint ini, kita bisa mengatasi sakit perut dengan lebih aman dan lebih efektif.

5. Diet BRAT (Banana, Rice, Apple Sauce, Toast) alias pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang

5. Diet BRAT (Banana, Rice, Apple Sauce, Toast) alias pisang, nasi, saus apel, roti panggang
Pexels/Pixabay

Kombinasi makanan-makanan ini adalah diet yang sempurna bagi mereka yang memiliki ketidaknyamanan perut karena mual atau diare.

Semua makanan di diet BRAT memiliki rendah serat dan tidak ada kandungan garam atau rempah-rempah yang dapat memperburuk kondisi perut ibu hamil.

Diet ini dapat dilakukan ketika Mam merasa sakit tapi masih harus makan nutrisi lain yang penting untuk tubuh. Roti panggang dapat membantu menyerap racun dalam perut dan juga menghilangkan sakit perut.

6. Air beras dengan madu mampu sembuhkan sakit perut

6. Air beras madu mampu sembuhkan sakit perut
tastecooking.com

Tahukah Mama bahwa air beras ternyata dapat meredakan sakit perut secara optimal?

Ya, air beras dipercaya dapat membentuk lapisan yang melindungi perut, sehingga mengurangi peradangan. Untuk mendapatkan air beras, Mama perlu memasak nasi dengan jumlah air dua kali lipat.

Biasanya untuk 1/2 cangkir nasi putih, Mama akan membutuhkan 2 cangkir air. Setelah itu, masaklah nasi secara normal, kemudian diamkan selama beberapa saat dalam keadaan tertutup.

Jika air sudah mulai matang, tuangkan cairan yang berlebih ke dalam cangkir, tambahkan sedikit madu. Sajikan sebagai minuman hangat.

7. Jus lemon hangat dapat membatu pencernaan

7. Jus lemon hangat dapat membatu pencernaan
Pexels/Rawpixel.com

Lemon sebenarnya dapat sangat membantu jika Mama mengalami kesulitan mencerna makanan. Namun, Mama harus menghindari buah yang satu ini jika memiliki sakit maag.

Bagi Mama yang tidak memiliki riwayat sakit maag, jus lemon dipercaya dapat merangsang produksi asam untuk membantu pemecahan makanan dan membantu makanan bergerak lebih jauh.

Jus lemon hangat lah salah satu yang paling mudah untuk dibuat. Mama hanya cukup memeras setengah lemon ke dalam segelas air hangat dengan sedikit gula atau madu. Sajikan sebagai minuman hangat. 

Nah, itulah ketujuh obat sakit perut saat hamil dari bahan alami.

Aman, murah dan dijamin ampuh!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!